langkah lengkap merakit komputer sendiri anti gagal

Langkah lengkap merakit komputer sendiri. Jika kamu masih memilih komputer desktop untuk keperluan sehari-hari dengan berbagai alasan misalnya untuk gaming atau usaha kecil, tentu akan berpikir berkali-kali untuk membeli komputer desktop branded. Selain karena komputer merekan lebih mahal tapi juga karena jika merakit komputer sendiri ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Lihat disini keuntungan merakit komputer sendiri.

perangkat komputer

Posting kali ini saya akan memandu jika kamu berniat melakukan praktik lengkap merakit komputer sendiri. Secara garis besar posting ini akan memaparkan langkah-langkahnya. Dan penjelasan secara detail akan berupa link yang bisa kamu telusuri. Contohnya jika saya melangkah ke pemasangan VGA , cara measang VGA tidak saya jelaskan di posting ini karena cara memasang VGA sudah/ akan dibahas di posting tersendiri secara khusus sehingga lebih lengkap. Langsung saja dimulai;

  • Persiapan merakit komputer sendiri

  1. Siapkan semua perangkat komputer yang dibutuhkan, bisa lihat disini untuk perangkat minimal yang harus ada.
  2. Siapkan tool yang dibutuhkan , bisa lihat alat yang dibutuhkan dalam merakit komputer.
  3. Manual book masing-masing perangkat.
  4. Doa.
  • Rakit Motherboard + processor + heatstink+ ram

  1. Pasang processor pada motherboard. Untuk pemula biasanya masih bingung bagaimana membuka klip processor. Kamu hanya perlu mendorong ke bawah tuas klip dan menggesernya ke samping. Buka penutup processor dan masukan processor (jangan sentuh bagian tembaga processor ataupun MOBO). Tidak perlu khawatir processor terbalik, karena processor hanya bisa dipasang pada satu sisi. Lebih rinci baca yang perlu diperhatikan saat memasang processor dan heatstink.
  2. Pasang heatstink, baik itu heatsink bawaan atau costum baiknya dipasang sebelum MOBO terpasang ke casing agar lebih mudah. Ingat juga lapisi bagian atas processor dengan pasta thermal konduktor. Tipis saja , nanti palah berceceran ke processor.
  3. Pasang ram, Memasang ram di awal akan lebih mudah dibanding kamu memasang ram saat MOBO sudah berada di cassing.
  • Memasang MOBO ke casing

Pasanglah motherboard yang sudah dirakit tadi ke casing (jika kamu menghendaki komputer dengan casing). Eratkan dengan baut.

  • Pasang power supplay dan kipas pendigin

Pemasangan power supplay di akhir akan sangat membantu kamu karena jika power suplay dipasang terlebih dahulu maka akan menghalangi pemasangan MOBO. Pasang juga kipas pendingin akan tetapi jika kamu membeli casing full tower maka kipas tidak dibutuhkan.

  • Pasang DVD-RW Harddisk,SSD

Pemasangan DVD-RW terserah kamu, karena posisinya pada casing tergolong bebas. Pasang juga hardisk pada slot yang tersedia dari casing kamu, dan juga SSD jika kamu menginginkannya.

  • Pasang VGA card, sound card

Pasang vga card  pada slotnya, perhatikan jika terdapat dua slot pci express maka masukan VGA card pada slot pertama biasanya posisinya dekat dengan processor, dan jika ada dua VGA card (SLI/crossfireX) maka terserah. Pasang juga sound card jika kamu menyediakannya. Pastikan juga bagian belakang casing sudah kamu dedel menggunakan tang potong.

  • Istallasi kabel

  1. Pasang lah kabel mulai dari kabel PSU. Biasanya untuk PC gaming satu slot 4 pin dan satu slot  24 pin ke motherboard, satu slot ke hardisk, satu ke DVD-RW, kemudian satu slot sebagai power ke masing-masing kipas, dan satu slot / dua slot 6 pin ke VGA card.
  2. Pasang power utuk heatstink dari MOBO.
  3. Pasang kabel sata dari MOBO ke hardisk, DVD-RW,SSD
  4. Pasang kabel front audio dari casing ko MOBO.
  5. Pasang kabel USB dari MOBO ke casing.
  6. Terakhir pasang kabel reset, abnormality speaker, power on, HDD led dan lainnya ke slot masing-masing pada MOBO. Pada MOBO sudah tertulis kegunaan dari masing-masing slot. Hanya saja kamu harus perhatikan posisi min (-) dan plus (+). Yaitu simbol segitiga pada pin konektor adalah untuk plus(+).
baca juga  7 Hari Berhasil Berhenti Merokok dengan 4 Cara ini Tanpa Merasa Tersiksa

Sampai disini satu buah perangkat PC sudah selesai dan siap dinyalakan. Dengan catatan PC tadi belum siap digunakan untuk keperluan sehari-hari karena belum terinstall OS didalamnya. Lihatlah manual book dari masing-masing perangkat, karena bisa saja setiap perangkat dan seri memiliki perbedaan bentuk fisik.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter