Alternative AC murah hemat listrik

1049 views

Alternative AC murah hemat listrik. Dapet pengalaman lagi. Beberapa hari yang lalu saya mencari solusi bagaimana agar ruangan yang panas dapat didinginkan tanpa menambah beban terhadap tagihan listrik. Seperti kita ketahui cara yang ampuh untuk mendinginkan ruangan adalah menggunakan AC ( air Conditioner). Dan kita ketahui pula bahwa AC menyerap sebagian besar sumber daya listrik rumah. Jadi AC bukanlah solusi yang tepat untuk masalah yang sedang di hadapi. Jika satu AC saja sudah menambah pengeluaran untuk listrik mencapai setengah dari seluruh tagihan listrik, bagaimana jika ditambah satu AC lagi, jelas akan tidak imbang. Tentu berbeda jika digunakan untuk usaha, karena ada nilai guna yang akan kembali dari keuntungan usaha itu. AC murah hemat listrik

Dari background itulah ditemukan solusi untuk mendinginkan ruangan tanpa menambah AC dan tetap hemat terhadap biaya tagihan listrik bulanan. Yakni AC ( air cooler), meski sama-sama memiliki singkatan "AC" namun memiliki kepanjangan yang berbeda. Yang satu air conditioner dan satunya air cooler. Air cooler adalah penengah antara AC (air conditioner ) dan kipas angin. Air cooler ini bekerja mendinginkan udara sekitar, hingga mampu menurunkan sebanyak 5 derajat cc. Artinya bukan sampai suhunya 5 derajat cc tapi hanya menurunkan sebanyak 5 derajat cc. Jika suhu ruangan rumah kamu 28 derajat maka akan diturunkan hingga 23 atau 25 derajat cc.

Selain memiliki keuntungan dari hemat daya listrik yang hanya menyerap 65 watt, tapi juga air cooler ini sangat portable. Bisa di bawa kemanapun. Tentu bukan diajak jalan-jalan melainkan bisa dipindah ke ruang tamu, ruang makan , ruang tidur dan sebagainya sesuai kebutuhan. Air cooler juga tidak membutuhkan keahlian khusun dalam menginstal pertamma kali dan juga dalam perawatan. Karena air cooler sama seperti kipas angin secara simpelnya.

Cara kerja air cooler

Ari cooler bekerja dengan cara mendinginkan udara yang dibawa oleh kipas angin padanya menggunakan air yang membasahi filter. Jadi dalam air cooler terdapat air yang ditampung pada bak yang sudah disediakan didalamnya yang harus diisi oleh pengguna. Dan air tersebut akan lebih efektif menurunkan suhu jika dicampur dengan air es (batu es), namun jika tidak dicampur juga tetap bekerja dengan baik. Lanjut cara kerja air cooler, air yang tersedia akan di pompa atau di naikan ke atas air cooler dan di alirkan ke filter udara masuk. Sehingga udara yang masuk akan melewati saringan udara yang basah dan  didinginkan.

Dapat ditarik kesimpulan mengapa air cooler tetap hemat listrik, karena alat ini tidak membutuhkan freon sebagai pendingin namun menggunakan air. Dan listrik yang digunakan hanya untuk menggerakkan kipas angin dan pompa air. Pompa airnya pun mirip dengan pompa air yang ada pada aquarium. Jadi pantas hemat listrik.

Kelebihan air cooler

Perangkat ini sangat tepat bagi mereka yang menginginkan kesejukan suhu ruangan dan bukan dingin, tanpa mengeluarkan banyak biaya. Perangkat ini juga sangat portable bisa dibawa atau dipindahkan ke beberapa tempat tanpa repot. Misal dipindah ke ruang tamu atau ke bagian rumah yang lainnya. Dan kelebihan yang sangat menguntungkan adalah hemat listrik. Perawatan mudah tanpa keahlian khusus. Tidak menyebabkan paru-paru basah, karena udara yang dihembuskan tidak mengandung butir air. Beda halnya jika menggunakan kipas yang sering digunakan pada acara di luar ruangan.

Fitur air cooler

Sebagai perangkat berteknologi terkini air cooler dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuat perangkat ini menggairahkan untuk dibeli. Diantara fitur yang tersemat didalamnya adalah Speed = mengatur kecepatan kipas, iON = untuk mengaktifkan pembunuh bakteri, Mode = untuk mengatus tipe hembusan angin, Swing = untuk mengatur pergerakan katup udara (bolak-balik atau diam) , Cool = untuk mengaktifkan aliran air dan mematikan , dan terakhir timer = mengatur kapan perangkat ini akan mati. Selain itu perangkat ini umumnya sudah dilengkapi remote control.

Saran penggunaan

Digunakan pada ruang dengan sirkulasi udara yang baik, bukan ruangan tertutup. Karena perangkat ini tidak seperti AC pada umumnya. Perangkat ini hanya memutar udara dan mendinginkannya, tidak membuang udara CO2 ke luar ruangan. Bisa juga air dalam penampung dicampur dengan extrak pewangi, agar udara yang di hembuskan lebih segar.

Kekurangan air cooler

Senantiasa air pada penampungan harus sering diganti. Dua minggu sekali menurut saran dari pabriknya, dan satu minggu sekali bersihkan saringan udara dan saringan air. Air pada penampung dengan kapasitas standar akan habis dalam waktu satu hari jadi air dalam penampung harus selalu diisi ulang.

Harga air cooler

Dipasaran terdapat banyak jenis dan merek dari air cooler ini. Yang tentunya juga akan mempengaruhi harga dari perangkat tersebut. Untuk air cooler dengan kapasitas penampung air standar di bandrol dengan harga Rp800 ribuan cek disini, dan semakin besar penampung airnya akan semakin mahal pula. Merek ternama pun akan mempengaruhi harganya. Baca juga cara membeli aplikasi di google play tanpa kartu kredit 2015.

 

 

Tags: #AC #air cooler #murah #rumah tangga #udara

  1. Avatar

    sharingelektronik5 years ago

    mas mo tanya kalo untuk air cooler, mrek apa yang bagus?
    izin sharing ya & salam kenal
    https://sharingelektronik.wordpress.com/2015/06/01/tips-hemat-listrik-meski-menggunakan-kipas-angin-dan-ac/

    Reply
    • Avatar
      Author

      khedi5 years ago

      Saya pernah lihat merk sharp sama panasonic, tapi memang jarang sekali. Yang banyak beredar seperti tori dkk

      Reply

Leave a reply "Alternative AC murah hemat listrik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    author