Ingin Pasang AC untuk Rumah? Ketahui Ini Dulu agar paham dan tidak menyesal

Kebutuhan akan ruangan yang sejuk dan selalu dingin saat ini sudah semakin meningkat. Karena itulah permintaan akan pemasangan AC atau Air Conditioner ( pendingin ruangan ) di setiap rumah juga semakin meningkat. Semakin langkanya lahan hijau dan juga pepohonan membuat udara yang ada di sekitar kita semakin panas sehingga membuat siapa saja mungkin tidak akan betah berada di luar ruangan seharian tanpa menikmati sesaat hembusan hawa dingin dari AC. Tidak hanya instansi atau perusahaan dan lembaga untuk umum saja yang menggunakan fasilitas AC seperti ini tetapi saat ini perorangan juga sudah semakin banyak yang menggunakan AC sehingga udara di dalam rumah pun juga tetap bisa sejuk dan segar.

pilih air conditioner

Nah, jika Anda adalah salah satu diantara sekian banyak orang yang sedang berencana untuk juga memasang AC di rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai sebuah persiapan sebelum akhirnya membeli seperangkat pendingin ruangan yang menggunakan daya listrik ini. Berikut diantaranya:

  • Bicara mengenai AC maka Anda juga harus siap dengan budget tambahan yang tidak sedikit. Memang saat ini di pasaran Indonesia sudah semakin banyak brand yang juga meluncurkan produk AC nya namun tetap jumlah murah harga AC mungkin tetap akan terasa banyak disaat Anda memutuskan membelinya menjelang hari raya keagamaan karena banyak kebutuhan seperti membeli pakaian baru. Kemudian jangan juga memutuskan membeli AC disaat anak akan naik kelas atau masuk universitas karena jelas saja uang yang Anda butuhkan akan lebih banyak lagi. Pikirkan juga mengenai biaya listrik setiap bulannya yang akan Anda keluarkan.
  • Cara bayar saat pembelian juga tersedia dalam cara cash atau tunai dan juga dengan cara kredit atau cicilan yang tenornya biasanya bisa sampai dengan 6 bulan. Lumayan bukan?
  • Jangan lupa ukur besaran PK AC yang akan Anda beli. PK tersedia dari ukuran ½ PK sampai dengan 2 PK yang paling besar. Semakin besar ruangan tentu saja membutuhkan PK yang semakin besar juga tetapi harganya tentu saja semakin mahal.
  • Saat Anda melakukan pembelian AC dari toko maka sebelum AC tersebut terpasang di rumah Anda jangan terburu untuk membuang bukti tanda pembayaran yang sah atau invoice nya. Ini sangat penting karena sering kali petugas akan menanyakan sebelum AC dipasang dan juga berguna saat Anda mungkin akan melakukan claim garansi jika ada kerusakan tertentu.
  • Saat Anda akan membeli dan memutuskan akan membayar AC pilihan Anda jangan lupa tanyakan apa saja yang akan Anda dapatkan dalam satu paket AC tersebut. Ada yang sudah mendapatkan paketan berisi pipa 5 meter, kabel 5 meter dan ducktape juga bracket namun ada juga yang tidak mendapatkan apapun. Karena itu jangan sampai terjadi kesalahpahaman mengenai hal ini.
  • Selanjutnya, penting sekali untuk Anda ingat kalau kartu garansi atas AC yang Anda beli wajib untuk Anda simpan dengan baik sehingga akan mempermudah proses claim jika ada kerusakan atau membutuhkan spare part tersebut.
  • Jika Anda adalah pengguna baru AC maka ada banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai seluk beluknya, Anda bisa bertanya langsung kepada sales AC di toko elektronik yang Anda datangi. Mungkin Anda membutuhkan informasi mengenai besarnya daya listrik yang akan dihabiskan atau mungkin daya tahan AC tertentu yang akan Anda beli nantinya.
baca juga  Cara mudah install software center di kali linux

Pemasangan AC baru di rumah Anda mungkin akan memerlukan waktu yang sedikit lama dan juga membutuhkan pengawasan dari Anda selaku pemilik rumah. Karena itu disaat petugas pemasangan AC sudah konfirmasi mengenai waktu dan tanggal pasang maka Anda sebaiknya standby di rumah untuk mempersiapkan tempat dimana AC tersebut akan dipasang dan keperluan lainnya.

Apalagi untuk pemasangan unit AC di dalam kamar pribadi maka memang tidak bisa Anda lepas begitu saja karena demi keamanan Anda dan keluarga sendiri. Untuk biaya pemasangan AC biasanya sudah tidak dikenakan biaya tambahan apapun kecuali memang ada spare part yang memang harus Anda beli terpisah maka Anda tentu harus membayar untuk spare part itu.

Baca juga Merk AC Terbaik yang Bisa Anda Pilih Saat Ini.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply