Yang Tidak Boleh Dilakukan Jika di Ruangan Ber-AC

Tujuan membeli AC untuk menyejukkan ruangan. Membuat udaranya lebih dingin dan tidak panas lagi. Tapi, banyak orang berpendapat bahwa AC tersebut tidak penting dan memiliki banyak kekurangan terutama dampaknya terhadap kesehatan. Kekurangan dari AC terhadap kesehatan memang ada, namun selama Anda menggunakannya dengan benar dan tidak melakukan kesalahan selama di ruangan ber-AC tersebut, dampak tersebut bisa dihindari.ruangan ber-ac

Agar tidak menyesal membeli AC dan memasangnya di ruangan rumah, maka hindari hal-hal berikut ini.

1. Anda berada di ruangan ber-AC tentu bukan hanya di rumah, di sekolah, di kantor, bahkan di supermarket hingga di ATM pun semuanya ber-AC. Saat di ruangan ber-AC tersebut, rasanya pasti sejuk. Tapi, terlalu sering berada di sana itu tidak terlalu baik. Jika Anda hanya singgah saja ke supermarket atau ke ATM itu mungkin tidak terlalu berdampak, tapi ketika Anda berada di kantor dan di rumah berjam-jam, dampak AC tersebut akan sangat berbahaya. Sistem imun tubuh bekerja tidak maksimal karena sel-sel darah putih kurang mendapat asupan oksigen untuk sistem kerjanya. Anda pun jadi lebih gampang terserang virus terutama pilek, flu, dan batuk yang menyerang saluran pernafasan tersebut.

Oleh karena itu, hindari terlalu lama di ruangan ber-AC dengan cara keluar dulu dari ruangan tersebut untuk menghirup udara yang lebih alami dan segar di luar. Jika di rumah, cobalah pada pagi hari matikan dulu AC tersebut dan pilih udara luar yang masih sejuk saja sebagai penyejuk ruangannya. Jalan-jalan ke taman pada pagi dan sore hari sambil berolahraga santai. Di kantor, jangan memilih menghabiskan istirahat di dalam ruangan yang ber-AC, cobalah manfaatkan waktu tersebut untuk menghirup udara luar.

baca juga  Cara Pintar Merawat AC Agar Awet hingga bertahun-tahun

Hindari mengatur suhu hingga terlalu rendah. Hal ini sangat membahayakan. Mungkin Anda merasa dingin itu sejuk, tapi sendi-sendi di dalam tubuh Anda bisa terkena dampak kesehatannya. Rasa linu pada awalnya bisa berubah jadi rasa sakit. Keadaan ini akan sangat terasa ketika kita pindah tempat dari tempat atau rumah yang udaranya kita atur dengan sangat rendah pada AC tersebut ke tempat yang udaranya normal.

Hindari memakai pakaian yang terlalu tebal agar tidak merasa sangat panas dan harus menurunkan suhu AC. Hindari juga penggunaan baju terlalu tipis agar udara AC tidak berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Pakai pakaian yang nyaman dan ramah dengan berbagai cuaca agar suhu dari AC yang digunakan tidak terlalu rendah ataupun tinggi.

2. Udara kering dari AC terhadap kesehatan bukan hanya pada kesehatan pernafasan saja. Kulit pun akan terasa lebih kering. Tidak heran jika untuk mendapatkan penampilan yang tetap terjaga selama di ruangan ber-AC, Anda memerlukan make up khusus yang membuatnya tetap tahan lama. Padahal, hal tersebut kurang baik. Agar terhindar dari dehidrasi termasuk untuk kulit tersebut, maka minumlah air putih yang cukup agar kelembabannya tetap terjaga. Anda pun jadi tidak perlu lagi memakai make up yang berlebihan.

3. Walaupun membeli AC untuk membuat ruangan termasuk kamar tidur jadi sejuk, tapi Anda harus menghindari penggunaan AC tersebut selama tidur, sepanjang malam. Sebaiknya matikan AC tersebut untuk menghindari akibat buruk pada kesehatan Anda. Jika menjelang tidur Anda merasa masih perlu menggunakannya, maka gunakan timer dan set hingga 1 atau 2 jam saja. Sehingga, saat Anda sudah terlelap AC tersebut pun mati dengan otomatis.

baca juga  Rekomendasi AC Hemat Energy untuk Dibeli Saat Ini

4. Untuk mencegah pemborosan, selama di ruangan yang ber-AC hindari membuka pintu dan jendela. Hal tersebut untuk mencegah penyejukan yang kurang maksimal. Ketika Anda merasa kurang sejuk, otomatis Anda akan memubuat udara semakin dingin, dan ini tidak baik.

5. Selain bisa menimbulkan masalah pada pernafasan, alergi, iritasi kulit, hingga nyeri pada persendian, terlalu lama di ruangan ber-AC juga bisa menimbulkan masalah pada berat badan Anda. Tubuh jadi tidak maksimal dalam proses metabolismenya, terutama dalam pembakaran kalori. Sehingga, tidak ada energy ataupun kalori yang dikeluarkan. Hasilnya, berat badan pun naik. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari berolahraga atau tidur pada ruangan ber-AC agar proses metabolime yang terjadi selama kegiatan tersebut lebih maksimal.

Jadi, selain bijak dalam membeli AC, Anda pun dituntut bijak menggunakannya dan tahu apa saja yang harus dilakukan atau dihindari selama penggunaannya.

Baca juga Ingin Pasang AC untuk Rumah? Ketahui Ini Dulu.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

Reply