Cara Pintar Merawat AC Agar Awet hingga bertahun-tahun

Merawat AC agar AC tahan lama. Dalam setiap merk AC, dalam setiap kelebihan yang diberikannya pasti akan dikatakan bahwa AC tersebut memiliki daya tahan lama, lebih awet dibanding merk lainnya. Namun, walaupun kenyataannya janji produk mereka itu betul, jika Anda tidak merawat penyejuk ruangan tersebut dengan benar, maka jangan harap bisa terbukti.

Rawatlah AC agar kerjanya maksimal dan daya tahannya tetap terjaga untuk waktu yang lebih lama. Anda bisa pelajari cara merawat AC yang mudah dilakukan berikut ini.Cara merawat AC

  1. Dalam mengatur suhu, pastikan bahwa pengaturan suhunya tidak membuat AC tersebut bekerja lebih berat, pada suhu 22Selain mesin AC cepat rusak, pengaturan tersebut juga membuat daya listrik lebih boros. Apalagi jika Anda melakukannya setiap hari, maka jangan harap mesin AC tersebut bisa bertahan lama. Cobalah Anda ingat kembali bahwa fungsi AC untuk menyejukkan ruangan, bukan mendinginkannya. Carilah suhu stabil, suhu ternyaman yang sejuk sekitar 25C.
  2. Saat pemasangan AC, pastikan Anda meminta pada tukang pasang yang sudah berpengalaman. Sehingga, tidak ada kesalahan penempatan. Agar AC awet, pada bagian outdoornya, pastikan pemasangannya di tempat yang teduh, tidak terpapr sinar matahari langsung, tidak akan terciprat air hujan, dan tidak akan gampang kena debu.
  3. Jangan sepenuhnya mengandalkan AC ketika Anda merasa udara yang dihasilkan AC tersebut kurang dingin. Jangan membuat suhunya semakin rendah, karena akibatnya akan seperti pada cara merawat AC nomor satu di atas. Mungkin, udara terasa kurang maksimal karena ruangan terbuka semua jendelanya. Bisa jadi juga, kenapa AC ini terasa kurang terasa udara dinginnya karena salahnya penempatan. Mungkin, indoor dan outdoornya diletakan telalu jauh. Atau, mungkin kesalahan ada pada saat Anda memilih kapasitas AC tersebut. Anda memilih kapasitas yang kecil padahal Anda menggunakannya untuk ruangan yang besar.
  4. Minimalisir juga kerja mesin AC dengan cara mengatur penggunaannya. Pagi hari, saat udara masih sejuk coba buka jendela di rumah dan biarkan udara masuk. Siang, begitu udara panas dan mulai butuh penyejuk, tutup kembal semua pintu masuk untuk udara tersebut dan nyalakan AC-nya. Udara yang dihasilkan AC akan terasa lebih maksimal ketika seluruh bukaan pintu atau jendela tertutup, sehingga tidak perlu menurunkan suhunya semakin rendah. Saat masuk malam dan Anda merasa udara cukup dingin, maka matikan AC-nya. AC juga harus dimatikan ketika Anda akan bepergian dan meninggalkan rumah. Selain membuat AC lebih awet, daya listrik lebih hemat, pernafasan Anda pun lebih sehat.
  5. Perawatan dalam membersihkan AC dari debu-debu yang menempel dipermukaannya harus dilakukan minimal sebulan sekali. Buka tutup AC dan cuci filternya sampai bersih. Bersihkan debu yang menempel yang akan membuat AC bekerja tidak maksimal. Lebih baik, jika Ac tersebut ditempatkan di ruangan yang banyak debunya, perawatan kebersihan ini dilakukan seminggu sekali.
  6. Bagian penting yang juga harus di cek adalah bagian freonnya. Anda bisa mengecek sambil membersihkan AC tersebut. Bisa saja Freon tersebut mengalami kebocoran sampai kosong. Pengecekan Freon minimal dilakukan 6 bulan sekali. Jangan membuat kerusakan pada AC semakin parah karena Anda malas mengeceknya. Cegah kerusakan agar AC tersebut bisa tahan lama.
  7. Rongga udara pada Ac juga kerap terganggu karena bagian sekatnya kotor oleh debu. Anda bisa membersihkannya menggunkan vacuum cleaner yang memiliki pegangan cukup panjang.
  8. Terakhir, yang harus dirawat dari AC adalah remot pengatur suhunya. Simpan di tempat yang mudah dilihat atau biasa Anda menyimpannya. Jangan sembarangan menyimpannya agar tidak terjatuh, terududuki, atau terinjak. Jika satu bagian dari remote ini rusak, kemungkinannya Anda tidak bisa menggunakan fitur-fitur tertentu dari AC tersebut.
baca juga  5 Kelebihan Orang Introvert dan Tidak Diketahui oleh Banyak Orang

Luangkan waktu Anda untuk merawat AC dalam setiap minggunya. Jangan malas karena ini untuk kenyamanan Anda dan keluarga di rumah. Jika AC tidak dirawat dengan benar, karena kemungkinan rusaknya semakin cepat, maka kemungkinan harus membeli AC yang baru pun lebih cepat lagi. Karena, memperbaiki AC yang rusak pun hampir sama mahalnya dengan membeli lagi yang baru.

Baca juga Aplikasi Wajib Asus Zenfone 5 Agar Makin Canggih.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply