12 Tanda bahwa Kamu Orang Introvert

Secara umum, kepribadian terbagi menjadi 2, yaitu ekstrovert dan introvert. Seseorang dengan kepribadian ekstrovert identik dengan kepribadian yang penuh semangat dalam melakukan segala hal yang rumit sekalipun.

Berbeda dengan ekstrovert, seseorang dengan kepribadian introvert cenderung menyukai kesendirian alias fokus pada diri sendiri. Inilah yang kemudian membedakan antara mereka yang ekstrovert dan introvert.

Sayangnya, mereka yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap pemalu, menutup diri, dan kurang ramah. Padahal, mungkin mereka merasa nyaman dengan keadaan seperti itu.

tanda-tanda introvert

Tolok ukur kesenangan dan kebahagiaan bagi seorang introvert yaitu kondisi di mana ia dapat menikmati dunianya sendiri. Lantas, tanda-tanda apa saja yang mencirikan kepribadian introvert? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Pembicaraan kecil dianggap rumit

Seseorang dengan kepribadian introvert-nya adalah tipikal pemikir. Ia lebih menyukai topik obrolan yang substanstif, bukan topik obrolan yang ringan.

Artinya, ia jauh akan memilih topik-topik obrolan ‘berat’ seperti obrolan tentang kehidupan, tujuan hidup, teori, dan hal-hal filosofis lainnya. Ketika teman atau orang terdekatnya sedang membicarakan hal-hal yang bersifat ringan, ia tidak bisa terlibat dalam obrolan tersebut.

Hanya saja ia menjadi pendengar yang baik saja. Lawan bicaranya pun tetap akan merasa nyaman karena apa yang ia sampaikan didengarkan dengan baik oleh dia yang introvert.

2. Menyukai kesendirian

Sebagian besar orang yang mempunyai kepribadian introvet lebih nyaman untuk sendiri dan menikmati kesendirian. Saat seperti ini, ia biasanya memanfaatkan waktu untuk memikirkan atau merenungkan sesuatu dengan dalam.

3. Tidak Menyukai Dering Telepon/ Ponsel

Rata-rata orang dengan kepribadian introvert bukan tipikal orang yang nyaman untuk mengobrol via telepon. Bahkan dengan sahabat atau orang terdekat sekalipun. Ia juga kerap enggan untuk menjawab panggilan telepon dan menganggap suara dering ponsel/ telepon begitu mengganggu konsentrasi.

Jikalaupun ia sedang butuh teman untuk mengobrol via telepon, hanya orang-orang tertentu saja yang akan ia ajak ngobrol. ‘Orang-orang tertentu’ tak lain adalah mereka yang biasa berinteraksi dan menghabiskan waktu lama ketika keduanya sedang mengobrol.

baca juga  Kamu Merasa Introvert? 6 Langkah Awal agar Kamu bisa Sukses

4. Jarang/ tidak langsung membalas chat atau pesan Teks sejenisnya

Ketika ada SMS atau pesan teks sejenisnya muncul di ponsel milik seseorang yang bersifat introvert, ia tidak akan langsung membalas chat tersebut, meskipun chat/ SMS tersebut dikirimkan oleh keluarga atau orang terdekat lainnya. Ia baru akan membalas chat/ SMS ketika ia sedang tidak mengerjakan aktivitas lain. Balasan SMS atau chat pun akan dibalas dengan substansi dan bahasa yang baik.

5. Keramaian membuat si introvert gila

Orang dengan sifat introvert-nya lebih menyukai berkomunikasi dengan orang lain secara personal. Hal ini bukan berarti ia anti atau takut dengan keramaian. Ia merasa bahwa komunikasi secara personal dapat menjadi tipe komunikasi yang lebih dalam. Mereka yang introvert juga tak sabar untuk keluar dari kumpulan orang yang sedang membicarakan hal-hal yang tidak penting.

6. Introvert bukan pribadi yang anti-sosial, melainkan pribadi yang selektif

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa seseorang yang introvert adalah pribadi yang anti-sosial. Anggapan tersebut keliru. Seseorang dengan kepribadian introvert hanya berhati-hati dalam menjalin hubungan pertemanan dengan alur yang pelan karena ia ingin menganalisa secara dalam karakter dari orang yang akan dijadikan teman nantinya. Ia hanya bisa berteman dekat dengan orang lain yang dianggap akrab. Ia hanya terbuka dengan orang-orang tertentu saja.

7. Lebih nyaman bergaul dan hang out dengan sedikit teman

Pernahkah Anda mengamati teman Anda yang introvert ketika ia datang ke suatu acara yang menghadirkan cukup banyak orang? Orang yang introvert cenderung jarang menghadiri acara-acara di mana ada banyak orang ramai berkumpul. Ia cenderung lebih suka untuk hang out dengan beberapa teman saja karena dengan beberapa teman, ia akan mendapatkan suasana yang lebih intim.

baca juga  Kamu Merasa Introvert? 6 Langkah Awal agar Kamu bisa Sukses

8. Ia yang introvert sangatlah cermat dalam mengamati kondisi sekitar

Ciri kepribadian introvert lainnya yaitu cermat dan detail dalam mengamati kondisi lingkungan sekitar. Seseorang dengan kepribadian introvert akan mencari tahu dan menganalisa tentang sesuatu yang ada di sekitarnya.

9. Introvert adalah pendengar yang sangat baik

Seseorang dengan sifat introvert-nya mampu menjadi pendengar yang sangat baik. Ia juga sangat memahami kondisi lawan bicaranya. Hanya saja ia sulit untuk memberikan feedback atau respon dari apa yang telah diceritakan kepadanya. Ia baru akan memberikan feedback hanya jika diminta oleh lawan bicaranya.

10. Introvert adalah pemikir berat

Tanda kepribadian introvert lainnya yaitu sangat berhati-hati ketika berbicara dan akan berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam berucap yang kemudian akan menjadi sesuatu yang sia-sia saja. Tak hanya itu, seseorang dengan sifat introvert-nya akan berusaha untuk berargumen dengan isi argumen yang bermutu dan berbobot.

11. Introvert cenderung menyukai tulisan dan hobi menulis

Para pemilik kepribadian introvert lebih menyukai komunikasi berupa tulisan bila dibandingkan dengan lisan. Misalnya, mereka lebih memilih menggunakan note atau catatan ketika akan menjelaskan atau menglarifikasi sesuatu.

12. Introvert sangat pandai menebak karakter orang, perencana yang baik, dan teman yang loyal

Sepertinya kamu dapat tips untuk mencari teman yang seperti apa di point terakhir ini. Orang yang mendengarkan dengan baik dan tidak membuat gaduh adalah teman yang tepat.

Mengerti kepribadian introvert dan meberikannya ruang untuk mengexplore kemampuannya adalah cara yang baik agar introvert menjadi bagian dari dunia ini. dan kamu akan terheran bahwa ternyata para introvert ini adalah termasuh orang-orang terkaya di dunia.

No Responses

Reply