Introvert merupakan salah satu jenis kepribadian dengan ciri khas lebih menyukai kesendirian. Mereka dengan jenis kepribadian ini cenderung memiliki sikap menutup diri dari dunia luar.

Dalam kehidupan sehari-hari, mereka yang introvert menyukai hal-hal yang mereka sukai.

Kira-kira hal apa saja yang sering dilakukan dan disukai oleh mereka para introvert? Simak informasinya berikut ini.

yang di lakukan introvert

 

1. Membaca Buku

Salah satu kegiatan yang disukai oleh orang dengan kepribadian introvert yaitu membaca buku. Sebagian besar orang yang memiliki kepribadian introvert akan lebih memilih menghabiskan waktu luang mereka dengan membaca buku daripada meet up atau berkumpul bersama teman-teman. Hal ini membuktikan bahwa mereka memang lebih merasa nyaman untuk tidak sering bergabung dengan kehidupan sosial.

2. Aktifkan Fitur-Fitur Penenang di Ponselnya

Hal lainnya yang disukai oleh seseorang dengan sifat introvert-nya yaitu lebih suka mengaktifkan fitur-fitur penenang di ponselnya. Terlebih ketika mereka sedang serius mengerjakan sesuatu. Contoh sederhananya, ada suatu momen di mana seorang introvert mematikan ponsel atau me-non-aktifkan mobile data di ponsel mereka. Ada juga yang lebih nyaman ponsel di-setting dalam mode diam agar tidak ada suara-suara dari ponsel yang mungkin dapat mengganggu konsentrasi.

3. Menghindari Percakapan

Sangat berbeda dengan para ekstrovert yang mana ketika mereka tak sengaja bertemu dengan teman lama, mereka tak sabar untuk mengajaknya ngobrol. Tidak demikian dengan para introvert. Bisa  saja mereka sedikit kesal ketika seseorang yang mereka kenal terlihat ingin mengajak mereka ngobrol. Bagi para introvert, obrolan yang akan disampaikan sudah pasti bukanlah obrolan yang tidak penting. Sedang para introvert menyukai obrolan dengan topik yang berat, detail, dan filosofis.

4. Senang jika Agenda Meet Up Dibatalkan

Unik memang mengetahui bahwa mereka yang introvert akan merasa senang jika agenda meet up atau kumpul bersama teman-teman dibatalkan karena memang pada dasarnya para introvert kurang menyukai kehidupan sosial, termasuk dengan teman-teman mereka sendiri.

5. Earphone dan Handphone Adalah Teman Baik Para Introvert Ketika Berada Di Lingkungan yang Ramai

Bagi para introvert, suara keramaian adalah sesuatu yang menyebalkan dan mengganggu. Untuk mengatasinya, mereka biasanya memanfaatkan earphone atau headset yang telah dihubungkan dengan handphone atau music player mereka agar suara berisik tersamarkan atau bahkan teralihlkan oleh suara musik favorit mereka. Selain dapat membantu mereka untuk merasakan lingkungan yang nyaman, musik juga turut membantu mereka melupakan sejenak hiruk pikuk keramaian yang sebenarnya ada di sekeliling mereka.

6. Ketika hujan, Introvert Merasa Tenang dan Nyaman di Kamar Mereka

Sebagian besar waktu yang dimiliki oleh para introvert adalah berdiam diri di kamar. Terlebih ketika hari sedang hujan. Mereka sungguh merasa nyaman di balik selimut sembari menikmati suara hujan. Bagi mereka, suasana seperti ini sungguh menenangkan.

7. Senang Ketika Rumah sedang Kosong

Sama seperti ketika hari sedang hujan, rumah dalam keadaan kosong serasa surga bagi para introvert karena mereka terbebas dari suara-suara berisik, kerumitan yang diciptakan oleh adik atau saudara kandung mereka, dan lain sebagainya.

8. Enggan Menerima Panggilan Telepon Meski dari Sahabat Dekat

Sebagian besar orang introvert enggan menjawab atau menerima panggilan telepon bahkan dari sahabat dekatnya sendiri. Namun ada kalanya ia akan menelpon balik sahabatnya ketika ia memang ingin menelpon.

9. Sharing hanya dengan Satu Orang Saja

Ketika seorang introvert ingin berbagi cerita soal masalah pribadinya, ia hanya akan melakukannya pada satu orang yang dianggap sangat dekat dengan dirinya. Para introvert hanya memiliki sedikit teman dekat dan tidak semua teman dekat dipercaya menjadi tempat curhat mereka. Mereka lebih menyukai untuk menyimpan masalah-masalah kehidupan sendiri.

10. Menulis Buku Diary

Buku diary menjadi tempat curahan hati para introvert. Mereka lebih nyaman untuk berbagi masalah-masalah yang sedang dialami. Tak perlu heran jika Anda menjumpai teman introvert Anda selalu membawa buku diary kemana-mana.

11. Memiliki Idola yang Dianggap Inspiratif

Mereka yang memiliki kepribadian introvert pastinya memiliki tokoh atau figur yang diidolakan. Tokoh/ figur ini bukan sembarang tokoh, melainkan tokoh yang menurut mereka sangat inspiratif sehingga dapat menginspirasi mereka untuk bisa berkembang menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

12. Lebih Suka Mendengarkan

Ketika ada seorang teman sedang menyampaikan curahan hatinya, seorang introvert dapat menjadi seorang pendengar yang baik. Ia tidak akan memberikan feedback atau respon jika tidak diminta. Ini adalah bukti bahwa seorang introvert memang tidak suka banyak bicara, melainkan lebih suka mendengarkan.

13. Sewaktu-waktu Bersosialisasi

Ada suatu waktu di mana seorang introvert bersedia ikut kumpul atau bersosialisasi dengan teman-teman lainnya. Hal ini disebabkan oleh karena untuk mendapatkan orientasi keseimbangan pada dirinya. Hanya saja kemampuan bersosialisasinya tidak sebaik mereka para ekstrovert. Pasca bersosialisasi, seorang introvert akan mencharge dirinya dengan cara kembali ke ‘dunia’ –nya sendiri. Tujuannya agar energi kembali hadir di dalam dirinya.

Bagaimana dengan kamu? melakukan yang diatas juga kah?

Atau kamu adalah introvert? cek 12 tanda bahwa kamu introvert.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Introvert

8 Profesi Tepat untuk anda yang Introvert yang akan membuat mapan

Kita semua pastinya penasaran dengan profesi apa saja yang cocok untuk para introvert. Lantas, ketika sudah masuk ke dunia kerja, kinerjanya bagaimana ya? Interaksi dengan sesama rekan kerja dan atasan seperti apa ya? Berbagai pertanyaan Read more…

Inspirasi hidup

6 Motivasi Ampuh yang Membuat Orang Introvert dapat Merubah Dunia

Introvert merupakan tipe kepribadian yang cenderung fokus pada pikiran dan perasaan sendiri daripada berinteraksi dengan dunia luar/ orang lain. Hal ini tidak lantas dapat disimpulkan bahwa para introvert adalah mereka yang anti-sosial dan mereka yang Read more…

Introvert

Kamu Merasa Introvert? 6 Langkah Awal agar Kamu bisa Sukses

Seseorang dengan kepribadian introvert sering dianggap sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk di lingkungan kerja. Ia cenderung terbatas dalam bercakap, meskipun dengan rekan kerja sendiri. Padahal jika terlalu diam dan pasif, kesuksesan karir pastinya Read more…

%d bloggers like this: