5 Kelebihan Orang Introvert dan Tidak Diketahui oleh Banyak Orang

Kita tentu tidak asing dengan istilah kepribadian introvert dan ekstrovert. Memang benar, keduanya selalu menarik untuk dibahas karena dapat menambah wawasan kita tentang introvert dan ekstrovert secara detail.

Introvert, misalnya, kerap digambarkan sebagai tipe kepribadian yang anti sosial alias anti pergaulan dan penyendiri. Padahal, dibalik anggapan yang ‘negatif’ tersebut, terdapat kelebihan yang tidak banyak orang ketahui. Lantas, apa saja kelebihan seorang introvert yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang? Berikut informasinya untuk Anda.

kelbihan orang introvert

1. Mempersiapkan Segala Sesuatunya dengan Baik dan Detail

Benar sekali, mereka para introvert adalah pemikir yang sangat jenius yang mana bersedia menghabiskan waktunya untuk mengerjakan aktivitas yang disukai, termasuk persiapannya.

Agar hasilnya optimal, segala persiapan yang diperlukan akan diperhatikan dan disiapkan secara baik dan detail. Sebagian besar yang dipersiapkan oleh mereka yang memiliki kepribadian introvert akan terpenuhi dengan baik. Nah, dari sini dapat dikatakan bahwa seorang introvert dapat diandalkan sebagai individu yang selalu matang dalam mempersiapkan segala hal.

Jadi, bagi Anda para introvert, tak perlu minder, ternyata Anda memiliki sisi positif yang bisa Anda jadikan kelebihan. Anda juga bisa tunjukan kepada teman atau keluarga dekat Anda bahwa Anda adalah pribadi yang bisa diperhitungkan, terutama dalam hal pekerjaan.

2. Introvert Berbakat Menjadi Penulis Handal

Selain pandai sekali mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, detail, dan matang, seorang introvert juga sangat berbakat menjadi seorang penulis handal.

Bagaimana tidak; sulitnya mengekspresikan emosi yang ada di benaknya, secara tidak langsung, menjadi pemicu baginya untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan melalui tulisan.

baca juga  Hal benar yang dilakukan setelah install kali linux

Tak heran jika sebagian besar introvert lebih suka menulis bila dibandingkan dengan cerita secara langsung kepada mereka yang dianggapnya orang-orang terdekat. Dari sini setidaknya kita bisa menyimpulkan bahwa salah satu profesi yang tepat untuk seorang introvert adalah penulis.

3. Introvert Adalah Pendengar yang Baik

Kelebihan lainnya dari seorang introvert adalah bersedia menjadi pendengar yang baik bagi lawan bicaranya. Para introvert memang cenderung tak banyak bicara, akan tetapi soal menjadi pendengar yang baik, mereka jagonya. Mendengarkan setiap cerita yang disampaikan oleh teman dekatnya merupakan wujud perhatian yang bisa ia berikan.

Jadi, jika Anda memiliki teman dekat yang memiliki sifat introvert, tidak perlu sungkan untuk menyampaikan curahan hati Anda kepadanya karena sudah pasti akan didengarkan dengan baik. Akan tetapi Anda jangan kaget ketika curahan hati Anda tidak direspon karena memang tugasnya hanya sebagai pendengar yang baik.

4. Selalu Mengamati Sesuatu Secara Teliti

Sudah menjadi rahasia umum bahwa introvert identik dengan pribadi yang pendiam. Pribadi semacam ini membuat mereka terlihat tenang meski dalam situasi apapun. Dari pribadi inilah mereka sebenarnya bisa diandalkan untuk kepentingan penelitian atau pengamatan yang memerlukan waktu yang lama. Profesi peneliti pun sangat potensial untuk dicoba oleh Anda para introvert.

5. Introvert lebih Realistis dan Perseptif

Para ekstrovert memang cenderung lebih fokus pada hubungan antara mereka sendiri dan orang-orang di sekitarnta. Situasi semacam ini sering disebut dengan istiilah paradoks pertemanan (friendship paradox). Mereka juga seringnya berfikir bahwa orang lain pun memiliki teman sama seperti mereka; dan orang lain tersebut juga fokus pada hubungan antara mereka dan orang lainnya.

baca juga  Yang bisa dilakukan dengan PayPal di Indonesia

Namun aturan ini tidak berlaku untuk para introvert. Mereka cenderung fokus pada pandangan yang bersifat akurat terhadap orang lain atau lingkungan yang ada di sekitarnya. Mereka juga cenderung merasa rendah diri. Tentu saja kelebihan ini tidak dimiliki oleh semua orang yang memiliki kepribadian introvert.

Cukup banyak juga dari mereka yang fokus pada dunia orang lain, terutama orang lain yang dianggapnya spesial atau dekat dengan mereka. Hanya saja mereka hanya mengamati saja, tidak berinteraksi ke dunia orang lain tersebut.

Oleh karena itu, banyak orang yang menilai bahwa para introvert adalah orang yang cuek dan hanya fokus pada dunia dan kesenangannya mereka sendiri. Padahal anaggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mereka hanya tidak tahu wujud perhatian yang diberikan oleh para introvert yang diberikan kepada orang lain.  Tiap individu yang memiliki kepribadian introvert pastinya memiliki level dan bias yang berbeda sehingga akurasi pandangan dan interaksi terhadap kehidupan dan dunia juga berbeda-beda.

Para peneliti hingga sekarang masih melanjutkan penelitian yang mendalam dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Demikian informasi singkat mengenai 5 kelebihan orang introvert yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Mungkin dengan adanya informasi ini, Anda mendapatkan wawasan baru khususnya soal beberapa kelebihan orang introvert. Dan yang pastinya semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para pembaca. Dari informasi ini, kita menjadi tahu bahwa baik introvert maupun ekstrovert, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kita terima ketika mereka sedang berinteraksi di tengah-tengah masyarakat.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply