Kepribadian introvert adalah tipe kepribadian dengan sifat yang unik. Bakat dan keterampilan yang dimiliki oleh para introvert membuat mereka terlihat menonjol bila dibandingkan dengan mereka para ekstrovert.

Anda para introvert pun harus berbangga hati karena Anda layak mendapatkan apreasiasi dari mereka yang ada di sekitar Anda.

Apa yang perlu dibanggakan?

Cukup banyak dan inilah 7 alasan mengapa Anda harus bangga menjadi seorang introvert.

kelebihan introvert

1. Introvert: Teman yang sangat Baik

Memang benar bahwa di kehidupan nyata, para introvert bukanlah tipikal orang yang memiliki banyak teman. Sebaliknya, mereka adalah tipikal orang yang hanya memiliki beberapa teman saja. Itupun ‘teman’ yang benar-benar dianggap sudah dekat secara personal.

Para introvert memiliki asumsi bahwa sedikit teman lebih baik daripada memiliki banyak teman, terlebih teman-teman yang ada di dunia maya. Ketika orang introvert sudah ‘memilih’ seseorang untuk dijaidkan teman dekatnya, ia benar-benar akan menjaga tali persahabatan hingga seumur hidupnya.

Mengapa?

Karena seorang introvert cenderung memiliki sifat setia kawan meski pembawaannya begitu pendiam dan cuek.

2. Introvert dan Kesendirian

Ekstrovert tidak bisa lepas dari yang namanya interaksi dengan orang lain. Ketika mereka tidak memiliki ‘tempat’ untuk berinteraksi, mereka mencari ‘tempat’tempat’ baru untuk berinteraksi dengan orang-orang baru. Tidak demikian dengan introvert.

Introvert bisa dengan nyaman menghabiskan waktunya untuk menyendiri atau fokus mengerjakan hal-hal yang disukai seorang diri. Misalnya saja, seharian atau bahkan berhari-hari sibuk menulis di dalam kamar tanpa keluar kamar. Atau seharian mereka membaca buku favoritnya meski telah berkali-kali diundang untuk hang out atau meet up bersama teman-teman.

Atau contoh uniknya, seorang introvert bisa saja melamun atau merenung di kamar karena memang benar-benar tidak ada kegiatan yang perlu dikerjakan. Sungguh unik, bukan? Dari sifat ini, kita bisa katakan bahwa Anda para introvert harus bangga pada diri Anda sendiri karena Anda tidak tergantung pada bantuan atau kehadiran orang lain, khususnya untuk menghabiskan waktu.

3. Introvert Mudah Sekali untuk Fokus

Sudah terbukti bahwa banyak figur atau tokoh sukses yang ternyata adalah mereka dengan kepribadian introvert. Tokoh-tokoh sukses ini adalah bukti nyata bahwa seorang introvert yang berhasil menemukan bakat, keterampilan, dan passion-nya, akan dengan mudah meraih kesuksesan.

Beberapa bidang yang umum mudah dikuasai oleh para introvert antara lain filsafat, psikologi, sastra, ilmu science, teknologi, dan ilmu filsafat.

Semua bidang ini rata-rata memerlukan konsentrasi alias fokus yang tinggi untuk menguasainya dengan baik. Nah, para introvert memiliki modal untuk menguasai bidang-bidang di atas karena pada dasarnya para introvert bisa dengan mudah menguasai filsafat, sastra, dan lain sebagainya jika mereka memanfaatkan bakat dan keterampilan mereka dengan benar serta menfokuskan energi mereka pada bidang yang mereka minati.

Bill Gates, Mahatma Gandhi, Albert Einstein, Abraham Lincoln, J.K. Rowling, dll adalah orang-orang hebat yang telah membuktikannya.

4. Introvert Cerdas dan Berpengetahuan

Salah satu kelebihan dari seseorang dengan kepribadian introvert adalah sangat fokus dan detail dengan kegiatan yang suka dilakukan. Dan kegiatan yang cenderung disukai oleh mereka para introvert adalah membaca dan menulis.

Dari kegiatan membaca saja, misalnya, karena buku atau media tulisan lainnya dibaca secara fokus dan detail, secara otomatis segala informasi yang ada di dalam buku tersebut tercerna dengan sangat baik. Dampak positifnya, wawasan bertambah.

Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak pula wawasan baru yang didapatkan. Anda bisa bayangkan sendiri apa jadinya jika buku yang dibaca adalah buku-buku yang diminati adalah buku-buku dengan isi yang berbobot seperti buku filsafat, kehidupan, dan buku-buku bidang pengetahuan. Anda bisa menyimpulkanya sendiri. Tak heran jika orang introvert identik dengan pribadi yang cerdas dan berpengetahuan.

5. Introvert Identik dengan Kehidupan Stabil

Introvert diketahui gemar mengambil risiko yang lebih kecil bila dibandingkan dengan mereka yang ekstrovert. Hal inilah yang kemudian menjadikan kehidupan para introvert begitu stabil dan ideal. Terlebih dalam memprediksi peluang.

Faktor lainnya yang turut mendukung stabilnya kehidupan seorang introvert adalah faktor persiapan dan perencanaan yang baik dan matang sehingga kesuksesan akan mudah diraih untuk beberapa waktu yang akan datang. Berbanggalah, karena dengan kepribadian introvert, keseimbangan dan kestabilan rutinitas Anda akan tetap terjaga dan hal ini akan sangat berguna nantinya ketika Anda sedang memenej keluarga, finansial, dan karir.

6. Introvert Tak Sembarang Berbicara Buruk tentang Orang Lain

Introvert seringnya menghindari berargumen verbal dengan orang lain. Dengan sifat inilah, setidaknya ‘bahasa-bahasa’ argumen verbal yang bisa mengarah ke bahasa yang kurang sopan dan menyakiti lawan bicaranya dapat dihindari.

Mungkin iya seorang introvert akan menegur dengan bahasa yang hati-hati kepada orang dianggap salah di matanya. Lisan yang terjaga baik ini secara tidak langsung memberikan dampak positif pada kehidupannya. Pikiran tenang, hidupnya pun senang karena tidak diliputi oleh perasaan bersalah.

7. Introvert adalah Pekerja Keras

Introvert sangat fokus dengan apa yang sedang dikerjakannya. Mereka tidak akan merasa bosan mengerjakan suatu kegiatan selama berjam-jam di suatu tempat. Sifat inilah yang tidak dapat dijumpai pada ekstrovert yang identik dengan pribadi yang mudah bosan dan sering berganti tempat.

Jadi, siapa kamu? introvert yang bangga akan karunia allah dan akan hidup sebagai intovert yang penuh semangat.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Pelajari 4 perbedaan Introvert dan Ekstrovert · August 16, 2016 at 11:36 pm

[…] tipe kepribadian Anda, masing-masing tipe kepribadian (introvert, ekstrovert, dan ambievert) memiliki kelebihan dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Introvert

8 Profesi Tepat untuk anda yang Introvert yang akan membuat mapan

Kita semua pastinya penasaran dengan profesi apa saja yang cocok untuk para introvert. Lantas, ketika sudah masuk ke dunia kerja, kinerjanya bagaimana ya? Interaksi dengan sesama rekan kerja dan atasan seperti apa ya? Berbagai pertanyaan Read more…

Inspirasi hidup

6 Motivasi Ampuh yang Membuat Orang Introvert dapat Merubah Dunia

Introvert merupakan tipe kepribadian yang cenderung fokus pada pikiran dan perasaan sendiri daripada berinteraksi dengan dunia luar/ orang lain. Hal ini tidak lantas dapat disimpulkan bahwa para introvert adalah mereka yang anti-sosial dan mereka yang Read more…

Introvert

Kamu Merasa Introvert? 6 Langkah Awal agar Kamu bisa Sukses

Seseorang dengan kepribadian introvert sering dianggap sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk di lingkungan kerja. Ia cenderung terbatas dalam bercakap, meskipun dengan rekan kerja sendiri. Padahal jika terlalu diam dan pasif, kesuksesan karir pastinya Read more…

%d bloggers like this: