Pelajari 4 perbedaan Introvert dan Ekstrovert

Tiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda. Anda mungkin memiliki kepribadian introvert dan sahabat Anda memiliki kepribadian ekstrovert. Kemudian adik Anda mungkin memiliki kepribadian ambievert.

Kepribadian yang beragam ini menjadikan masing-masing individu memiliki sifat yang khas yang kemudian tampak dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Saat mengambil, keputusan, menangani suatu masalah, berbicara, belajar, berinteraksi dengan orang lain, dll, dapat terlihat jelas perbedaannya antara mereka yang introvert dan mereka yang ekstrovert.

beda introvert dan extrovert

Hal ini dapat dianalisa secara jelas dan akurat dengan melihat perbedaan introvert dan ekstrovert. Lebih detailnya, berikut beberapa perbedaan antara introvert dan ekstrovert:

1. Subjektif, Individualis vs Objektif, Non-Individualis

Ciri umum dari tipe kepribadian introvert, menurut Jung, adalah kepribadian yang memiliki pandangan yang sangat subjektif dan terindividualisasi dalam melihat dunia. Berbeda dengan introvert, mereka yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert cenderung objektif dan tidak terindividualisasi ketika melihat dan merespon hal-hal yang ada di sekitar mereka.

Pendapat dari pakar psikologi lain sedikit berbeda dengan pendapat di atas. Eysenk mengatakan bahwa mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert mempunyai sifat terbuka dan kemampuan sosialisasi yang impulsif, sedang mereka yang memiliki tipe kepribadian introvert cenderung kurang bisa bersosialisasi dan tertutup.

2. Pendiam, Pasif, Berhati-Hati, Tertutup, Pesimis, Tenang, Terkontrol vs Supel, Senang Mencoba, Terbuka, Optimis, Kurang dapat Dikontrol

Orang dengan kepribadiaa introvert digambarkan sebagai individu yang pendiam, pasif, berhati-hati, tertutup, pesimis, tenang, dan terkontrol. Sifat-sifat yang demikian menjadikan mereka sulit untuk mendapatkan teman baru dan berimbas pada kemampuan sosiallisasi dan komunikasi yang terhambat.

Meski begitu, ada kelebihan dari seseorang yang memiliki tipe kepribadian introvert, yaitu sikap penuh perhatian yang ditujukan kepada lingkungan sosialnya yang kemudian ditujukan dengan caranya sendiri.

baca juga  Tebak Hal apa yang Dibenci Orang Introvert?

Bagaimana dengan mereka yang ekstrovert?

Orang dengan tipe kepribadian ekstrovert senang dan nyaman berinteraksi dengan banyak orang, gemar bercanda, penuh semangat, optimis, dan sifat-sifat lainnya yang menunjukan penghargaan terhadap hubungan dengan orang lain.

Dari beberapa kriteria di atas, dapat dikatakan bahwa mereka para ekstrovert tak lain adalah pribadi yang mudah membuat orang lain ‘hidup’, ceria, dan mengubah suasana biasa menjadi lebih ramai. Tak hanya itu, seorang ekstrovert juga mampu menularkan sikap optimisnya ke orang-orang yang ada di sekitarnya. Alhasil, mereka pun akan bersemangat.

Orang introvert sangat peka terhadap lingkungan sekitar sehingga mereka pun begitu menghargai teman atau keluarga tanpa mementingkan egonya sendiri.

3. Tidak Suka Aktivitas yang Menantang vs Suka Aktivitas Menantang

Pembeda lainnya antara mereka dengan kepribadian introvert dan ekstrovert yaitu dari jenis aktivitas yang disukai. Sebagian besar orang yang memiliki tipe kepribadian introvert cenderung menghindari aktivitas-aktivitas yang menegangkan dan menantang.

Sebut saja tugas menjadi seorang pemimpin, berbagai olahraga kompetitif, aktivitas menaiki bukit, aktivitas mendaki gunung, dll.

Mengapa orang introvert tidak menyukainya?

Karena mereka dibekali ambang sensoris yang rendah dan rangsangan kortikal tinggi. Sebaliknya, orang ekstrovert begitu suka dengan kegiatan-kegiatan yang menantang seperti kegiatan mendaki gunung/ bukit, offroad, marathon, bersepeda, dll karena mereka dibekali dengan rangsangan kortikal rendah dab ambang sensoris tinggi.

Lantas, kegiatan seperti apa yang disukai oleh para introvert? Pastinya kegiatan-kegiatan yang memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi. Misalnya saja membaca buku-buku dengan isi yang berbobot, menulis buku harian atau karya tulis lainnya, melukis, meneliti suatu objek, dan masih banyak lainnya.

baca juga  7 Hal yang bikin kamu bangga menjadi introvert

4. Soliter vs Gemar Membaur dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Orang dengan kepribadian introvert memang identik dengan sifat soliter alias menyendiri dan terkesan menutup diri dari dunia luar. Mereka juga lebih suka menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dilakukan seorang diri seperti fokus di depan laptop/ PC, menulis, membaca, dll.

Introvert merasa nyaman apabila berada di tempat dan suasana yang sepi dan tenang. Mereka cerdas dan berhati-hati sebelum berbicara dengan orang lain. Mereka cenderung kurang nyaman di tengah keramaian karena mereka enggan terlibat dalam suatu interaksi sosial.

Dan, para introvert lebih senang dengan jenis profesi yang dapat dilakukan seorang diri. Sementara itu, para ekstrovert gemar sekali berinteraksi dengan orang lain. Mereka juga gemar mencari teman dengan harapan mendapatkan lingkungan baru.

Artinya, mereka begitu membuka diri terhadap dunia luar. Mereka yang introvert juga gemar mencurahkan hati mereka secara lisan.  Dengan kata lain, mereka lebih suka bercerita daripada mendengarkan. Sayangnya, mereka cepat bosan, terlebih ketika mereka dalam keadaan sendiri. Kelebihan dari para ekstrovert yaitu mereka memiliki rasa percaya diri dan antusiasme yang tinggi. Mereka juga sangat mudah bergaul.

Bagaimana, dari kedua tipe kepribadian di atas, kira-kira tipe yang manakah Anda?

Apapun tipe kepribadian Anda, masing-masing tipe kepribadian (introvert, ekstrovert, dan ambievert) memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada baiknya segala kekurangan yang kita miliki dapat diatasi atau ditutupi dengan kelebihan-kelebihan yang kita miliki.

Reply