Seseorang dengan kepribadian introvert sering dianggap sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, termasuk di lingkungan kerja.

Ia cenderung terbatas dalam bercakap, meskipun dengan rekan kerja sendiri. Padahal jika terlalu diam dan pasif, kesuksesan karir pastinya dapat menjauh.

Lantas, bagaimana caranya agar seorang introvert dapat meraih kesuksesan di lingkungan kerjanya? Berikut terdapat 6 langkah agar introvert dapat sukses di lingkungan kerja.

cara agar suskses

1. Kembangkan Potensi Lain

Jika Anda termasuk orang introvert dan tidak mempunyai network yang baik, sebaiknya fokus pada potensi atau kekuatan lain yang Anda miliki. Sembari mengoptimalkan potensi yang ada, jangan lupa perbaiki kemampuan interaksi Anda.

Hanya karena Anda kurang pandai tentang suatu hal, lantas tidak membuat Anda berhenti untuk menggali potensi diri Anda yang lain. Anda tetap berpeluang untuk sukses apabila Anda kembangkan kekuatan-kekuatan yang lain.

2. Jeli dan Waspada

Seakan sudah menjadi image yang saklek bahwa seseorang yang introvert diidentikan sebagai pribadi yang tertutup dan jarang menjalin interaksi dengan orang lain. Dampak dari sikap ini yaitu terbatasnya informasi yang diterima karena akses untuk mendapatkan informasi tersebut juga terbatas. Satu-satunya solusi untuk mengatasinya yaitu dengan sering memperbaharui informasi, terutama informasi yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda juga wajib waspada dan teliti akan segala peristiwa yang terjadi di sekitar Anda. Dengan waspada dan teliti, setidaknya Anda dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menghambat karir Anda.

3. Jalin Interaksi dengan Orang-Orang Penting

Meskipun sulit untuk dijalani, setidaknya cobalah untuk membangun interaksi dengan orang-orang penting. Para introvert sebenarnya mudah terinspirasi, terlebih oleh mereka yang dianggap berkualitas di mata mereka. Nah, bagi Anda para introvert tidak ada salahnya untuk menganggap orang-orang penting ini sebagai orang-orang yang inspiratif.

Dan pastinya ‘orang’orang penting’ di sini tak lain adalah orang yang memiliki prestasi baik di bidangnya. Dan mereka yang berprestasi sudah pasti sangat menginspirasi. Bangun interaksi terlebih dahulu baru tingkatkan kualitasnya perlahan (karena pastinya sulit untuk dijalankan). Setelah interaksi yang terjalin cukup baik, pelajari rahasia sukses yang dulu mereka aplikasikan. Akan jauh lebih baik apabila orang-orang sukses ini turut membantu Anda untuk berkembang.

4. Atur Pertemuan dengan Klien

Cobalah untuk mengatur rencana pertemuan dengan klien di tempat-tempat yang merupakan bukan zona nyaman Anda. Misalnya saja di restoran yang tak lain adalah ruangan terbuka. Mengapa di tempat terbuka? Hal ini bertujuan untuk melatih, membiasakan, dan mempertajam kemampuan interaksi dan komunikasi Anda dengan orang lain. Terkadang, jika bisa, Anda perlu mencari kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan di lingkungan kerja Anda.

5. Ambil Peran Kepemimpinan

Jika memang ada peluang untuk menduduki peran kepemimpinan, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Tak penting apakah menjadi pemimpin sebuah team di kantor atau seorang wakil pimpinan di sebuah kelompok/ organisasi. Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar Anda mampu menyampaikan pekerjaan Anda dengan baik. Menduduki peranan yang penting juga dapat menjadi pengontrol yang baik dalam sebuah organisasi atau team.

6. Menghadiri Pertemuan Sosial yang Libatkan Teman-Teman di Tempat Kerja

Sebagian besar orang dengan kepribadian introvert jarang meluang waktu untuk berkumpul bersama teman atau rekan kerja. Mereka sulit utnuk berbaur dengan teman atau rekan kerja, meski suasana sangat bersahabat. Nah, agar Anda merasa rileks dengan ‘lingkungan’ baru Anda, coba bangun sebuah interaksi dengan menawarkan makanan buatan Anda sebagai bahan basa-basinya. Cobalah mendesak diri Anda untuk lebih berani dan siap membuka diri terhadap dunia. Seringlah latihan berinteraksi dengan orang-orang terdekat Anda seperti keluarga dan sahabat. Bercakap-cakaplah dengan santai agar Anda sendiri nyaman saat sedang berinteraksi dengan rekan kerja atau atasan Anda.

Mengubah perspektif merupakan satu-satunya cara yang palin ampuh bagi Anda para introvert untuk mencoba belajar karena memungkinkan Anda untuk kembangkan karir atau profesi berdasarkan etos kerja Anda, bukan kepribadian Anda. Untuk memperolehnya, Anda hanya perlu membangun spot yang berinti pada kualitas diri; apakah hal ini melibatkan cara yang mereka gunakan untuk mendapatkan kesuksesan, atau hanya semata-mata untuk menjaga konsistensi karir mereka.

Dengan mengimplementasikan tips-tips di atas, Anda para introvert akan sangat terbantu untuk terus berkembang dan sukses di tempat kerja karena Anda sudah memperoleh pengakuan dari rekan-rekan kerja dan atasan tanpa harus mengubah kepribadian Anda atau memamerkan kemampuan Anda secara verbal.

Dari informasi ini dapat dikatakan bahwa menjadi individu dengan kepribadian introvert bukanlah sebuah halangan bagi kita untuk berhenti berharap. Bila perlu ambil beberapa kata motivasi agar kita bisa termotivasi dari diri kita.

Seperti 10 orang sukses dunia yang ternyata introvert. Dari mereka kamu bisa mengambil contoh.

Demikian informasi singkat mengenai introvert, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pembaca, khususnya Anda yang memiliki tipe kepribadian introvert.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

3 Comments

Hermawan Tri Yulianto · November 2, 2016 at 11:38 pm

Apakah anda seorang introvert???

    khedi

    khedi · November 3, 2016 at 8:35 pm

    sepertinya gan,

8 Profesi Tepat untuk anda yang Introvert - KHEDISFILE.COM · August 21, 2016 at 9:49 am

[…] apapun yang anda pilih tentunya akan baik jika di siapkan keahlian khusus akan bidang tersebut. Jadi jangan berhenti […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Review film

Review spider-man homecomming, sedikit membingungkan untuk sebuah perkenalan

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

Review film

Review film The Mummy (2017) menyeramkan layaknya film horor

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

%d bloggers like this: