Introvert merupakan tipe kepribadian yang cenderung fokus pada pikiran dan perasaan sendiri daripada berinteraksi dengan dunia luar/ orang lain. Hal ini tidak lantas dapat disimpulkan bahwa para introvert adalah mereka yang anti-sosial dan mereka yang tidak/ kurang peduli dengan lingkungan di sekitarnya.

Pada dasarnya, orang introvert adalah pribadi pemerhati alias pribadi yang begitu perhatian dengan lingkungan sekitar; hanya saja ia lebih cenderung mengolah perhatian mereka sesuai dengan perspektif dan pikiran mereka sendiri. Inilah mengapa mereka yang memiliki kepribadian yang introvert lebih suka mengekspresikan segala sesuatunya melalui tulisan, bukan melalui bahasa verbal.

motivasi untuk introvert

Perilaku yang biasa ditunjukan oleh para introvert pun berupa komunikasi non-verbal.

Dibalik sikapnya yang diam dan terkesan acuh dengan lingkungan sekitar, para introvert ternyata mudah termotivasi dan terinspirasi oleh hal-hal yang menurut mereka sesuai dengan jalan pikiran mereka. Berikut terdapat kumpulan motivasi yang ampuh untuk dorong para introvert menjadi pribadi yang sukses:

1. Diam-nya Si Introvert Penuh dengan Perhatian

Pendiem menjadi salah satu image seorang introvert. Bisa dibilang sikap diam pada seorang introvert seakan sudah menjadi ciri khas yang melekat pada diri seorang introvert. Hal ini disebabkan oleh karena adanya efek dominasi kerja pada sistem syaraf, bukan dalam bentuk komunikasi verbal ataupun gerakan. Akan tetapi di pikiran, mereka sangat sensitif terhadap segala hal, bahkan hal-hal yang tidak penting sekalipun.

Tak heran jika orang dengan kepribadian introvert dikatakan sebagai pemikir. Tak hanya itu, ketika ia sedang berinteraksi dengan orang lain, ia tidak benar-benar berkomunikasi dengan lawan bicaranya, melainkan sebagian pikirannya fokus pada lawan bicara itu sendiri. Inilah mengapa seorang introvert disebut juga sebagai pengamat dan pendengar yang baik. Ia akan lebih memilih untuk mendengarkan daripada berbicara karena ketika ia akan berbicara, ia akan berhati-hati dalam berucap.

2. Segan tapi Super Hebat

Mengapa dikatakan segan tapi super hebat? Karena sebelum orang introvert berinteraksi dengan orang lain, ia akan menganalisa lawan bicaranya terlebih dahulu. Misalnya saja menganalisa suasana hati lawan bicara dilihat dari gaya bicara dan raut muka si lawan bicara, atau menganalisa sikap si lawan bicara berdasarkan pada gerakan tubuh.

Bahkan seorang introvert dapat menganalisa lawan bicaranya dari hal-hal yang sangat detail seperti gerakan bibir dan pandangan mata. Hal ini membuktikan bahwa seorang introvert gemar menganalisa, hanya saja tidak semua hasil analisanya tepat karena hasil analisa didapatkan dari pengalaman dan rekaan saja. Hebatnya, seorang introvert yang baik akan menggunakan logikanya untuk menganalisa lawan bicaranya.

3. Introvert Cenderung Perfeksionis

Introvert juga identik dengan perfeksionis atau setidaknya mencoba untuk menjadi perfeksionis. Ketika seorang introvert tidak dapat menuangkan ide-ide kerennya, ia akan gagal mendapatkan image excellent, sedang ide keren hanya bisa didapatkan dari pertimbangan yang objektif yang kemudian nantinya dipresentasikan.

Sisi buruk seorang introvert, dalam hal ini, adalah ia mampu menciterakan diri sendiri dengan bentuk yang berbeda-beda ketika sedang berinteraksi dengan lawan bicara sehingga ia layak disebut sebagai tipikal orang pandai meng-kamuflase kepribadiannya, dan hanya dia-lah yang paham benar akan karakter aslinya.

4. Miliki Dua ‘Dunia Virtual’

Pastinya pernah terlintas di benak Anda tentang mereka para introvert: bagaimana mereka dapat menemukan kenyamanan tanpa adanya interaksi, bahkan seringnya mereka terlihat mengasingkan diri ketika berada di tengah keramaian?

Di dunia mereka, mereka memiliki dua dunia yang tersimpan di pikiran mereka. Dalam pikiran mereka, terbentuk dua figur yang dapat saling berinteraksi untuk memikirkan, mempertimbangkan, dan memutuskan sesuatu. Bahkan hanya untuk sekedar menganilis serta mengomentari suatu kondisi di dunia nyata.

Hal inilah yang kemudian membentuk sikap-sikap aneh pada diri mereka. Meski begitu, tetap saja ini adalah sesuatu yang keren dan ‘mekanisme’ seperti ini tidak dimiliki oleh para ekstrovert.

5. Cerdas dan Penuh Ide-Ide Cemerlang

Dalam dunia imajinatifn seorang introvert, dua figur tadi seakan berdebat dan dua figur ini menggambarkan dua hal yang sungguh berbeda (seperti kepercayaan malaikat dan setan alias baik dan buruk). Hal inilah yang kemudian memperkuat pikiran mereka, terutama ketika sedang memikirkan baik-buruknya suatu hal.

Tak heran jika si introvert terkenal cerdas dalam mencetuskan ide-ide baru. Pada akhirnya, mereka pun sampai pada titik logis yang kemudian memicu diri untuk mengakui kesalahannya, kemudian memaafkan dirinya, lalu mengambil kebenaran untuk selanjutnya diaplikasikan lagi ke dalam pikirannya.

6. Performa Tenang

Soal performa, seorang introvert selalu terlihat tenang dan sedikit bicara. Sekalinya berbicara, lisan yang terucap adalah lisan yang bijak. Tatapan matanya menunjukan perhatian yang dalam. Namun ketika sedang berinteraksi, ia tak sanggup berkontak mata lama dengan lawan bicaranya.

Lantas, sisi positif dari poin ini adalah seseorang yang memiliki kepribadian introvert sebenarnya adalah sosok yang romantis; hanya saja sikap romantisnya ditunjukan dengan cara yang berbeda dan lebih dalam. Misalnya saja perhatian akan pengalaman hidup orang yang dianggapnya dekat, mampu menebak apa yang disukai oleh orang yang dianggapnya spesial, dan lain sebagainya.

Sekarang kamu pendiam yang memiliki banyak sisi positif. Tunggu apalagi, kemampuanmu merubah dunia tak diragukan. Banyak kelebihan lain yang tersembunyi. Dan kamu hanya perlu tahu dan menyadarinya, kemudian dunia berada di genggamanmu.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

8 Profesi Tepat untuk anda yang Introvert yang akan membuat mapan · January 10, 2017 at 10:49 pm

[…] pertanyaan terus hadir di benak kita soal karir untuk para introvert mengingat tipe kepribadian yang satu ini sungguh unik. Para introvert lebih produktif jika berada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Review film

Review spider-man homecomming, sedikit membingungkan untuk sebuah perkenalan

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

Review film

Review film The Mummy (2017) menyeramkan layaknya film horor

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

%d bloggers like this: