8 Profesi Tepat untuk anda yang Introvert yang akan membuat mapan

Kita semua pastinya penasaran dengan profesi apa saja yang cocok untuk para introvert. Lantas, ketika sudah masuk ke dunia kerja, kinerjanya bagaimana ya? Interaksi dengan sesama rekan kerja dan atasan seperti apa ya?

Berbagai pertanyaan terus hadir di benak kita soal karir untuk para introvert mengingat tipe kepribadian yang satu ini sungguh unik. Para introvert lebih produktif jika berada di suasana yang tenang, sehingga profesi yang paling tepat untuk mereka adalah profesi yang tidak terlalu banyak interaksi dengan orang lain.

pfofesi introvert

Penasaran, profesi apa yang dimaksud? Berikut informasinya untuk anda.

1. Penulis

Penulis merupakan salah satu profesi yang paling cocok untuk orang introvert. Mengapa? Menulis tidak memerlukan komunikasi verbal dengan orang lain.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan seorang diri dan di tempat yang sepi dan tenang. Dua kriteria ini sungguh cocok dan nyaman untuk para introvert. Terlebih didukung oleh kebiasaan seorang introvert yang dapat menuangkan ekspresinya melalui tulisan.

Didukung lagi karakter seorang introvert yang hemat bicara. Sudah pasti akan jauh lebih produktif dalam menghasilkan karya tulisan. Jadi tak perlu cemas dan ragu lagi soal profesi.  Penulis adalah profesi yang keren di mana hobi dan talenta dikombinasikan.

Nah, apabila Anda hobi menulis, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi penulis yang juga cocok dengan karakter Anda yang introvert.

2. Akuntan

Akuntan juga bisa disebut sebagai profesi yang sedikit melibatkan interaksi publik. Pekerjaan utama seorang akuntan adalah pekerjaan-pekerjaan yang ada kaitannya dengan analisa data, laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Di lingkungan kerjanya, profesi akuntan juga memerlukan lingkungan kerja yang tenang guna menjaga konsentrasi ketika sedang mengelola data finansial suatu perusahaan. Jadi, sangat cocok bukan dengan karakter introvert yang identik dengan image penyuka suasana tenang?

baca juga  5 Alasan Anda Harus Berhenti Merokok Sebelum Menikah

3. Programer

Programer merupakan profesi yang fokus pada software dan hal-hal lainnya yang ada kaitanya dengan kegiatan dan bahasa pemograman. Aktivitas seorang programer lebih banyak duduk berjam-jam sembari tangannya sibuk dengan keyboard laptop atau komputer.

Kegiatan seperti ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian introvert. Selain jarang berinteraksi dengan orang lain, dengan menjadi seorang programer, Anda berpeluang untuk menciptakan karya-karya kreatif yang bermodalkan ide-ide cemerlang Anda.

4. Desainer Grafis

Hampir sama dengan seorang programer, seorang desainer grafis juga banyak berkutat dengan komputer atau laptop. Hanya saja bukan bahasa pemograman yang dikerjakan, melainkan lebih ke pembuatan desain-desain website atau sejenisnya.

Dengan suasana tenang, sudah pasti Anda yang introvert dapat dengan mudah melahirkan ide-ide keren yang ada kaitanya dengan bidnag desain grafis yang Anda kuasai. Jadi, bagi Anda yang hobi tuangkan ide-ide dalam bentuk desain grafis, profesi desainer grafis patut Anda coba.

5. Admin

Admin sosial media di era digital sekarang ini memang menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan dan cocok untuk Anda yang memiliki tipe kepribadian introvert. Terlebih profesi ini kini banyak dibutuhkan. Mengapa profesi ini cocok?

Tentu saja cocok karena sebagian besar introvert memiliki kelebihan dalam berkomunikasi via bahasa tulisan. Nah, jika menjadi seorang admin media sosial, sudah pasti kegiatannya hanya merespon komentar-komentar para pengunjung media sosial sekaligus memposting konten yang diperlukan.

Meski di dunia nyata mereka para introvert identik dengan sikap dingin, acuh, dan diam, berbeda nantinya ketika mereka berinteraksi via tulisan. Mereka dapat berubah menjadi pribadi yang lucu, asik, dan ramah ketika berinteraksi melalui tulisan.

baca juga  13 Hal yang sering Dilakukan oleh Orang Introvert

6. Pebisnis Online

Sebut saja contohnya bisnis toko online; bisnis yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda para introvert. Sama seperti admin sebuah media sosial, pebisnis online juga lebih banyak berinteraksi dengan menggunakan tulisan, bukan verbal.

Interaksi dapat dilakukan via BBM, Whatsapp, Email. Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Bisnis yang mengandalkan keahlian internet marketing ini boleh juga menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki sebuah bisnis namun enggan berinteraksi dengan banyak orang. Terlebih kini dukungan internet yang kian luas dan canggih serta mudah diakses.

7. Penganalisa atau Peneliti

Kepribadian introvert unggul dalam mengamati dan menganalisa sesuatu. Hal ini disebabkan oleh kemampuan fokus yang sangat baik. Dalam diam saja, seorang introvert mampu menganalisa sesuatu secara detail. Bakat analisa yang baik ini dapat Anda jadikan modal utama untuk menjadi seorang penganalisa atau peneliti. Misalnya saja penelita di sebuah laboratorium atau penganalisa pemasaran.

8. Translator

Anda memiliki skill Bahasa Inggris yang baik namun kurang tertarik menjadi seorang intepreter? Alternatif profesi lainnya yang cocok untuk Anda yang introvert namun ingin memanfaatkan skill Bahasa Inggris Anda yaitu translator. Profesi translator di sini lebih kepada jasa penterjemah teks, bukan penterjemah secara lisan.

Profesi apapun yang anda pilih tentunya akan baik jika di siapkan keahlian khusus akan bidang tersebut. Jadi jangan berhenti belajar.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply