7 Hari Berhasil Berhenti Merokok dengan 4 Cara ini Tanpa Merasa Tersiksa

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk. Meskipun merokok dianggap sebagai hal yang buruk yang dapat merusak kesehatan, namun ada banyak orang yang tidak peduli akan hal itu.

Bagi perokok, sebagian dari mereka tau bahwa rokok banyak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan mereka. Namun banyak dari mereka memilih untuk tidak peduli, karena bagi mereka merokok sudah merupakan bagian dari hidup mereka yang menurut mereka tidak bisa mereka tinggalkan.

7 Hari Berhasil Berhenti Merokok dengan 4 Cara ini

Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok antara lain, tar,nitrogen oksida, amonia, karbon monoksida, hidrogen sianida, arsenik, benzena, dan formaldehida. Semua bahan-bahan tersebut adalah bahan-bahan berbahaya yang bila masuk ke dalam tubuh akan merusak organ-organ penting di dalam tubuh.

Contohnya nitrogen oksida, zat ini biasanya dapat ditemukan di gas emisi pada kendaraan bermotor. Bila zat ini masuk ke dalam tubuh melalui rokok yang dihisap, maka zat ini dapat merusak kinerja paru-paru yang dapat berakibat fatal.

Salah satu efek yang dapat ditimbulkan bila zat ini masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang besar antara lain radang paru-paru yang bisa berujung pada kanker paru-paru.

Saat merokok, semua zat-zat berbahaya itu masuk ke dalam tubuh sekaligus. Saat masuk ke dalam tubuh, zat-zat beracun itu terus menumpuk di dalam tubuh, karena tidak bisa larut di dalam darah.

Bila merokok dalam jangka panjang, zat-zat berbahaya yang terus menerus menumpuk dalam tubuh tersebut tentu saja akan menghambat kinerja organ-organ penting di dalam tubuh seperti jantung, paru-paru hingga ginjal.

Namun bagi anda yang merasa mempunyai keinginan untuk merokok, belum lah terlambat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat berhenti merokok.

baca juga  2 Orang Ini Bercerita Pengalaman Pribadi Berhasil Berhenti Merokok

Berhenti merokok bukan saja bisa menyelamatkan kesehatan anda, namun anda juga menyelamatkan kesehatan orang-orang di sekitar anda. Karena dengan berhenti merokok, orang di sekitar anda juga akan berhenti terkena paparan asap rokok yang biasanya anda hirup.

Berikut ini tips cara berhenti merokok  yang bisa anda coba.

  1. Bulatkan Tekad untuk berhenti merokok

Merokok biasanya merupakan candu. Orang yang sudah ketagihan merokok biasanya tidak bisa lepas dengan rokok. Oleh karena itu untuk bisa benar-benar bisa berhenti merokok harus datang dari keinginan sendiri, kesadaran sendiri, bukan dari paksaan orang lain.

Bila keinginan berhenti merokok datang dari keinginan sendiri, maka anda akan merasa enjoy untuk menjalaninya. Tentukan niat sedari awal untuk berhenti merokok, buat komitmen pada diri sendiri untuk menghindari apapun yang berhubungan dengan rokok.

  1. Beritahu orang terdekat tentang niat anda untuk berhenti merokok.

Orang terdekat biasanya akan selalu mendukung niat kita untuk menjadi lebih baik. Bila anda memberitahu orang terdekat anda bila anda mempunyai niat untuk berhenti merokok, orang terdekat anda tersebut pasti akan sangat mendukung niat tersebut, karena bagaimana pun juga orang dekat pasti akan merasa senang bila anda bisa menjadi lebih baik.

Buat komitmen pada diri sendiri serta jadikan orang terdekat anda sebagai pengingat bahwa anda sedang dalam tahap berhenti merokok. Awalnya mungkin memang sangat sulit, namun bila dilandasi dengan tekad yang sudah bulat, niat dalam hati serta dukungan dari orang  terdekat, maka hal ini lama-lama bisa menjadi hal yang bisa anda jalani.

  1. Mengganti rokok dengan permen.
baca juga  Review film Blood Father indonesia: Ending yang menyebalkan

Akan menjadi sangat sulit untuk dapat berhenti merokok sekaligus. Anda bisa melakukannya secara bertahap, sedikit demi sedikit. Bila anda terbiasa merokok 5 batang dalam sehari, anda bisa mencoba untuk menguranginya dengan hanya merokok 3 batang dalam seharinya. Bila anda sudah berhasil dengan jumlah 3 rokok dalam seharinya, anda bisa melanjutkan dengan mengurangi jumlahnya menjadi 1 batang rokok sehari.

Pada orang yang terbiasa merokok namun tiba-tiba tidak merokok, efek yang dirasakan biasanya antara lain yaitu mulut yang terasa pahit. Untuk sedikit mengurangi efek ini anda bisa menghindarinya dengan mengkonsumsi permen mint. Dengan mengkonsumsi permen mint, ini akan membuat mulut anda tidak pahit dan mendistraksi anda dari aktivitas untuk merokok. Mengkonsumsi permen mint sebagai pengganti rokok adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk dapat berhenti merokok.

  1. Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat membantu untuk menetralkan rasa asam pada mulut yang terjadi karena berhenti merokok. Minum air putih juga termasuk kebiasaan sehat. Oleh karena itu dengan banyak minum air putih, ini bisa menjadi langkah untuk dapat berhenti merokok sekaligus dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

Selain dengan banyak minum air putih, anda juga menghindari untuk merokok dengan cara rutin berolah raga, dengan berolah raga, tidak hanya membuat anda menjadi lebih sehat, olah raga juga dapat mengalihkan perhatian anda untuk merokok.

No Responses

Reply