Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Bagi mereka yang sudah kecanduan rokok, akan sulit bagi mereka untuk dapat berhenti merokok.

Bagi perokok berat, rokok sudah menjadi candu bagi mereka, bila mereka tidak merokok dalam sehari saja, maka tubuh mereka akan bereaksi, reaksi tersebut timbul karena tubuh mereka sudah terbiasa mengkonsumsi zat-zat yang terkandung di dalam rokok. Efek yang timbul bila seorang perokok berat tidak merokok antara lain mulut yang terasa asam, hingga kepala yang terasa pusing.

Orang-orang yang tidak merokok biasanya akan merasa sangat terganggu bila di dekat mereka ada seseorang yang sedang merokok. Selain karena asapnya yang mengganggu, paparan asap rokok juga sangat berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya. Inilah alasan mengapa perokok pasif atau orang yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok juga akan terkena zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.

Berhenti merokok sebelum menikah

Bagi anda yang adalah seorang perokok  berat dan mempunyai keinginan untuk menikah, menjadi penting mempertimbangkan untuk berhenti merokok. Menikah adalah tentang komitmen untuk membina kehidupan dengan pasangan. Pada awalnya mungkin terkesan tidak ada hubungannya antara menikah dengan berhenti merokok, namun langkah ini bisa jadi langkah awal yang baik untuk dapat membina rumah tangga yang baik. Berikut ada beberapa alasan mengapa anda harus berhenti merokok sebelum menikah.

1. Merokok membahayakan kesehatan

Untuk hal ini semua orang pasti juga sudah mengetahuinya bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak sekali zat-zat beracun yang terkandung di dalam rokok yang bisa sangat membahayakan kesehatan. Zat-zat beracun di dalam rokok antara lain nikotin, tar, nitrogen oksida, karbon monoksida, amonia, hidrogen sianida, arsenik, benzena, kadmium, formaldehida, dan kromium.

Semua zat tersebut merupakan zat beracun yang tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh. Bila zat-zat tersebut masuk ke dalam tubuh, yang terjadi adalah semua zat tersebut akan terus menumpuk di dalam organ-organ penting di dalam tubuh seperti ginjal, jantung dan paru-paru. Dampak dari merokok secara terus menerus adalah kesehatan yang  terus memburuk dan bisa kambuh sewaktu-waktu.

Saat anda menikah, anda tentu saja ingin hidup bahagia dengan pasangan. Membangun sebuah rumah tangga yang sukses dan bahagia adalah cita-cita setiap pasangan. Namun apakah cita-cita tersebut dapat tercapai bila anda sendiri dalam keadaan tidak sehat?

2. Orang yang terkena paparan asap rokok juga beresiko terkena gangguan kesehatan

Paparan asap rokok juga berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya. Artinya orang yang tidak merokok pun, bila dia secara tidak sengaja menghirup asap rokok, maka zat-zat yang terkandung dalam asap rokok itu akan masuk ke dalam tubuh mereka. Secara singkat orang yang terkena paparan asap rokok akan mempunyai resiko gangguan kesehatan yang sama dengan perokok aktif.

Bila anda merokok, otomatis anda membuat orang di sekeliling anda juga turut mengisap asap rokok tersebut. Bila anda sudah menikah, dan anda adalah seorang perokok berat, maka anda akan membuat istri anda ikut terpapar asap rokok yang anda hisap. Terpapar asap rokok dalam jangka panjang tentu saja akan meningkatkan resiko kesehatan yang tinggi. Dengan istri anda ikut terpapar asap rokok, hal ini akan membuat istri anda beresiko tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan pada organ organ penting di dalam tubuh, seperti radang paru-paru, serangan jantung dan penyakit berbahaya lain yang timbul akibat asap rokok.

3. Asap rokok berefek buruk bagi Anak

Salah satu tujuan menikah antara lain untuk memperoleh keturunan. Anda dan pasangan pasti akan menjadi sangat berbahagia, bila dikaruniai keturunan. Anda berdua pasti akan dengan senang hati merawat dan membesarkan anak-anak anda. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat dan kuat.

Namun apa yang akan terjadi bila anda adalah seorang perokok berat. Masa kanak-kanak adalah masa yang penting bagi perkembangan seorang anak. Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak tumbuh dan berkembang. Masa kanak-kanak juga merupakan masa yang rentan terserang penyakit. Sistem kekebalan tubuh pada anak-anak belum bisa bekerja secara sempurna karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan. Bila seorang anak terpapar rokok sejak dini, maka yang terjadi adalah kesehatannya menjadi mudah terganggu.

Inilah salah satu alasan mengapa berhenti  merokok sebelum menikah adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan.

4. Berhenti merokok akan menghemat pengeluaran anda

Dengan berhenti merokok otomatis juga akan menghemat pengeluaran anda. Uang yang biasa anda keluarkan untuk membeli rokok bisa anda alihkan untuk keperluan lain atau anda juga bisa menyimpannya untuk menabung. Dengan berhenti merokok, anda tidak hanya menjadi lebih sehat, namun anda juga bisa lebih bisa menghemat pengeluaran,bahkan bisa menabung.

5. Karena anda sayang istri dan anak anda

Bersama keluarga lebih lama adalah hal yang sangat di dambakan setiap manusia. Termasuk anda. Untuk itu dengan berhenti merokok sebelum menikah, maka anda telah menyiapkan hidup bersama keluarga lebih lama.

Maka perhatikan tips untuk berhenti merokok mulai dari sekarang.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

3 Hal ini Pasti Akan Membuat Anda Gagal Berhenti Merokok Maka Hindari!!! · September 1, 2016 at 10:44 pm

[…] orang yang baru sebatas mempunyai keinginan untuk berhenti merokok, biasanya akan berpikir bahwa berhenti menghisap rokok akan menjadi sesuatu yang sangat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Review film

Review spider-man homecomming, sedikit membingungkan untuk sebuah perkenalan

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

Review film

Review film The Mummy (2017) menyeramkan layaknya film horor

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

%d bloggers like this: