Memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai bakat, merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Terlebih lagi, bagi yang sekarang sedang masa-masanya untuk melanjutkan kuliah. Dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, tentunya membuat diri kita sendiri menjadi lebih menikmati kegiatan perkuliahan tersebut dan masa perkuliahan juga tidak akan lama dan bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Pada saat sekarang ini, ada banyak sekali jurusan kuliah yang sudah memfasilitasi bakat yang kita miliki. Sehingga, kita tidak akan mengalami kesulitan ketika sedang menjalani kuliah. Ada banyak hal yang bisa menjadi dasar kita memilih suatu jurusan kuliah tersebut. Mulai dari ketertarikan hingga bakat yang kita miliki.

Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah

Untuk bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat ini, ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Ada banyak hal yang bisa menjadi indikasi kenapa kita memilih suatu jurusan untuk kuliah. Untuk itu, berikut ini ada beberapa kunci sukses dalam memilih jurusan kuliah sesuai dengan bakat.

  1. Kenali minat dan bakat

Setiap orang memiliki minat dan bakat tersendiri dan juga unik. Dengan kata lain, minat dan bakat antar satu orang dengan orang lain tidak sama. Usahakan tidak mengikuti teman yang memilih suatu jurusan atau suatu universitas. Misalnya, Anda mengikuti teman ditempat kuliah dan jurusan yang sama, dan ternyata minat dan bakat Anda berbeda.

Di dalam usaha memilih jurusan kuliah, usahakan untuk tidak memilih suatu jurusan tertentu. Pada intinya, Anda harus temukan terlebih dahulu minat dan bakat Anda. Apabila Anda suak dengan bidang teknologi, maka Anda bisa memilih jurusan Teknik Informatika. Atau Anda bisa memilih jurusan yang memang benar Anda sukai.

Dengan memilih jurusan yang Anda sukai, maka untuk mengembangkan minat dan bakat Anda akan lebih mudah teraplikasikan. Sehingga, pilihan Anda terhadap jurusan kuliah tersebut tidak sia-sia, alias pilihan Anda tepat.

  1. Tentukan masa kuliah

Masa kuliah menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap jurusan yang ingin Anda pilih. Masa kuliah ini, bisa dilihat apakah Anda memilih Diploma atau S-1. Jika Anda segera ingin berkarir dan tidak ingin lama kuliah, maka Anda bisa memilih diploma. Dengan jalur diploma ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan jika ingin segara bekerja.

Akan tetapi, Anda juga bisa memilih S-1 untuk jenjang karir yang lebih baik. Pada saat sekarang ini, sudah banyak yang mengambil S-1 dengan waktu yang relatif singkat. Biasanya S-1 dibutuhkan waktu paling lama sekitar 5 tahun, sekarang ini sudah banyak yang lulus dengan waktu kurang lebih 3,5 tahun. Dengan waktu yang lebih singkat, Anda juga bisa langsung mendapat pekerjaan yang Anda inginkan. Dengan catatan, nilai selama perkuliahan Anda mendapatkan nilai yang bagus.

  1. Tentukan cita-cita

Cita-cita, menjadi salah satu hal yang bisa membuat kita memilih jurusan kuliah yang kita sukai. Dengan adanya cita-cita, kita bisa bersemangat dalam menjalankan kuliah. Di era yang serba digital sekarang ini, ada banyak sekali yang mencita-citakan ingin menjadi seorang programmer ataupun yang lainnya, yang berhubungan dengan dunia digital. Akan tetapi, jika Anda memiliki cita-cita bekerja kantoran atau sebagai pegawai suatu perusahaan, Anda bisa memilih jurusan Akuntansi ataupun Manajemen.

Dengan banyaknya jurusan yang disediakan oleh universitas, bakat yang Anda miliki sekarang ini bisa berkembang dengan sangat baik. Jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, tentunya membuat Anda akan lebih maksimal di dalam menjalani perkulihan tersebut.

  1. Berkonsultasi

Konsultasi dengan orang yang lebih paham mengenai jurusan yang ada di perkulihan, bisa membuat Anda tidak salah dalam mengambil jurusan ketika kuliah. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kedua orang tua, agar setiap urusan perkuliahan bisa berjalan dengan baik dan tidak ada masalah. Berkonsultasi sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, dengan berkonsultasi, maka menambah kepercayaan diri Anda dalam memilih suatu jurusan untuk kuliah.

Konsultasi tersebut bisa dilakukan kepada siapa saja. Mulai dari guru, orang tua, senior yang sudah berkuliah, ataupun kepada pihak universitas itu sendiri. Dengan begini, Anda sudah melakukan hal yang sangat tepat di dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Anda bisa mengambil contoh dari beberapa orang yang kuliah, dengan keadaan tidak menyukai jurusan kuliah yang sedang digelutinya sekarang. Dampaknya adalah, masa perkuliahan menjadi lebih lama, nilai yang didapatkan pun tidak bagus, dan masih ada dampak yang lainnya.

Dengan adanya contoh tersebut, tentunya Anda tidak ingin mengalami masalah seperti itu. Oleh karena itu, usahakan sebelum Anda memilih jurusan kuliah apa, sebaiknya Anda mengetahui kunci sukses memilih jurusan kuliah yang tepat.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

3 Comments

4 Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Untuk SBMPTN dan Lulus Dengan Mudah - KHEDISFILE.COM · September 4, 2016 at 12:23 am

[…] yang ingin Anda pilih. Maka sebaiknya, Anda perlu belajar lebih keras lagi. Agar bisa lulus dan berkuliah dengan jurusan yang sudah Anda pilih. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih, di dalam berusaha untuk belajar lebih keras lagi. Anda […]

Contoh 4 Orang Sukses Dengan Jurusan Kuliah yang Diambilnya · September 6, 2016 at 10:39 pm

[…] dengan matang jurusan kuliah yang akan anda ambil adalah yang sesuai dengan bakat. Mengetahui tip-tipsnya dan mengetahui jurusan kuliah yang […]

11 tips Kuliah sambil kerja yang akan mengantar kamu lulus · September 18, 2016 at 12:01 am

[…] Tips untuk kuliah sambil bekerja berjalan lancar secara garis besar sama, kamu harus benar-benar menentukan jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang kamu sukai atau kamu bisa membaca artikel saya mengenai petunjuk memilih jurusan sesuai Bakat. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Review film

Review spider-man homecomming, sedikit membingungkan untuk sebuah perkenalan

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

Review film

Review film The Mummy (2017) menyeramkan layaknya film horor

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

%d bloggers like this: