Pertolongan pertama saat mimisan, tepat dan benar darah berhenti

Penyebab mimisan sangat beraneka ragam diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bawaan lahir membran mukosa hidung yang terlalu tipis sehingga sangat rentan sobek dan mengeluarkan darah. Biasanya penderita hanya cukup sakit panas atau meriang dan darah akan keluar dari hidung. Ini terjadi pada anak-anak sampai usia dewasa.
  2. Hidung terbentur benda keras misal terkena bola Terpukul atau membentur sesuatu. Ini bisa terjasi pasa siapapun.
  3. Terlalu asik ngupil sehingga melukai dinding mukosa hidung.

pertolongan pertama pada mimisan

Akibat yang bisa di timbulkan dari mimisan yang tidak ditangani dengan tepat dan cepat;

  1. Jika mimisan dikarenakan benturan benda keras atau terlalu serius ngupil maka akan dengan mudah darah berhenti dengan penanganan yang tepat.
  2. Namun apabila mimisan dikarenakan bawaan dinding mukosa yang terlalu tipis maka penanganan harus lebih serius karena akibatnya darah akan senantiasa keluar walaupun misalnya telah ditahan dengan ujung jari atau dengan kain.
  3. Pada kasus mimisan yang ekstrim penderita bisa mengalami kekurangan darah dan lemas atau jika penderita mengalami phobia terhadap darah akibatnya akan semakin buruk.

Pertolongan pertama saat mimisan, tepat dan benar darah berhenti

  1. Mintalah penderita atau jika ini adalah anda tetap rileks dan jaga denyut jantung dengan irama yang baik. Hal ini bertujuan agar darah mengalir lebih terirama.
  2. Duduklah rileks dengan badan menghadap atau condong kedepan dengan mulut terbuka. Hal ini mencegah agar darah tidak menutupi rongga pernafasan karena sifat darah yang cepat membeku.
  3. Jangan biarkan korban melejitkan ingus. Karena hal ini akan membuat pembekuan darah pada luka mukosa akan hilang sehingga memperlambat penyumbatan area mukosa yang sobek.
  4. Tekan bagian bawah tulang hidung pada bagian ujungnya selama 15 menit atau kurang lalu lepaskan perlahan.
  5. Ambil Kain basah dan bungkuslah es lalu kompreskan ke bagian di hidung. Hal ini bertujuan untuk mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah menuju hidung. Dapat juga basuh muka dengan air dingin.
  6. Jika mimisan tidak berhenti Maka segeralah hubungi dokter karena bisa jadi terindikasi luka yang terlalu lebar atau tulang hidung patah.
  7. Gunakan daun sirih jiika anda dapat menemuinya.
baca juga  keuntungan Kartu Kredit BCA Everyday Card

Tips agar terhindar dari mimisan

  1. Jangan terlalu keras mengorek hidung apalagi menggunakan benda tajam meskipun itu menggunakan kuku. Karena hal ini dapat merusak dinding hidung dan mengeluarkan darah.
  2. Jika anda termasuk orang yang sensitif untuk mengalami mimisan maka berhati-hatilah ketika Anda terkena flu. Karena biasanya saat terkena flu kita akan dengan sengaja mengeluarkan ingus dari dalam hidung jika memang itu harus maka lakukanlah dengan perlahan sehingga tidak merusak dinding itu.
  3. Jaga tekanan darah anda karena tekanan darah yang tinggi akan berpotensi lebih tinggi mengalami mimisan.

Darurat mimisan

Beberapa kondisi dapat dikatakan darurat dan penderita harus segera di bawa ke dokter mengalami mimisan dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  1. Mimisan yang tidak kunjung berhenti lebih dari 30 menit dan mimisan dengan volume yang banyak.
  2. Terlalu sering mimisan misalkan seminggu dua sampai tiga kali, detak jantung tidak beraturan, hingga sulit Bernafas saat mimisan.
  3. Kulit berubah pucat dan pendarahan di bagian tubuh yang lain.

Segeralah hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika tanda-tanda di atas terdapat pada anda atau korban mimisan.

Berusaha tetap tenang dan tetap terjaga adalah usaha awal dalam kasus ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan kita selalu terlindungi.

Reply