11 tips Kuliah sambil kerja yang akan mengantar kamu lulus

Berapa usia kamu saat ini? 19

dan tidak memutuskan untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SLTA?

pikir-pikir deh, sebab Seandainya pun sekarang kamu telah mendapatkan pekerjaan belum tentu itu akan bertahan sampai beberapa tahun mendatang.

Kita itu berada dalam waktu yang berjalan jika kita tetap diam maka kita akan tertarik ke belakang begitulah peribahasanya.

Kurang lebih jika saat ini kamu masih bisa mendapatkan pekerjaan dengan bekal ijazah SLTA Namun beda halnya setelah 5 atau 10 tahun mendatang mungkin Ijazah kamu sudah tidak berlaku lagi. Bahkan untuk saat ini saja ijazah D3 itu sudah mulai setara dengan SLTA, maksudnya pekerjaan yang didapatkan oleh jenjang D3 saat ini adalah pekerjaan yang bisa disentuh oleh tamatan SLTA… tahu kan artinya.

Artinya Ada kemungkinan lowongan pekerjaan yang saat ini dikejar oleh tamatan SLTA beberapa tahun mendatang akan ditempati oleh tamatan D3. Lalu kamu yang hanya memiliki ijazah SLTA akan menempati pekerjaan yang mana.

KULIAH SAMBIL KERJA

Kuliah sambil bekerja

Kuliah itu memang butuh biaya dan beruntunglah bagi mereka yang memiliki orang tua dan mampu untuk membiayai kuliah. Dan jelas mereka tidak akan membaca artikel ini.

Artikel ini hanya akan dibaca oleh kamu yang memang menginginkan kuliah namun tetap bekerja karena saya tahu pekerjaan kamu adalah untuk hidupmu Saat ini Dan Kamu membutuhkan kuliah untuk hidupmu mendatang kurang lebih seperti itu.

Kuliah sambil bekerja adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu yang sudah dalam kondisi di atas, kamu tetap bisa menghasilkan uang dan membagikannya ke ibu dan ayah yang mungkin menanti di rumah. Menanti bantuan dari sang anak.

Saat ini sangat banyak perguruan perguruan tinggi swasta yang menyediakan perkuliahan untuk karyawan biasa disebut sebagai perkuliahan karyawan.

Jakarta Bekasi, Cikarang, Karawang dan berbagai tempat yang lain bahkan pemerintah pun telah menyediakan Universitas Terbuka khusus untuk kamu yang ingin dapat kuliah namun tetap bekerja.

baca juga  Membuat blog keren, dengan cinta bertaburan

Kamu bisa mencari berbagai macam perguruan tinggi swasta yang menyediakan kelas ekstensi tersebut, gunakanlah keyword p2k atau perkuliahan karyawan pada kolom search engine Google. Kamu juga bisa gunakan kata UT (universitas terbuka).

Sistem waktu dan penyelenggaraan

Jika kamu yang memilih perkuliahan karyawan maka ketentuan waktunya adalah senin sampai sabtu dan tidak diperbolehkan pada hari Minggu waktunya bisa sore pagi atau mungkin Sabtu full day tergantung kebijakan dari setiap perguruan tinggi.

Selebihnya penyelenggaraan dan lain-lain sama seperti perkuliahan waktu reguler. Tidak ada pengecualian baik itu apa yang diajarkan dan tugas.

Tips kuliah sambil kerja

Tips untuk kuliah sambil bekerja berjalan lancar secara garis besar sama, kamu harus benar-benar menentukan jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang kamu sukai atau kamu bisa membaca artikel saya mengenai petunjuk memilih jurusan sesuai Bakat.

Karena tidak dipungkiri dengan porsi yang sama seperti kuliah reguler, perkuliahan karyawan yang memiliki perbedaan waktu penyelenggaraan akan sangat menyita energi setiap mahasiswa. Untuk itu tidak jarang banyak yang terhenti di semester 2  bahkan di semester pertama karena sangking tidak kuat terhadap tekanan yang dialami.

Beberapa tips kuliah sambil bekerja secara detail saya jelaskan dalam list dibawah ini;

  1. Perhatikan jurusan yang akan kamu ambil, pastikan sesuai bakat. proyeksikan juga kesempatan kerja dan peluang usaha di masa datang.
  2. Tentukan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi minimal “B”.
  3. Teliti biaya yang dibutuhkan dan sistem pembayaran. Lebih baik yang bisa di cicil.
  4. cari juga perguruan tinggi yang memiliki fasilitas ruangan yang baik. Serta memiliki reputasi yang baik pula.
  5. Konsentrasi akan terbelah, pertama ke pekerjaan dan kuliah maka kamu harus siap-siap terima resiko.
  6. Akan banyak kondisi dimana kamu harus memiliki antara kuliah atau pekerjaan. Jadi siap-siap.
  7. Jangan biarkan ada nilai jelek misal C atau D. Segera ambil pada semester berikutnya untuk mata kuliah yang jelek tersebut. Karena nanti kamu akan keteter jika di biarkan tetap jelek.
  8. Manfaatkan semester pendek dari awal jika sudah di ijinkan pihak kampus.
  9. Konsentrasi selesaikan kuliah tepat waktu, jangan seperti yang nulis ini heeee
  10. Cari infromasi mengenai KP dan TA sedini mungkin.
  11. Jika kamu tidak bisa hadir kuliah, usahakan ijin ke dosen atau jika memang bokeh titip absen.
baca juga  Review Film The secret life of pets indonesia: lucu, heroik, dan love

Kesimpulan

Secara keseluruhan kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang buruk bahkan itu sangat menguntungkan untuk kita. Karena jika dibandingkan dengan kuliah reguler, Jika kamu orang yang sudah terbiasa bekerja akan banyak sekali waktu yang terbuang seolah sia-sia.

Bayangkan saja, jika kuliah reguler di pagi hari kamu ada jam kuliah kemudian 2 atau 3 jam kosong baru mulai lagi  setelah tengah hari ada banyak sekali waktu yang terbuang yang tentu saja jika kamu seorang pekerja itu akan bernilai ekonomis. Time is money.

Sedangkan jika kamu kuliah sambil bekerja di saat pagi hari bekerja lalu sorenya kamu kuliah, itu seakan tidak ada waktu yang terbuang. Jadi setiap waktu memiliki makna.

Meskipun keuntungan kuliah reguler kamu akan lebih fokus terhadap materi-materi pelajaran yang diajarkan para dosen atau bahkan kamu bisa bereksperimen di waktu-waktu kosong tersebut. Semua tergantung orangnya namun kebanyakan orang itu adalah malas, jadi jika kamu tidak yakin akan bisa memanfaatkan waktu kosong saat kuliah reguler maka pilihan kuliah sambil bekerja adalah pilihan yang tepat untuk saat ini.

Untuk itu persiapkan diri kamu mulai dari materi, fisik dan mental untuk memasuki dunia perkuliahan sembari bekerja semoga bermanfaat dan tetap semangat. Terima kasih

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply