Bagi anda yang merokok pasti memiliki sejuta alasan untuk tetap merokok. Sedangkan bagi anda yang tidak merokok, pasti memiliki jutaan alas an pula untuk tidak merokok bahkan mengutuk para perokok. Rokok merupakan sebuah barang yang tergolong pada barang konsumsi namun sejatinya memiliki dampak yang buruk bagi tubuh.

Di Indonesia sendiri yang namanya rokok ini telah menjadi budaya, bahkan Indonesia menjadi Negara terbesar pengonsumsi rokok di dunia, yaitu sekitar 66 juta jiwa perokok aktif, yang diikuti oleh Negara China dan India. Rokok di Indonesia sudah menjadi suatu kebudayaan dan di cap sebagai tradisi.

Inilah yang membuat Indonesia sebagai Negara terbesar pengonsumsi rokok di dunia. Perokok di Indonesia sudah menjamur baik dari kalangan tua muda, bahkan anak-anak dan juga tidak mengenal jenis kelamin. Rokok memiliki bahan baku utama yaitu tembakau.

ecigarettes

Di Indonesia sendiri rokok mulai terkenal dengan sebutan kretek di abad ke 19. Pada abad ini masyarakat Kota Kudus pada khususnya menghisap campuran tembakau dengan cengkeh.

Ketika dihisap rokok ini menimbulkan bunyi “kretek” semenjak itulah rokok jenis ini disebut dengan rokok kretek. Pembuatannya pun dengan cara dilinting secara manual, kala itu menggunakan klobot atau daun jagung kering.

Jenis rokok kretek ini kala itu juga belum dipabrikasi secara professional. Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya rokok sudah mulai dipabrikasi karena konsumennya bertambah. Semakin modern rokok mulai dikembangkan dengan berbagai jenis dan macamnya serta mulai dikerjakan dengan mesin.

Saat ini banyak sekali jenis rokok yang sudah beredar di pasaran. Dari pembungkusnya saja ada jenis klobot atau dari daun jagung, sigaret dari kertas, kawung dari daun aren dan cerutu dari daun tembakau. Kemudian ada yang ber filter atau tidak ber filter.

Kandungan tar dan nikotinnya pun bermacam-macam jenisnya. Konsumsi rokok di Indonesia sudah tinggi sekali. Walaupun berbahaya dan sudah banyak yang menjadi korban keganasan rokok ini, masih banyak yang tetap setia mengonsumsinya.

Akhir-akhir ini juga telah ditemukan rokok elektrik yang diklaim dapat menggantikan rokok namun dengan kandungan yang tidak berbahaya.

Bahkan rokok elektrik ini menjadi suatu gaya hidup di kalangan pemuda. Seperti apa fenomenanya, apakah berbeda atau tidak mari kita ikuti ulasannya.

Kandungan Rokok Biasa dan Elektrik

Rokok biasa memilki banyak sekali kandungan didalamnya agar dapat menciptakan suatu rokok yang memiliki rasa mantab dan enak. Namun tidak jarang kandungannya adalah zat-zat kimia beracun dan tidak layak konsumsi. Pada sebatang rokok biasa, terkandung nikotin yang dapat merelaksasi pemakainya, tar yang cenderung dapat menyebabkan kanker, sianida dalam jumlah sedikit yang merupakan racun berbahaya bagi manusia, benzene yang mudah terbakar, cadmium sejenis logam radioaktif yang beracun, methanol atau sejenis alcohol, asetil, ammonia yaitu sejenis bahan kimia beracun, formaldehida yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, karbon monoksida yang banyak ditemui pada asap kendaraan bermotor, dan arsenic yang merupakan racun tikus.

Betapa banyak sekali racun dan bahan kimia yang terkandung pada sebatang rokok. Cukup mengerikan sekali mengingat sebagian besar merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Sebenarnya hal ini sudah disadari oleh perokok, namun tetap saja mereka merokok seolah tidak ada keburukannya. Kemudian mulailah diciptakan apa yang disebut dengan rokok elektronik.

Rokok elektronik didesain sama sekali tidak menggunakan tembakau. Rokok elektronik ini tidak mengeluarkan asap namun mengeluarkan uap air.

Rokok elektrik terdiri dari baterai untuk menghidupkan pemanas. Yang dipanaskan diantaranya adalah tar, nikotin, propelin glikol, gliserol dan zat perasa.

Zat-zat ini tadi dipanaskan sehingga dapat dihisap dan menghasilkan uap air. Bahan perasanya juga dapat diganti-ganti, ada rasa mint, buah-buahan, coklat dan banyak lagi lainnya.

Apakah rokok ini aman?

Awalnya rokok elektrik memang dikembangkan bagi pengganti rokok dan diharapkan lebih aman. Namun anda lihat sendiri bahwa kandungan dari rokok elektrik hampir sama dengan rokok biasa.

Apakah Merokok Elektrik Berbahaya

Jawabannya adalah sama berbahayanya dengan rokok biasa. Hal ini disebabkan karena kandungannya hampir sama dengan rokok biasa.

Belum lagi ternyata asap yang dihasilkan walaupun baunya harum tetap memiliki efek yang membahayakan bagi orang-orang disekitarnya.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), menyatakan bahwa zat-zat yang ada pada pelarutnya seperti nikotin, gliserin, dieter glikol, propelin glikol, sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu ternyata rokok elektrik ini masih illegal di Indonesia, karena belum ada izin khusus diperbolehkannya jenis rokok elektrik ini.

sedangkan menurut World Health Organization atau WHO, ,meyatakan bahwa tidak merekomondasikan rokok elektrik ini dikonsumsi. Mereka menyatakan bahwa uap yang dikeluarkan lebih berbahaya daripada asap rokok biasa. Demikianlah ternyata rokok elektrik tetap berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebaiknya hindarilah merokok dan jauhilah pergaulan yang tidak baik.

Categories: Kesehatan

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

2 Orang Ini Bercerita Pengalaman Pribadi Berhasil Berhenti Merokok · September 25, 2016 at 10:22 am

[…] Memang rokok sudah berakar kuat di Indonesia ini. yang menjadi penentu adalah individu masing-masing. Apakah akan merokok atau tidak. Dan yang paling mengesankan adalah, apakah anda berniat berhenti merokok atau tidak. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Kesehatan

2 Orang Ini Bercerita Pengalaman Pribadi Berhasil Berhenti Merokok

Merokok memang telah menjadi sesuatu yang sudah lazim di Indonesia ini. Banyak sekali perokok di Indonesia sehingga Indonesia dinobatkan sebagai Negara nomor satu sebagai Negara perokok dengan jumlah terbesar di dunia. Tentunya hal ini sangat Read more…

Kesehatan

Pertolongan pertama saat mimisan, tepat dan benar darah berhenti

Penyebab mimisan sangat beraneka ragam diantaranya adalah sebagai berikut: Bawaan lahir membran mukosa hidung yang terlalu tipis sehingga sangat rentan sobek dan mengeluarkan darah. Biasanya penderita hanya cukup sakit panas atau meriang dan darah akan Read more…

Kesehatan

3 Hal ini Pasti Akan Membuat Anda Gagal Berhenti Merokok Maka Hindari!!!

Bagi seorang perokok berat, berhenti untuk merokok adalah sesuatu yang bisa menjadi hal yang luar biasa sulit. Bagi perokok berat, merokok sudah menjadi  bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu bila seseorang yang setiap Read more…

%d bloggers like this: