2 Orang Ini Bercerita Pengalaman Pribadi Berhasil Berhenti Merokok

Merokok memang telah menjadi sesuatu yang sudah lazim di Indonesia ini. Banyak sekali perokok di Indonesia sehingga Indonesia dinobatkan sebagai Negara nomor satu sebagai Negara perokok dengan jumlah terbesar di dunia. Tentunya hal ini sangat tidak membanggakan.

Merokok akan menurunkan tingkat kesehatan suatu masyarakat. Baik perokok maupun orang yang menghirup asap rokoknya akan beresiko tinggi terkena beragam penyakit. Mulai dari kanker, paru-paru, sesak napas,dan jantung. Sangat menakutkan memang efeknya bagi kesehatan.

Terlebih rokok di Indonesia sudah menjadi semacam warisan turun temurun bahkan kebudayaan. Sebut saja kudus, yang dikenal sebagai kota kretek itu merupakan salah satu warisan budaya rokok kretek.

Memang rokok sudah berakar kuat di Indonesia ini. yang menjadi penentu adalah individu masing-masing. Apakah akan merokok atau tidak. Dan yang paling mengesankan adalah, apakah anda berniat berhenti merokok atau tidak.

Niat berhenti merokok ini apabila tidak secara kuat dan sungguh-sungguh dilaksanakan maka akan percuma saja. Telah banyak orang yang mencoba berhenti merokok namun gagal dan kembali merokok. Tidak mudah memang tapi memerlukan niat kuat.

gagal berhenti merokok

Sebuah penelitian di Amerika pun menyebutkan bahwa perokok yang berhasil menghilangkan kebiasaan merokoknya mamiliki daya kemampuan yang “special” karena berhasil menghindarkan diri dari bahan kimia yang menyebabkan efek ketergantungan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali pengalaman sesorang yang berusaha lepas dari ketergantungan rokok. Pada ulasan berikut kita akan ulas mengenai pengalaman nyata orang yang berhasil berhenti merokok di Indonesia. Mari kita simak dan jadikan bahan untuk berbenah kedepannya.

Mencoba Berhenti Merokok 3 Kali dan Niat yang Kuat

Adalah seseorang Bernama Srabah Yudi MN yang menuangkan kisahnya berhenti merokok pada halaman kompasiana pada tahun 2015.

Dia mengungkapkan bahwa dia adalah seorang penulis yang selalu membutuhkan insiprasi dan penghilang stress. Srabah adalah seorang perokok aktif yang sudah cukup lama merokok. Dia mengakui bahwa fase awal merokoknya adalah coba-coba saja. Kemudian kecanduan dan sulit untuk melepaskannya.

baca juga  Pertolongan pertama saat mimisan, tepat dan benar darah berhenti

Srabah dapat dikatakan “terjebak” dalam pergaulan perokokok aktif. Dimana merokok dianggap sebagai kegiatan laki-laki yang keren dan dibutuhkan dalam pergaulan. Baik ketika sedang serius maupun sedang santai.

Pada percobaan pertamanya berhenti merokok, yaitu pada tahun 2008, tidak lebih dari sebulan berhenti ia kembali merokok karena tidak tahan dengan godaannya. Namun setelah itu semakin lama ia merasakan bahwa merokok membuatnya tidak nyaman, seperti bau dan asapnya.

Namun ia menyatakan bahwa ia susah sekali lepas dari rokok karena setiap menulis dia mendapatkan inspirasinya dari merokok. Terutama ketika sedang buntu tidak ada ide.

Kemudian ia melanjutkan aktifitas merokoknya seperti biasa hingga pada tahun 2013 ia mulai mencoba lagi berhenti merokok.

Kini lebih ekstrim. Ia sama sekali tidak merokok dan menanamkan motivasi ucapkan tidak pada rokok di benaknya dalam-dalam. Awalnya ia mendapat ejekan dari teman-temannya sesama perokok.

Namun banyak sekali pendukungnya terutama kaum wanita yang semakin membuatnya bersemangat. Kemudian ia mencoba kegiatan positif lainnya seperti bangun pagi kemudian jogging.

Hal ini diakui sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh terasa ringan dan bugar. Selain itu berat badan juga naik dengan sehat. Akibat kebiasaan, ia harus menulis dengan sebatang rokok untuk memunculkan inspirasi, akhirnya ia mulai menghisap setengah batang rokok untuk mengurangi kegelisahan.

Ternyata ini malah membuat ia kecanduan rokok lagi, bahkan lebih parah dari sebelumnya. sehari dapat menghabiskan hingga 2 bungkus. Kemudian konsumsi kopi 2 sampai 5 gelas setiap harinya yang membuat ia mangalami penurunan berat badan kembali.

Kemudian pada tahun 2015 lalu ia mulai mencoba lepas dari belenggu rokok ini. Caranya tidak se ekstrim pada tahun 2013. Ia meninggalkan dan mengurangi jumlah kopi dan rokok perlahan dan bertahap, hingga tidak merokok sama sekali hingga saat ini.

baca juga  5 Alasan Anda Harus Berhenti Merokok Sebelum Menikah

Pesan dari pria ini adalah, anda tidak perlu pergi ke dokter atau ahli lainnya untuk dapat berhenti merokok. Yang diperlukan hanyalah niat yang kuat dan kemauan yang tidak tergoyahkan. Dengan begitu niscaya anda akan dapat lepas dari belenggu rokok.

Berhenti Merokok Sebelum Membunuhmu

Adalah seorang Mahardika P. Christianto yang mengunggah pengalamannya ke halaman facebook miliknya. Ia adalah putra daerah solo yang telah tujuh tahun merokok.

Ia sempat berhenti pada kelas 3 SMA sebelum mandapatkan universitas impiannya. Setelah ia masuk di universitas impiannya, ITB di Bandung, ia mulai menghisap rokok lagi. Merokoknya sangat kuat karena bisa ber pak-pak habis dalam beberapa hari saja.

Hal ini diakuinya sangat menyakitkan karena setiap pagi ia merasakan dada yang tertekan dan dahak yang mengganggu pernapasan, belum lagi bau badan, gusi dan bibir yang menghitam dan bau yang menyengat.

Pada suatu saat ia menghadiri suatu rapat di himpunannya dan membawa beberapa pak rokok sebagai bekal. Benar saja selama lebih dari 30 jam rapat dia telah menghabiskan puluhan batang rokok.

Kemudian ia sengaja pulang ke kosan dan tidak sengaja berselancar di dunia maya. ia melihat-lihat bahaya merokok. Banyak sekali bahaya yang mengancamnya.

Salah satu yang terngiang adalah, perokok butuh waktu 15 tahun untuk menormalkan kembali tubuhnya. Hal ini menjadi salah satu inspirasinya untuk berhenti merokok.

Di hari-hari berikutnya ia mulai menghentikan kebiasaan merokoknya, sama sekali. Setelah dua minggu ia merasakan sakit perut. Dokter mengatakan adalah asam lambungnya meningkat akibat adaptasi berhentinya dari rokok. Kemudian lama kelamaan ia berhenti total merokok.

Ia juga berpesan bahwa menghentikan kebiasaan merokok memang sulit, namun apabila sudah berhasil menghentikannya akan membawa kebanggan tersendiri.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

Reply