6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA Jika Tidak Bisa Melanjutkan Kuliah

Selepas SMA kebanyakan anak pasti ingin melanjutkan kuliah. Namun sayangnya tidak semua anak bisa melanjutkan kuliah. Masalah biaya biasanya menjadi kendala. Meski demikian, masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA jika tidak bisa melanjutkan kuliah.

Memang rasanya begitu indah saat membayangkan bisa masuk ke Universitas Negeri ternama bahkan ada yang mebayangkan bisa kuliah diluar negeri. Namun jika kondisi memang tidak memungkinkan untuk kuliah bukan berarti kamu harus putus asa dan tidak yakin dengan masa depanmu.

Ada banyak sekali peluang dan kesempatan yang bisa kamu ambil setelah lulus SMA. Berusahalah untuk lebih jeli melihat peluang ini. Dari peluang-peluang yang ada disekitarmu, siapa tau bisa membuka jalan untuk karirmu yang lebih baik lagi.

pfofesi introvert

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA jika tidak bisa melanjutkan kuliah.

Langsung bekerja.

Tidak ada salahnya langsung bekerja setelah lulus SMA. Mungkin kamu akan memulai dari bawah, namun hal ini bisa menjadi pengalaman yang akan membawamu ke jenjang karir yang lebih baik.
Kamu bisa mencari pekerjaan di berbagai bursa kerja. Sekarang untuk mencari pekerjaan juga lebih mudah. Sudah ada sosial media dan internet yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerja.
Selepas lulus SMA coba saja pekerjaan yang ada. Jangan terlalu memilih. Coba jalani dulu kesempatan yang ada di depan mata. Semua butuh proses.

Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lumayan, kamu bisa mencoba merantau ke kota. Menjadi operator produksi di pabrik bisa jadi pilihan. Pabrik-pabrik ini juga kerap membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA.

Ikut kursus.

Jika kuliah dirasa terlalu mahal dan terlalu lama prosesnya, kamu bisa mencoba untuk mengikuti kursus. Saat ini sudah banyak tempat kursus yang dibuka. Misalnya saja kursus design grafis, kursus teknisi komputer, hingga kursus menjadi barista dan masih banyak kursus lainnya. Ikutlah kursus di bidang yang benar-benar kamu minati.

baca juga  5 Kelebihan Orang Introvert dan Tidak Diketahui oleh Banyak Orang

Kursus ini bisa menjadi pilihan karena waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Biasanya untuk kursus hanya butuh sekitar 6 bulan, atau paling lama 1 tahun. Bahkan ada yang lebih singkat lagi.
Dengan kursus kamu bisa mendapatkan skil yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan. Saat ini perusahaan juga sudah mulai melek bahwa jenjang pendidikan tidak menjadi jaminan. Selama SDM punya skill yang mumpuni, pasti akan dipertimbangkan untuk direkrut. Jadi dengan mengikuti kursus kamu bisa membangun skill secara fokus.

Menjadi TKI
Menjadi TKI juga bisa menjadi pilihan jika kamu tidak bisa kuliah. Jangan malu menjadi TKI. Menjadi bisa membuka kesempatan yang cukup besar untukmu. Kamu bisa bekerja diluar negeri, belajar budaya baru dan gaji menjadi TKI juga cukup besar.

Terlebih kamu baru saja lulus SMA, tentu saja akan lebih mudah untuk menyerap ilmu baru sebagai TKI.
Namun kamu juga harus memperhatikan negara yang kamu pilih. Pilih negara-negara yang pamornya baik seperti Singapura, Hongkong, Jepang, Taiwan, atau Korea.
Selain itu jika ingin menjadi TKI, masuklah lewat jalur yang resmi atau legal. Hal ini untuk keamananmu sendiri.

Bisnis Online.
Dengan semakin berkembangnya dunia internet, membuka bisnis online adalah kesempatan yang bisa kamu lirik. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk berjualan.

Jika kamu tidak memiliki produk sendiri, jangan khawatir, saat ini sudah ada sistem reseller atau dropship. Reseller atau dropship ini memungkinkan kamu untuk berjualan produk milik orang lain. Dengan sistem ini kamu tidak perlu keluar modal yang banyak, namun tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Terlebih jika kamu berani untuk sedikit mengeluarkan modal, bisnis online bisa sangat menjanjikan.

Bahkan tak sedikit orang-orang yang sangat sukses dengan bisnis online yang mereka jalani. Bisnis online yang dikerjakan dengan baik bahkan bisa menjadi sumber penghasilan utama.

baca juga  Ketahui apa saja jenis akun PayPal

Pekerja freelance.

Saat ini bekerja secara freelance sedang menjadi trend. Kamu bisa menjadi penulis konten freelance, designer grafis freelance, designer web freelance, dll. Apa salahnya mencoba. Dengan menjadi pekerja freelance tidak hanya penghasilan yang bisa didapatkan, jaringan juga bisa semakin luas karena kamu bekerja tidak terikat oleh satu orang.

Dengan bekerja secara freelance, kamu bisa bekerja dirumah dan tidak harus ngantor. Jam kerja dari pekerjaan freelance biasanya juga tidak terlalu mengikat. Namun untuk bisa mendapatkan pekerjaan freelance ini, biasanya kamu harus memiliki skill khusus.

Saat ini sudah ada portal-portal penyedia job-job freelance. Kamu bisa mendaftar menjadi member dari portal-portal tersebut. Ada banyak kesempatan yang tersedia disitu.

Membuka usaha sendiri.

Jika kamu mempunyai cukup modal dan memiliki jiwa bisnis yang tinggi, kenapa tidak membuka usaha sendiri. Membuka usaha sendiri jika dikelola dengan baik bisa sangat menjanjikan untuk masa depan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kamu telah menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Tidak perlu usaha yang muluk-muluk, membuka angkringan, warung tenda pinggir jalan, atau jajanan pinggir jalan bisa sangat menguntungkan. Apalagi jika kamu bisa berinovasi lebih, usaha yang kamu rintis bisa jadi aset yang lumayan.

Sebenarnya ada banyak peluang yang ada disekitar kita. Tinggal bagaimana kita melihat peluang itu dan bisa mengambil kesempatan yang ada.
Kuliah memang sangat dibutuhkan. Dengan kuliah, tidak hanya pengetahuan yang akan ditambah. Skill dan pola pikir juga akan menjadi lebih baik. Namun jika belum bisa kuliah, masih ada banyak kesempatan didepan sana.

Demikian sedikit ulasan tentang beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA jika tidak bisa melanjutkan kuliah.

No Responses

Reply