5 Tips Mencari Loker Untuk Lulusan SMA Tanpa Perlu Membayar Sejumlah Uang

Mencari pekerjaan memang perkara yang tidak mudah. Belum lagi jika harus menghadapi lowongan yang abal-abal dan memaksa untuk membayar sejumlah uang. Tentu itu masalah yang cukup pelik. Terlebih untuk seseorang yang hanya lulusan SMA.

Ada beberapa tips mencari loker untuk lulusan SMA tanpa perlu membayar sejumlah uang. Tips-tips ini diperuntukan bagi para lulusan SMA yang kerap ditipu oleh penyedia lowongan kerja yang menjanjikan janji-janji manis dan meminta sejumlah uang di muka.

Jika kamu mendapati lowongan kerja yang meminta sejumlah uang, kamu malah perlu curiga. Selain itu masih ada banyak perusahaan atau tempat kerja yang tidak meminta uang dari pelamar pekerjaannya.

Selain masalah loker perusahaan yang abal-abal, kasus semacam ini biasanya juga terjadi jika seseorang mendaftar melalui calo. Calo pasti akan meminta sejumlah uang dari pelamar pekerjaan dan akan menjanjikan pekerjaan yang diidamkan.

tips mencari kerja untuk sma

Berikut beberapa tips mencari loker untuk lulusan SMA tanpa perlru membayar sejumlah uang yang bisa menjadi panduanmu untuk mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan di BKK.

Ditiap-tiap daerah pasti memiliki BKK atau Bursa Kerja Khusus. BKK biasanya bekerjasama dengan SMK untuk menyelenggarakan tes masuk secara massal. Jika akan diadakan tes tenaga kerja, pengurus BKK pasti akan memajang pengumuman berisi persyaratan, dan juga kriteria-kriteria lainnya. Kamu bisa mencari BKK yang ada didaerahmu dan sering-sering melihat papan pengumumannya.

Lowongan kerja di BKK bisa lebih dipercaya karena bekerjasama dengan sekolah. Selain itu BKK juga berjalan resmi dibawah regulasi pemerintah. Jadi setiap lowongan yang masuk di BKK sudah terjamin aman dan tidak akan menipu.

Dengan mendaftar pekerjaan melalui BKK, kamu tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang besar.

Mendaftar kerja di tempat yang ada orang dalamnya.

Jika kamu mendaftar kerja di perusahaan atau tempat dimana kamu kenal salah satu karyawannya, kamu akan lebih mudah untuk masuk. Selain itu kamu pasti bisa lebih yakin jika ada orang yang kamu kenal juga bekerja ditempat tersebut.

baca juga  Hal benar yang dilakukan setelah install kali linux

Kemungkinannya sangat kecil untuk kamu ditipu dan diminta untuk mengeluarkan sejumlah uang.

Mencari pekerjaan secara online.

Saat ini ada banyak akun sosial media yang selalu share tentang lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan yang di share biasanya memiliki informasi yang sangatlah jelas, termasuk contact person yang bisa dihubungi.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi lowongan kerja di akun-akun media sosial ini secara cuma-cuma. Kamu juga bisa memilih lowongan yang cocok dengan dirimu. Jika waktu kamu mendaftar disalah satu lowongan ada indikasi meminta sejumlah uang, kamu bisa membatalkannya dan memilih lowongan lain yang tersedia.

Selain melalui akun media sosial, saat ini juga ada banyak lowongan-lowongan freelance terpercaya yang disediakan oleh sejumlah portal yang khusus membuka job-job bagi freelancer.

Kamu yang lulusan SMA bisa memanfaatkan hal ini. Job-job freelance ini bisanya tidak menuntut jenjang pendidikan yang telah dilalui. Yang penting orang itu memiliki skill.

Dari beberapa job freelance tersebut ada yang menyediakan pekerjaan jangka panjang. Ini bisa kamu manfaatkan. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk menjadi member dari portal ini.

Manfaatkan relasi.

Jika kamu memiliki komunitas, kamu bisa mencari informasi lowongan pekerjaan dari sesama anggota komunitas. Dari komunitas  ini kamu bisa mendapatkan informasi terpercaya dan dari banyak sudut pandang.

Jadi ada baiknya untuk kamu yang baru lulus SMA untuk ikut masuk di komunitas tertentu yang bisa memberi manfaat. Anggota komunitas yang tersebar akan membuat jaringan yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Jaringan yang lebih luas ini juga akan bermanfaat saat kamu sudah masuk didunia kerja.

Kamu juga bisa meminta rekomendasi dari kakak angkatan yang cukup dekat denganmu. Kakak angkatan yang sudah bekerja pasti akan memberikan wawasan yang sangat bermanfaat untuk kamu mencari pekerjaan. Dia pasti juga akan memberikan rekomendasi pekerjaan yang tidak perlu membayar sejumlah uang.

baca juga  3 Hal ini Pasti Akan Membuat Anda Gagal Berhenti Merokok Maka Hindari!!!

Relasi keluarga juga bisa diandalkan. Jika ada anggota keluarga yang sudah bekerja kamu bisa menghubunginya dan meminta bantuan untuk mencarikan informasi lowongan kerja yang terpercaya.

Datangi perusahaannya langsung.

Para lulusan SMA yang mendaftar pekerjaan dan harus membayar sejumlah uang biasanya karena dia melalui calo. Untuk menghindari menggunkan calo, ada baiknya kamu langsung mendatangi sendiri perusahaan yang membuka lowongan tersebut.

Bertatap muka dengan HRD perusahaan yang membuka lowongan kerja tentu lebih terpercaya daripada harus melalui calo. Selain itu jika perusahaan itu benar-benar bisa dipercaya, perusahaan tersebut pasti tidak akan meminta sejumlah uang untuk orang yang melamar pekerjaan.

Selain itu dengan mendatangi langsung perusahaan yang membuka lowongan kamu bisa jadi lebih yakin. Jika cocok kamu akan ambil, jika tidak kamu tidak akan lanjutkan.

Saat mencari lowongan pekerjaan, jangan terlalu terbuai iming-iming langsung diterima dengan membayar sejumlah uang. Kamu mencari pekerjaan untuk mencari uang, bukan malah mengeluarkan uang.

Lebih baik kamu mencari lowongan pekerjaan yang aman dan terpercaya. Perusahaan yang terpercaya yang butuh pegawai pasti akan membuka diri untuk setiap pelamar pekerjaan dan tidak akan meminta sejumlah uang.

Saat mendaftar pekerjaan hindari juga melalui calo atau melalui yayasan. Calo atau yayasan penyedia lapangan kerja pasti akan menuntut sejumlah uang sebagai imbalan jasa mereka.

Daripada untuk memberi uang pada mereka lebih baik kamu mencari sendiri lowongan yang menurut kamu paling pas. Ada banyak sarana yang bisa kamu manfaatkan.

Itu dia beberapa tips mencari loker untuk lulusan SMA tanpa perlu membayar sejumlah uang.

Jangan lupa follow twitter kami dan juga like fanpage untuk berdiskusi lebih dekat
1. Fan Page Facebook
2. follow Twitter

No Responses

Reply