Lulusan SMA memang terkadang memiliki hambatan tersendiri untuk melamar pekerjaan. Hal ini biasanya dikarenakan banyak lulusan SMA yang menginginkan pekerjaan yang sesuai passionnya namun ternyata syarat untuk melamar pekerjaan tersebut haruslah berasal dari D3 ataupun S1.

Namun sudah pernah dengar kan orang yang tidak memiliki ijazah di jenjang SMA sekalipun bisa mencapai suksesnya ? Sudah pernah dengar juga tentang pegawai yang dulunya hanya menjadi OB sebuah bank, dan sekarang malah menjadi direkturnya ? Sudah pernah baca juga pastinya tentang Ibu Puji A. yang sekarang menjabat sebagai menteri kelautan yang bahkan tidak menempuh bangku kuliah.

Yah, hal ini memang banyak terjadi, yang menyebabkan banyak sekali pengangguran yang mau bekerja terasa malas karena memang tidak ada pekerjaan yang klop, mau kuliah namun sudah tidak memiliki semangat. Namun jangan khawatir, karena kamu yang lulusan SMA bisa juga kok menjadi orang yang sukses dengan berbagai tips berikut yang bisa dicoba.

sukses dengan jurusan kuliah

Mencoba menjadi Freelancer

Banyak sekali pilihan yang bisa dicoba selepas menempuh penddikan SMA, dari bekerja parttime, full time, belajar di bangku kuliah, mengikuti pendidikan les, ataupun memulai bsinis sendiri. Nah diantara pilihan tersebut, untuk mencapai sukses, biasanya akan membutuhkan modal tersendiri, baik itu menempuh pendidikan kembali, ataupun untuk membuka bisnis baru.

Bagi kamu yang tidak ingin melanjutkan pendidikannya, bisa mencoba untuk menjual diri dan bekerja sebagai seorang freelance. Menjadi seorang freelance sendiri mempunyai keuntungan tersendiri, dimana kamu hanya membutuhkan keahlian untuk melakukan pekerjaan yang diminta. Tentunya kamu tidak terlalu memusingkan tentang harus memiliki ijazah dengan  syarat yang tinggi.

Banyak sekali lowongan freelance saat ini yang bisa kamu coba sesuai dengan passion kamu, dari menjadi admin, bertugas menginput data, membuat poster, membuat artikel, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelance sendiri tidak terlalu sulit, kamu bisa mengaksesnya di banyak situs di internet, ataupun mencari lowongan freelance dari kampus kampus atau perusahaan yang sering kamu lewati.

Kamu bisa memulai langkah awal kamu dengan menjadi freelance ternama, jangan salah, di awal memang gaji kamu mungkin hanya standar saja, namun jika kamu mendapatkan orderan yang besar, gajimu bisa berkali kali lipat dari gaji seorang sarjana loh !

Mencari Pekerjaan dengan ijazah SMA

Banyak sekali sekarang ini lowongan pekerjaan yang persyaratannya bisa diakses dengan hanya ijazah SMA saja. Contoh pekerjaannya yaitu supir, admin kantor, receptionist, kurir, staff, waitress. Pekerjaan pekerjaan ini tentunya tidak akan membawa anda kepada kesuksesan, melainkan hanya menjadi batu lompatan dan pengalaman kerja kamu. Semua orang sukses pastinya pernah berasal dari bawah, tidak terkecuali dengan kamu.

Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dari pekerjaan pekerjaan ini, dan nantinya kamu bisa menaikkan karir kamu secara perlahan lahan untuk mendapat sukses. Ada lagi pekerjaan yang banyak orang bisa dapatkan dengan ijazah SMA sekalipun, yaitu marketing. Jangan salah, tidak hanya ijazah SMA yang mendaftar sebagai marketing, namun ijazah sarjana pun banyak yang mendaftar menjadi marketing.

Menjadi marketing memang mempunyai tantangan tersendiri. Kamu ditargetkan sekian sekian dalam tempo satu bulan. Tekanan ? sudah pasti ada. Namun jangan salah, gaji yang kamu dapat sangatlah besar, belum lagi dengan bonus yang bisa didapatkan jika tembus target yang diberikan perusahaan. Dan jika kamu sangat baik berkarir sebagai marketing, untuk menaikkan jabatan bukanlah hal yang sulit di perusahaan tersebut.

Memanfaatkan Aset yang dimiliki

Jika kamu menyadari, banyak sekali aset yang bisa kamu gunakan untuk menambah pundi pundi rupiah kamu. Jika kamu memiliki sepeda motor atau mobil, kamu bisa melakukan bisnis rental kecil kecilan, atau juga bisa menjadi supir ojek yang sekarang ini sedang tren, atau menjadi tempat penyewaan mobil sekaligus menjadi drivernya.

Bisa juga bagi kamu yang memiliki kamera, untuk direntalkan, karena memang sedang banyak sekarang ini muda mudi yang sangat hobi untuk foto foto. Kamu bisa meraih keuntungan dari sini, bahkan sebuah kamar kosong juga bisa untuk menghasilkan uang loh, bisa kamu jadikan satu kamar kos. Jadi intinya jangan malu untuk memanfaatkan aset yang dimiliki, siapa tahu kamu malah bisa menjadi juragan ojek, atau mobil dari bisnis pemanfaatan ini.

Memulai bisnis kecil kecilan

Ada yang bilang pekerjaan yang terhormat adalah pekerjaan yang mempekerjakan orang lain. Nah dari sini anda tidak membutuhkan segala macam ijazah, yang dibutuhkan adalah nekat dan ide brilian untuk mulai membuat bisnis kecil kecilan. Bagi kamu sendiri yang belum memiliki modal terlalu banyak, bisa menggunakan media online sebagai media berjualan. Kamu bisa menjadi reseller dari sini, yang mana tidak akan membutuhkan modal besar.

Sebagai catatan juga, walau kamu tidak membutuhkan modal besar dan banyak dalam menjalankan usaha, toko online milikmu bisa saja akan hancur dalam sekejab jika bermain langsung dengan penguasa pasar atau bisnis yang sudah besar. Oleh karena itu lebih baik perlahan lahan untuk membangung bisnis.  Banyak kok yang ijazahnya tidak sampai bangku kuliah namun meraih kesuksesan dengan membangun bisnis.

Memulai menambah aset

Aset bukan hanya rumah atau tanah dan emas yang bisa dilihat, namun yang terpenting dari itu semua adalah pengalaman. Pengalaman bisa membuatmu menjadi seseorang yang amat disegani, dan dengan mudah mendapat pekerjaan sesuai dengan pengalaman yang telah kamu dapatkan.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

Yang Perlu Dipersiapkan Lulusan SMA Jika Ingin Terjun Ke Dunia Kerja · December 26, 2016 at 10:31 pm

[…] lulus SMA merupakan masa masa transisi yang bisa dibilang akan menentukan nasib ke depannya. Banyak pilihan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Review film

Review spider-man homecomming, sedikit membingungkan untuk sebuah perkenalan

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

Review film

Review film The Mummy (2017) menyeramkan layaknya film horor

Disclaimer:  review ini adalah pendapat pribadi dari penulis yang bisa saja berbeda selera dengan anda. Sikapi dengan bijak jika tidak sependapat. Penulis yang mereview adalah konsumen dan bukan peneliti yang ahli. Jadi apa yang tertulis Read more…

%d bloggers like this: