Selepas lulus SMA merupakan masa masa transisi yang bisa dibilang akan menentukan nasib ke depannya. Banyak pilihan yang bisa dipilih selepas SMA, dari mulai melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah), mencari pekerjaan, atau malah menikah. Tentunya hal seperti ini sering membuat bingung banyak lulusan SMA.

Tentunya tidak akan salah untuk lulusan SMA memilih pilihan lain selain kuliah. Persepsi orang yang menuntut kerja harus selepas dari bangku kuliah merupakan hal yang keliru, karena lulusan SMA pun bisa mendapatkan kerja dan malah sebisa mungkin untuk mendapatkan sukses jika dibandingkan dengan sarjana.

Memang sarjana sendiri akan terbuka lebih luas tentang lowongan pekerjaan yang bisa dimiliki, hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang meminta S1 sebagai persyaratan untuk mendaftar di tempat perusahaannya. Tidak salah memang, karena perusahaan menginginkan sesuatu yang lebih untuk karyawannya. Namun untuk lulusan SMA sendiri bisa kok mendaftar perusahaan perusahaan yang sekiranya bonafit dan dengan mudah untuk mendapatkan kesuksesan, dengan mempersiapkan berbagai tips dan trik yang bisa dicoba.

jenis pekerjaan untuk sma

Mempersiapkan Mental

Banyak lulusan SMA yang ingin bekerja namun malah melanjutkan kuliah hal ini dikarenakan mental bekerjanya tidak ada. Mental adalah sesuatu yang tidak terlihat namun bisa dirasakan. Mental sendiri bisa dibentuk dari dalam diri sendiri. Hal ini adalah aspek utama bagi kamu yang segera lulus SMA dan mau melanjutkan dengan bekerja, jangan salah, dunia pekerjaan akan berbeda jauh dengan dunia SMA yang terkadang masih ada sedikit hura hura. Untuk itulah mempersiapkan mental untuk bekerja sangatlah penting, agar kamu kuat dalam menghadapi pekerjaan yang nantinya akan dijalani serta kuat juga untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Hal ini karena bukan hanya kamu yang akan bekerja selepas SMA, namun ada ratusan bahkan ribuan kompetitor lain yang mungkin akan mencoba nasib yang sama denganmu. Tidak hanya mental untuk ditolak pekerjaan, kamu juga harus mempersiapkan mental jika melakukan kesalahan, karena kamu masih akan belajar nantinya, salah pasti adalah hal yang wajar, mentalmu nanti yang akan membedakan hal tersebut.

Menambah Motivasi Untuk Bekerja

Lulus SMA langsung bekerja ? Pasti akan banyak dicemooh oleh orang orang, hal ini mengharuskan kamu untuk menambah motivasi kamu dalam mencari sebuah pekerjaan. Lowongan pekerjaan untuk SMA itu sangat banyak, tentunya kamu bisa memilih sesuai dengan kondisi yang kamu inginkan.

Namun jika kamu ditolak oleh lowongan tersebut jangan mudah putus asa, cobalah untuk menaikkan semangat kamu dalam bekerja dengan melihat motivasi kamu selalu. Jika memang dirasa motivasi yang dimiliki terasa kurang, tambah terus, sehingga selepas SMA nanti kamu tidak akan ragu untuk mencari pekerjaan walau harus ditolak oleh banyak pekerjaan juga.

Mempersiapkan Fisik juga

Tidak hanya harus mempersiapkan mental untuk mencari pekerjaan, nantinya kamu diharuskan untuk menguatkan yang namanya fisik kamu dalam mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan mencari pekerjaan tidak mudah untuk sebagian orang. Kamu diharuskan kesana kemari, melakukan interview kesana kemari, yang membuat kamu nantinya mungkin bisa terserang penyakit. Jika ada wawancara di perusahaan bonafit, dan kondisi tubuh sedang tidak fit, pastinya hasil akan tidak fit juga.

Mempersiapkan segala sesuatu tentang pekerjaan

Beberapa saat sebelum lepas SMA dan menerima ijazah, kamu sudah bisa loh yang namanya mengintip sedikit tentang lowongan pekerjaan yang kamu minati. Mulai dari persyaratan lamaran, hingga job desk yang ada. Kamu bisa mempelajari tentang job desk pekerjaan yang kamu minati nantinya.

Hal ini akan menambah nilai plus kamu sebagai calon pegawai baru di mata seorang HRD perusahaan tersebut. Kamu juga bisa mencuri start dari sini dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Siapkan berbagai syarat keperluan untuk mendaftar perusahaan tersebut. Ada perusahaan yang memang mengharuskan kamu untuk menyiapkan berbagai hal, seperti Surat Keterangan Berkelakuan Baik, Surat kesehatan, serta fotokopi dari identitas diri, kartu keluarga, akte lahir, hingga hal hal lainnya.

Namun yang paling umum sendiri dalam lamaran pekerjaan adalah sebuah CV dan surat lamaran pekeraan. Hal ini adalah yang paling umum untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa membuat CV yang menarik di mata HRD dengan menggunakan aplikasi bantuan, jika kamu tidak bisa, kamu bisa meminta temanmu yang jadi mendesain untuk membuatkan CV yang baik untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran bisa kamu buat sendiri, jika tidak mengetahui cara membuatnya, banyak kok cara membuat surat lamaran yang benar di internet.

Untuk surat lamaran dan CV sendiri bisa kamu buat sebanyak banyaknya, karena banyak perusahaan yang memang tidak membutuhkan syarat lain, sehingga kamu tinggal memasukan paket lamaran tersebut ke banyak perusahaan sekaligus, dan tinggal menunggu waktu panggilan pekerjaan.

Mempersiapkan skill

Dalam dunia pekerjaan ijazah itu nomor sekian, dan yang penting adalah pengalaman. Nah bagi kamu yang baru ingin lulus SMA, jangan khawatir, karena biasanya kamu akan dilatih terlebih dahulu. Namun tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan skill kamu dalam bekerja nantinya. Setelah melihat job desk pekerjaan di bidang yang kamu minati, kamu bisa mengambil kursus terlebih dahulu sembari menunggu kelulusan SMA.

Nah kursus sendiri bisa ada banyak jenisnya, dari yang memang kursus teknik, seperti montir mobil atau motor, kamu bisa juga mengambil kursus bahasa, seperti bahasa Inggris. Walaupun nantinya kamu tidak masuk di pekenrjaan yang kamu minati, namun kamu bisa mencari pekerjaan dengan keahlian yang kamu miliki. Tentunya peluang untuk mendapat pekerjaan sangat besar jika kamu sudah menaikan skillmu dengan mengikuti berbagai kursus ini.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

2 Comments

3 Tips populer Dapatkan Kuliah Gratis Setelah Lulus SMA · January 10, 2017 at 10:40 pm

[…] bangku kuliah secara gratis. Kelebihan lainnya adalah, banyak kampus kampus ini yang memang lulusannya langsung diangkat jadi Calon Pegawai Negeri Sipil, sehingga tidak perlu repot repot lagi mencari […]

4 Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Untuk SBMPTN dan Lulus Dengan Mudah · January 10, 2017 at 10:43 pm

[…] tepat untuk sbmptn dan lulus dengan mudah, merupakan cara yang banyak sekali dicari oleh murid kelas XII SMA dan juga SMK. Hal ini dikarenakan, dengan lulus sbmptn, maka akan diterima oleh perguruan tinggi yang sudah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

kuliah gratis

Pengalaman tidak bisa kuliah setelah lulus SMA, jangan menyerah

Apa yang menjadi impian bagi seorang lulusan SMA? tentu melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi yang diimpikan untuk menggapai cita-cita yang telah digantungkan dengan tinggi. Namun bagaimana jika kenyataan berkata lain, semisal uang tabungan yang akan Read more…

LOKER

Walau Hanya Lulusan SMA, Dengan 5 Tips Ini Kamu Tetap Bisa Sukses

Lulusan SMA memang terkadang memiliki hambatan tersendiri untuk melamar pekerjaan. Hal ini biasanya dikarenakan banyak lulusan SMA yang menginginkan pekerjaan yang sesuai passionnya namun ternyata syarat untuk melamar pekerjaan tersebut haruslah berasal dari D3 ataupun Read more…

LOKER

5 Tips Mencari Loker Untuk Lulusan SMA Tanpa Perlu Membayar Sejumlah Uang

Mencari pekerjaan memang perkara yang tidak mudah. Belum lagi jika harus menghadapi lowongan yang abal-abal dan memaksa untuk membayar sejumlah uang. Tentu itu masalah yang cukup pelik. Terlebih untuk seseorang yang hanya lulusan SMA. Ada Read more…

%d bloggers like this: