Sudah menjadi perbincangan umum sekarang ini untuk biaya kuliah yang menjulang tinggi. Bahkan bisa terhitung biaya untuk kuliah yang murah paling sedikit mengeluarkan kocek jutaan rupiah setiap semesternya. Yang terhitung dalam setahun akan ada dua semester yang diambil, maka dua kali lipat juga uang yang akan dikeluarkan.

Tentunya hal ini menjadi batu pengganjal banyak siswa yang ingin menjadi mahasiswa. Namun jangan salah, kamu bisa loh yang namanya kuliah gratis, tanpa perlu mengandalkan orang tua untuk mengeluarkan uang. Ada sih keluar uang, namun paling untuk biaya transport selama pendaftaran kuliah. Akan sangat asik bukan jika kuliah tanpa harus mengeluarkan uang, tanpa harus membebani orang tua ?

Kuliah juga sering menjadi sarana banyak orang yang ingin mencapai cita citanya. Contoh, dokter. Semua orang tentu bisa menjadi dokter, namun untuk bisa mendapat pekerjaan sebagai dokter, kamu harus mengenyam bangku kuliah terlebih dahulu. Lebih lanjut ternyata banyak yang ingin mengenyam bangku kuliah karena pekerjaan impian yang diinginkan biasanya mensyaratkan untuk jenjang S1.

Kuliah menjadi hal yang penting bukan ? Namun bagi kamu yang memang memiliki kesulitan ekonomi, jangan khawatir, karena ada beberapa cara agar bisa berkuliah secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang yang sampai puluhan juta rupiah.

Dengan mendapatkan beasiswa

Bagi kamu yang sering sekali membaca baca tentang perguruan tinggi, pasti pernah mendengar yang namanya beasiswa. Beasiswa sendiri adalah bantuan untuk mengurangi beban kuliah dalam bentuk uang. Nah tidak seperti SMA yang minim beasiswa, dalam bangku perkuliahan, ada banyak sekali yang namanya beasiswa.

Beasiswa beasiswa ini bahkan bisa menguliahkan kamu hingga keluar negeri loh. Beasiswa ini banyak muncul karena ada banyak yang menerbitkannya, dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, bahkan dari lembaga lembaga tertentu. Beasiswa juga bisa dibagi ke dua tingkatan, beasiswa berprestasi, dan beasiswa yang tidak mampu.

Mengenal beasiswa, beasiswa yang paling terkenal adalah beasiswa bidik misi. Walau namanya beasiswa, namun bidik misi ternyata bukan beasiswa loh. Bidik misi sendiri adalah sebuah bantuan dari pemerintah untuk membayarkan secara gratis kuliah kamu, dan malah kamu bisa dibayarkan uang jajan dari pemerintah. Biasanya penerima bantuan bidik misi berasal dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi. Dengan mendapatkan bantuan bidik misi sendiri kamu tidak akan repot memikirkan biaya kuliah kamu, bahkan kamu mendapatkan biaya hidup dari uang bantuan ini.

tips dapatkan kuliah gratis

Selain bidik misi, ada jenis beasiswa lain dari pemerintah untuk membantu kamu agar bisa mengikuti perkuliahan impian kamu. Namanya beasiswa unggulan. Beasiswa ini dikelola oleh menteri pendidikan, yang bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1 di Indonesia. Beasiswa ini juga muncul rutin setiap tahun dan bisa digunakan untuk perkuliahan di dalam negeri ataupun di luar negeri loh.

Menggunakan Kuliah Gratis

Tentunya selain menggunakan beasiswa, ada cara lain untuk bisa mendapatkan bangku kuliah gratis, salah satunya adalah dengan menggunakan kuliah gratis.

Kuliah gratis ini biasanya diprogram langsung oleh pemerintah, dimana kampus tidak akan memungut apapun untuk biaya perkuliahan. Tentunya peluang untuk menempuh jenjang yang lebih tinggi sangatlah terbuka lebar secara gratis, namun ada syaratnya. Bukan hanya kamu loh yang ingin kuliah gratis, namun terdapat ribuan kompetitor lain yang ingin juga mengenyam bangku kuliah secara gratis. Kelebihan lainnya adalah, banyak kampus kampus ini yang memang lulusannya langsung diangkat jadi Calon Pegawai Negeri Sipil, sehingga tidak perlu repot repot lagi mencari pekerjaan. Oleh karena itu persaingan masuk ke kampus gratis ini sangatlah sulit.

Kampus gratis yang paling terkenal adalah Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). STAN sendiri dibawahi langsung oleh Departemen Keuangan Republik Indonesia. Tentunya sekolah disini gratis, dan berkesempatan besar untuk langsung bekerja di departemen keuangan, yang ditempatkan di instansi instansi kementrian keuangan ataupun institusi pemerintahan lainnya.

Lalu ada juga Sekolah TInggi Ilmu Statistik (STIS). Sekolah tinggi yang satu ini dibawahi langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Selama masa pendidikan, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk apapun. Sekolah tinggi ini mempunyai dua jurusan, yaitu statistika dan komputasi statistik. Sekolah ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai tentang angka angka. Dan ya, STIS merupakan salah satu sekolah tinggi yang bergengsi di seantero Indonesia.

Kuliah sambil kerja

Tips terakhir untuk bisa berkuliah secara gratis adalah kuliah sambil bekerja. Hal ini merupakan hal yang sangat ampuh untuk bisa berkuliah tanpa harus meminta uang orang tua untuk mengenyam pendidikan. Atau bisa juga kamu memang mendapatkan program kuliah gratis loh.

Hal ini biasanya diperlakukan untuk orang yang semasa SMA langsung bekerja. Nah orang tersebut bekerja di perusahaan bonafit, yang memiliki fasilitas untuk memperkerjakan karyawannya.

Apakah perusahaan seperti ini banyak ?

ya sangat banyak. Dengan begini kamu bisa loh yang namanya mengenyam perkuliahan secara gratis karena dibayarkan langsung dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Tentunya kamu lebih spesial, karena akan mengambil kelas karyawan untuk menembus gelar kamu di perkuliahan nantinya. Jangan khawatir, tidak ada yang berbeda dari kelas karyawan dan kelas regular, karena sama sama kuliah, dan yang berbeda hanya jadwalnya saja. Namun kamu harus menyiapkan tenaga ekstra, karena selain berkuliah, kamu juga dituntut untuk membereskan pekerjaan kamu semaksimal mungkin, namun keuntungan yang didapat menjadi double, selain dari kuliah gratis, gajimu akan tetap dibayarkan!


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

2 Comments

Perhatikan 4 Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat Sesuai Bakat · January 10, 2017 at 10:45 pm

[…] jurusan kuliah yang tepatĀ sesuai bakat, merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Terlebih lagi, bagi […]

Lika-liku mengelola website. Khedi juga begitu... · March 23, 2017 at 5:09 pm

[…] tidak full time di dunia website maka kita menghabiskan 8 jam atau kadang lebih di kantor atau di tempat kerja. Sehingga baru setelah malamĀ mungkin satu atau dua juta baru melirik website untuk melakukan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

kuliah gratis

Pengalaman tidak bisa kuliah setelah lulus SMA, jangan menyerah

Apa yang menjadi impian bagi seorang lulusan SMA? tentu melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi yang diimpikan untuk menggapai cita-cita yang telah digantungkan dengan tinggi. Namun bagaimana jika kenyataan berkata lain, semisal uang tabungan yang akan Read more…

Kuliah karyawan

11 tips Kuliah sambil kerja yang akan mengantar kamu lulus

Berapa usia kamu saat ini? 19 dan tidak memutuskan untuk melanjutkan kuliah setelah lulus SLTA? pikir-pikir deh, sebab Seandainya pun sekarang kamu telah mendapatkan pekerjaan belum tentu itu akan bertahan sampai beberapa tahun mendatang. Kita Read more…

%d bloggers like this: