Pengalaman tidak bisa kuliah setelah lulus SMA, jangan menyerah

Apa yang menjadi impian bagi seorang lulusan SMA? tentu melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi yang diimpikan untuk menggapai cita-cita yang telah digantungkan dengan tinggi.

Namun bagaimana jika kenyataan berkata lain, semisal uang tabungan yang akan digunakan untuk membayar biaya masuk perkuliahan dipakai untuk keperluan yang lebih mendesak atau mungkin bagi yang mengandalkan beasiswa ternyata gagal mendapatkan biaya sekolah tersebut? tentunya sebagai seorang lulusan SMA tidak bisa melanjutkan kuliah adalah suatu hal yang sangat telak.

…lalu seandainya itu benar-benar terjadi kepada kamu apakah yang akan kamu lakukan?

Hal ini benar-benar terjadi kepada saya. Kala itu setelah melewati ujian nasional dan kemudian dinyatakan lulus SMA, maka saya mencoba untuk mencari beberapa perguruan tinggi yang waktu itu saya fokus untuk mencari perguruan tinggi jurusan ke guruan di universitas Yogyakarta.

Namun apa daya beberapa hari sebelum uang yang telah terkumpul itu akan digunakan, saya mendapatkan musibah yang mengharuskan uang tersebut digunakan terlebih dahulu dan alhasil rencana untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi harus di pupuskan.

Hari-hari berlalu dengan sangat berat setelah itu karena memang misi seorang SMA adalah untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan bukan untuk siap berkecimpung di dunia kerja.

Namun karena hari demi hari perasaan dan pikiran itu semakin tidak menentu, ada perasaan tidak enak karena merepotkan kedua orangtua yang hanya menjadi hiasan rumah, kemudian ada juga perasaan malu dengan tetangga. Ditambah lagi tidak bisa jajan.

tips dapatkan kuliah gratis

Untuk itulah beberapa hal saya tempuh setelah melalui pemikiran yang matang. Hingga saat ini saya benar-benar tidak menyesal telah mengambil beberapa keputusan yang kala itu saya ambil secara sepihak.

Waktu itu saya berpikiran bahwa saya harus bekerja karena tujuan dari di sekolah salah satunya adalah bekerja. Jadi kenapa saya tidak memulainya dari Dini.

baca juga  Review Film The Magnificent seven indonesia: penuh hal tak terduga

Ada beberapa opsi yang saya pilih kala itu saya bekerja terlebih dahulu yaitu misalkan 1 tahun bekerja setelahnya saya fokus kuliahan setelah mendapatkan uang untuk biaya masuk dan satu opsi lagi adalah Saya bekerja Sambil kuliah.

Singkat cerita kedua opsi itu saya pilih. Jadi saya bekerja sebagai seorang lulusan SMA namun merantau di Jakarta karena memang kesempatan untuk mengumpulkan uang lebih banyak itu ada di daerah Jakarta dan sekitarnya. Mengingat UMP atau upah minimum yang diberikan lumayan tinggi.

1 tahun berlalu nampaknya saya menikmati menjadi seorang pekerja mungkin karena mendapatkan cukup uang dan hilang keinginan untuk berhenti bekerja dan melanjutkan kuliah lambat laun menghilang sehingga akhirnya saya tetap memutuskan untuk bekerja kurang lebih selama 2 tahun.

Setelah dua tahun berlalu  mulai berpikir bahwa akan dibawa kemana masa depan ini dari orientasi yang sebelumnya itu mencari uang kini sudah mulai beralih. Mungkin karena kedewasaan sehingga berfikir untuk masa depan itu menjadi sebuah prioritas.

Mengapa saya berpikir untuk masa depan? hal itu karena bekerja sebagai lulusan SMA adalah sistim kontrak dan untuk saat ini sudah merambah ke D3 dan S1, jadi semua lini pekerjaan itu kontrak.

Karena sistem kontrak tersebut berpikirlah bagaimana jika nanti saya habis kontrak dan saya kehabisan umur. Karena untuk lulusan SMA batas maksimum umur yang bisa masuk ke perusahaan adalah umur 24 tahun jadi setelah 24 tahun ke atas itu tidak bisa masuk dengan ijazah SMA. Dengan alasan tersebut Saya memutuskan untuk mencari perkuliahan karyawan atau Saya bekerja Sambil kuliah.

Singkat cerita sampai saat ini saya masih menekuni bekerja Sambil kuliah. Karena memang untuk saat ini saya belum lulus kuliah meskipun bisa dibilang sudah semester tua , mungkin karena saya menikmati pekerjaan dan sekaligus kuliah heee.

baca juga  Cara uninstall program di windows 7,xp,8,8.1

Dari uraian diatas ada beberapa hal yang saya ambil pelajaran beberapa tahun pengalaman sebagai lulusan SMA yang tidak bisa langsung mengenyam pendidikan perguruan tinggi di antara lain adalah:

  • Jika kamu tidak bisa melanjutkan kuliah karena terbentur dengan biaya, maka ada 1 alternatif yaitu kamu mengumpulkan uang dengan pekerja terlebih dahulu mungkin selama satu tahun. Setelah uang terkumpul kamu gunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi dan berhenti bekerja dan kamu fokus untuk kuliah.
  • Kemudian Jika kamu tidak bisa melanjutkan kuliah karena kehilangan kesempatan beasiswa maka kamu bisa mencari alternatif beasiswa yang lain yang mungkin bisa menggantikan beasiswa yang tadi gagal. Jadi jangan hanya mengambil satu jalan  saja.
  • Ada lagi jika memang kamu kurang memiliki otak yang encer dan kondisi keuangan orang tua kurang mendukung tentunya keputusan untuk bekerja 1 tahun lalu kemudian fokus kuliah adalah suatu hal yang berat karena setelah kamu fokus kuliah otomatis biaya semester dan lain-lain harus ditanggung oleh kedua orang tua sedangkan kedua orang tua kurang begitu mampu untuk membiayainya. Maka alternatif yang bisa kamu ambil adalah kuliah sambil bekerja.

Untuk mengetahui mengenai kuliah sambil bekerja kamu dapat membaca posting saya yang berjudul sukses kuliah sambil bekerja dengan tips ampuh ini.

Beberapa artikel mengenai tidak bisa kuliah setelah lulus SMA bisa kamu baca disini.

Diantaranya adalah :

Pekerjaan yang bisa kamu geluti sebagai lulusan SMA dan lainnya.

NEXT…

Bagaimana saya mendapatkan pekerjaan sebagai lulusan SMA?

 

Reply