Membahas tentang rating film, maka pikiran Anda hanya terfokus pada keren atau tidaknya film yang akan ditonton tersebut. Namun sebuah rating film, tidak hanya melulu tentang kualitas film yang akan ditonton. Tapi juga berdasarkan batasan umur para penontonnya.

Mungkin Anda pernah mengajak anak atau saudara yang sebenarnya tidak diperbolehkan menonton film yang sedang tayang karena usianya di bawah umur yang telah ditentukan.

jenis rating filmm bioskop

Adalah MPAA, atau Motion Picture Association of Amerika, atau lembaga yang bertugas menciptakan sebuah sistem peringkat film berdasarkan kategori umur penontonnya. Hampir semua film yang akan ditayangkan di bioskop akan di bawa ke MPAA ini, untuk dibagi berdasarkan kategorinya. Disini ada sekitar 10 hingga 13 orang dewan, berisi orang tua yang memiliki anak. Ada sekitar 5 rating film yang dikategorikan berdasarkan usia oleh MPAA tersebut, antara lain :

1. G / General Audience

Itu artinya film tersebut, dapat ditonton oleh berbagai usia, baik anak-anak hingga orang dewasa.  Walaupun jika dilihat, terkadang ada kata-kata kasar atau adegan kekerasan, namun film jenis ini masih dinilai aman untuk ditonton oleh anak-anak.

2. PG / Parental Guidance Suggested

Jika Anda melihat rating ini, ada baiknya ketika Anda menemani sang anak ketika menonton film tersebut. Karena ada beberapa konten atau adegan yang sebenarnya tidak cocok untuk anak-anak. Disini orang tua akan memberikan pengertian dan pengarahan, tentang mengapa adegan tersebut dapat terjadi. Beberapa film yang tidak lulus rating G, biasanya masuk ke PG ini.

3. PG-13 / Parents Strongly Cautioned

Jika Anda memperoleh rating film dengan tulisan seperti ini, itu artinya film ini tidak pantas untuk anak berusia 13 tahun ke bawah. Aturannya sama dengan PG, di PG 13 ini, walaupun sang anak sudah berusia 13 tahun, harus tetap didampingi dan di beri pengertian sesuai dengan umurnya. Karena biasnya film dengan kategori PG-13 ini mengandung unsur kekerasan yang cukup realistis hingga ekstrem. Walaupun film jenis ini banyak laris di pasaran, ada baiknya jika Anda sebagai orang tua tidak lengah ketika mendampingi anak menonton film jenis ini.

4. R / Restricted

Apabila Anda menemukan rating dengan tulisan seperti ini, maka anak yang berusia 17 tahun ke bawah harus tetap didampingi oleh orang dewasa atau orang tuanya. Ada beberapa adegan yang dianggap kurang layak jika ditonton oleh anak yang usianya di bawah 17 tahun. Seperti beberapa adegan dewasa, paham tertentu, dll.

5. NC-17 / No One 17 and under Admited

Ketika Anda menemukan tulisan seperti ini, artinya film ini sangat tidak diizinkan untuk anak berumur 17 tahun ke bawah. Alasannya cukup wajar, karena beberapa adegan dalam film ini dinilai terlalu dewasa, dan belum waktunya anak yang berusia 17 tahun ke bawah untuk menonton film tersebut.

Apabila film tidak dikirimkan ke MPAA, maka rating film akan diberi kode NR atau Not Related, yang artinya tidak dinilai. Apabila Amerika mempunyai lembaga sensor yang disebut dengan MPAA, maka di Indonesia ada yang disebut dengan Lembaga Sensor Indonesia. Sistem penilaiannya tentu berbeda dengan sistem penilaian yang telah dilakukan oleh MPAA.

Berikut ini adalah beberapa peringkat yang digunakan dan dijadikan standar oleh LSI atau Lembaga Sensor Indonesia tersebut, antara lain :

–          SU / A (Semua Umur / Anak), yang artinya film dapat di tonton oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

–          BO / A (Bimbingan Orang tua / Anak dengan batasan umur 4 hingga 7 tahun), artinya film dapat ditonton dengan bimbingan dari orang tua, dan anak yang boleh menonton mulai dari usia 4 hingga 7 tahun.

–          BO (Bimbingan Orang tua dengan batasan usia 5 hingga 12 tahun) artinya film ini dapat ditonton oleh anak yang berusia minimal 5 tahun hingga 12 tahun, dengan didampingi oleh orang tua.

–          BO – R/R (Bimbingan Orang tua – Remaja dengan batasan usia  13 hingga 16 tahun). Artinya film jenis ini dapat ditonton ketika anak memasuki usia 13 hingga 16 tahun, namun tetap di bawah pengawasan orang tua.

–          D (dewasa dengan batas minimal berusia 17 tahun), artinya film jenis ini dapat ditonton oleh remaja yang berusia 17 tahun lebih hingga dewasa.


khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Info film

3 Tips Menonton Film di Bioskop Membawa Anak Kecil yang Patut Anda Ketahui!

Tidak sedikit para orang tua senang untuk menghabiskan waktu liburan mereka dengan pergi ke bioskop. Tidak hanya itu, mereka pun sebagai orang tua tidak sungkan untuk memboyong serta anak mereka untuk menghabiskan waktu di bioskop. Read more…

Info film

2 Tips Simpel Menonton Film di Bioskop bersama Pasangan Biar Romantis

Nonton adalah salah satu agenda wajib yang banyak orang pacaran di belahan dunia lakukan, betul bukan?? Tentunya amat betul! Karena berdasarkan beberapa data yang telah kami peroleh dan tentunya kami amati, tidak sedikit orang yang Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

%d bloggers like this: