Ketika Mendengar tentang IMAX 3D, Real 3D atau juga Dolby 3D, mungkin Anda berpikir bahwa itu semua sama saja, atau mungkin cuma mirip. Tapi sebenarnya tidak seperti itu, walaupun sama-sama mempunyai akhiran 3D, akan tetapi teknologi yang digunakan berbeda. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika Anda membaca ulsan berikut ini :

perbedaan IMAX 3D, REAL 3D, dan Dolby 3D

1. IMAX 3D

Yang pertama kali akan dibahas adalah IMAX 3D :

Apa itu IMAX 3D

Sebenarnya apa itu IMAX 3D? IMAX 3D sendiri adalah sebuah singkatan dari Image Maximum, dimana layar bioskop yang digunakan lebih besar dari layar kebanyakan, yaitu sekitar 20 x 11 meter. Teknologi yang digunakan untuk bioskop ini adalah 3D polarized atau teknologi yang menggunakan visualisasi gelombang elektromagnetik dan juga cahaya, keduanya digabungkan menggunakan 2 proyeksi yang berbeda.

Sedangkan kacamata yang digunakan untuk IMAX 3D ini menggunakan teknologi linear polarized atau menggunakan proyeksi gelombang, dimana 1 mata hanya akan melihat 1 gambar saja. Itu sebabnya, ketika kacamata digunakan, membuat gambar yang ditampilkan seakan nyata dan keluar dari dalam layar bioskop, atau terlihat lebih nyata.

Keuntungan untuk penonton

Film yang diputar seakan lebih hidup. Ukuran yang lebih besar, membuat sensasi menonton terasa semakin berbeda, dibanding bioskop konvensional.

Kerugian untuk penonton

Sedangkan kerugian dari sisi penonton adalah mata akan jadi cepat lelah, dan tampilan gambar menjadi buram, jika posisi kepala tidak pada tempatnya atau horizontal.

Perbedaannya dengan Real 3D dan Dolby 3D

Perbedaan ketika seseorang menonton film dengan teknologi IMAX 3D adalah, penonton harus fokus, dan kepala tidak dapat bergerak secara bebas. Jika arah kepala sedikit melenceng, maka tampilan film jadi tidak 3D lagi.

2. Real 3D

Ulasan yang berikutnya akan membahas tentang Real 3D :

Apa itu Real 3D

Sebenarnya apa itu Real 3D? Real 3D sendiri adalah sebuah teater yang dibuat menggunakan layar yang berwarna perak atau silver screen, dan bukan layar putih seperti kebanyakan bioskop. Teater jenis ini akan dikombinasikan dengan stereoskopik dan juga kacamata 3D untuk menghasilkan proyeksi gelombang yang berputar atau istilah lainnya circular polarized. Dengan adanya circular polarized ini, membuat kepala penonton bebas bergerak kemana saja ketika menikmati film berformat 3D tersebut.

Keuntungan untuk penonton

Keuntungannya untuk penonton adalah kepala dapat bergerak lebih bebas ke mana saja, mata tidak cepat lelah dan harga kacamata pun jauh lebih murah.

Kerugian untuk untuk penyedia bioskop

Dari segi kerugian, nilai investasi untuk bioskop seperti ini jauh lebih tinggi.

Perbedaannya dengan IMAX 3D

Dibandingkan dengan IMAX 3D disini penonton lebih melihat gambar ke dalam layar, bukan muncul ke luar layar.

3.  Dolby 3D

Isilah 3D yang ketiga adalah Dolby 3D, adapun yang dimaksud dengan Dolby 3D ini, adalah :

Apa itu Dolby 3D

Yang disebut dengan Dolby 3D adalah sebuah teknologi terbaru yang dipergunakan untuk mengintegrasi film berformat 3D. Ketika Anda menonton film dengan format Dolby 3D, maka tampilannya mirip dengan film dengan format Real 3D. Hanya bedanya film dengan teknologi Dolby 3D, menggunakan teknik polarisasi 3 warna dari kacamatanya, yaitu hitam, hijau dan merah. Kacamata ini menggunakan lensa khusus, yang membuat harganya cukup mahal dari kacamata 3D di bioskop Real 3D.

Keuntungan untuk penonton

Keuntungan untuk bioskop adalah nilai investasinya jadi lebih murah, ketimbang real 3D. Sedangkan keuntungannya untuk penonton adalah aneka macam gambar yang ditampilkan oleh film jauh lebih tajam karena adanya lensa khusus.

Kerugian untuk penonton

Kerugian yang akan dialami oleh penonton ketika menikmati film ini adalah, kacamatanya yang lebih berat, karena dipasangi chip anti pencurian. Hal ini disebabkan karena harga kacamata ini yang cukup mahal.

Perbedaannya dengan Real 3D

Film yang ditampilkan dengan teknik Dolby 3D ini juga tidak memerlukan layar khusus atau silver screen, seperti real 3D. Itu artinya membuat nilai investasi bioskop jadi lebih murah.

Categories: Theater

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

5 Perbedaan Antara bioskop 2D dan 3D Mulai dari Sensasi Sampai Harga Tiketnya · July 1, 2017 at 3:10 am

[…] kemarin membahas mengenai jenis-jenis theater yang ada di indonesia, sekarang kita coba mengetahui mengenai jenis fim yang bisa kamu nikmati saat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Terbaru

5 Perbedaan Antara XX1, XX1 Premiere, Cinema 21, IMAX Dan CGV yang mesti kamu tahu

Hiburan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan juga tentu saja dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membuat hati menjadi lebih senang dan juga lebih fresh. Salah satu hiburan yang banyak dipilih Read more…

Theater

5 Macam – Macam Bioskop Yang Ada Di Indonesia Saat Ini yang perlu kamu tahu

Masyarakat Indonesia sekarang ini disuguhkan dengan berbagai macam hiburan yang sangat menarik dan juga memanjakan mata. Salah satu hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat sekarang ini adalah bioskop. Di Indonesia sendiri memang ada banyak sekali Read more…

Theater

Grand Mall Palu XXI Bertahan Sebagai Studio Nongkrong Paling Asyik

Sebagai ibukota Sulawesi Tengah, Palu tak boleh berhenti berbenah. Perekonomian yang sangat bergantung pada sektor perdagangan tentu harus tetap dipertahankan. Karena itulah, hadirnya Grand Mall Palu di tahun 2014 menjadi andalan bagi pemerintah kota untuk Read more…

%d bloggers like this: