Setelah kemarin membahas mengenai jenis-jenis theater yang ada di indonesia, sekarang kita coba mengetahui mengenai jenis fim yang bisa kamu nikmati saat ini.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa perbedaan yang melatar belakangi film dengan format 2D dan film dengan format 3D. Beberapa perbedaan ini tentunya akan akan berpengaruh besar terhadap sensasi dan kenikmatan ketika menonton film tersebut. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika Anda memperhatikan ulasan berikut ini  :

beda film 2d dan 3d

Kualitas film

Jika dilihat dari kualitasnya :

–          Film dengan 2D, mempunyai kualitas gambar yang halus dan tidak memiliki benang halus. Selain itu, Suara yang dihasilnya oleh film tersebut juga  lebih jernih, jika dibandingkan dengan film dengan format biasa. Untuk masalah warna yang ditampilkan pada film berformat 2D cukup cerah dan juga tajam. Walaupun, resolusi layarnya tidak terlalu besar, bahan tidak lebih besar dari film dengan format biasa. Jika dilihat lebih detail. Potongan adegan, terlihat lebih halus, bahkan terlihat seperti tidak ada potongan.

–          Film dengan 3D, juga mempunyai kualitas gambar yang juga halus, jernih dan tidak memiliki benang halus. Dilihat dari segi suara, suara yang dihasilkan cukup jernih, ditambah adanya sound sistem di beberapa titik, semakin membuat film terasa lebih nyata. Aneka macam warna yang ditampilkan oleh film pun terlihat lebih cerah dan menyatu dengan gambar. Resolusi layar yang ditampilkan tentu saja lebih baik, karena film 3D memberikan efek khusus pada para penonton. Potongan adegan juga hampir tidak terlihat.

Cara menampilkan film

Apabila dilihat dari teknik menampilkan filmnya, maka :

–          Film dengan teknik 2D, membuat bioskop harus menggunakan proyektor khusus, selain itu film yang ditampilkan juga harus berformat 2D, bukan format lainnya.

–          Film dengan teknik 3D, Untuk teknik menonton film 3D, maka para penonton harus menggunakan sebuah kacamata khusus yang disebut dengan kacamata 3 dimensi. Sedangkan dari segi penyelenggara bioskop yang menggunakan teknik real 3D, tentunya harus menggunakan layar berwarna perak. Tapi untuk biokop yang menggunakan teknik Dolby 3D dan IMAX 3D, layar yang digunakan adalah layar yang biasa

Teknik menonton

Teknik menonton film 2D dan 3D ini cukup berbeda, yaitu :

–          Menonton dengan teknik 2D, sebenarnya biasa saja, penonton cukup duduk di tepat duduk yang ada, dan menonton seperti biasanya.

–          Menonton dengan teknik 3D, sebaiknya menggunakan kacmata 3D. Dengan menggunakan kacamata seperti ini, efek gambar yang ditampilkan terasa seperti nyata, dan seolah keluar dari dalam layar. Penonton seakan dibawa melihat film secara langsung, bukan melalui layar, melainkan sepertni menikmati sendiri suguhan yang ada di depan mata. Efek ini juga kemudian diperjelas dengan dukungan pengeras suara di beberapa titik. Walaupun demikian, tidak menggunakan kacamata pun sebenarnya tidak masalah, karena penonton tetap dapat menikmati film yang diputar.

Subtitle

Untuk Anda yang tidak mengerti bahasa yang ada di dalam film, tentunya Anda membutuhkan sebuah subtitle.

–          Untuk teknik 2D, penggunaan subtitle ini masih dapat dipergunakan, dan pastinya membuat Anda mengerti jalan cerita dari film tersebut.

–          Untuk teknik 3D, penggunaan subtitle pada film dengan format 3D, tidak digunakan. Alasannya karena dapat mengganggu penglihatan ketika menonton film tersebut. Itu sebabnya ketika Anda menonton film 3D tidak ada subtitle.

Harga tiket

Perbedaan berikutnya antara 2D dan 3D ini terletak pada harga tiket masuk untuk para penonton.

–          Tiket masuk untuk film 2D, bisanya cukup mahal, jika Anda bandingkan ketika menonton film dengan format biasa.

–          Tiket masuk unttk film 3D, rata-rata 2 kali lebih mahal jika dibandingkan ketika menonton film dengan format biasa atau format 2D. Di beberapa bioskop harga tiket ini sudah termasuk harga kacamata, tapi di bioskop lainnya, tidak.

Dengan berbagai keunggulan yang ada pada masing-masing teknik film, Anda sebagai penonton tentu dapat memilih film yang tepat dengan teknik menonton yang juga tepat, entah itu 2D atau bahkan 3D.

Lalu bagaimana jika ingin menikmati sensasi film 3D dari rumah menggunakan laptop dengan murah? kamu bisa cek artikel kami yaitu cara menonton film 3D di laptop .

Demikian beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing film ber-format 2D dan 3D, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Categories: Info film

khedi

khedi

Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.

1 Comment

2 Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D · July 12, 2017 at 10:28 pm

[…] Demikianlah informasi yang layak anda ketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya anda sudah paham alasan dibaliknya yang terkait dengan Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D. Terlebih ketika anda hendak menonton film 3D. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Info film

3 Tips Menonton Film di Bioskop Membawa Anak Kecil yang Patut Anda Ketahui!

Tidak sedikit para orang tua senang untuk menghabiskan waktu liburan mereka dengan pergi ke bioskop. Tidak hanya itu, mereka pun sebagai orang tua tidak sungkan untuk memboyong serta anak mereka untuk menghabiskan waktu di bioskop. Read more…

Info film

2 Tips Simpel Menonton Film di Bioskop bersama Pasangan Biar Romantis

Nonton adalah salah satu agenda wajib yang banyak orang pacaran di belahan dunia lakukan, betul bukan?? Tentunya amat betul! Karena berdasarkan beberapa data yang telah kami peroleh dan tentunya kami amati, tidak sedikit orang yang Read more…

Info film

Mengetahui Cara Kerja Film 3D dan Hubungannya dengan Kacamata 3D

Banyak orang di belahan dunia ini menyukai nonton film dan tentunya nonton fim di bioskop! Benar bukan? Hal ini tidak lain karena bioskop banyak menyajikan berbagai tayangan film yang beragam! Selain itu, dengan menonton film Read more…

%d bloggers like this: