Cara Merawat Aki / Accu / Batrei Kering Motor

24 views

Jaman sekarang memang sudah jamanya serba mudah , semua serba instan . User end atau para konsumen disuguhi dengan berbgai kemudahan . Seperti jika kita membeli sepeda motor tipe paling baru , kita akan tidak dibebani dengan kewajiban - kewajiban terhadap perawatan sepedamotor yang kita beli.

sepeda motor

Kali ini saya tertarik mengambil ulasan singkat mengenai batrei sepeda motor bertipe kering. Kebanyakan sepeda motor yang diproduksi saat ini sudah menggunakan batrei kering. Alasanya jelas seperti yang saya sebutkan diatas. Yaitu mengurangi beban user end terhadap perawatan. Batrei kering adalah batrei bertipe bebas perawatan , dalam artian pengguna tidak perlu mengecek kadar elektrolit dan atau menambah air suling seperti batrei basah . Tentunya dangan batas umur pemmakaian tertentu.

lead-battery

Meskipun demikian , bukan berarti kita cuek terhadap apa yang kita miliki. Berbagai hal dapat terjadi terhadap sepedamotor yang kita miliki yakni hal yang tak terduga dan menyebabkan batrei tidak bekerja secara optimal. Maka perawatan kecil dan berkala perlu juga dilakukan. Berikut cara merawatan aki / accu / batrei kering motor:

  1. Membersihkan terminal dari karat dengan menggunakan amplas halusĀ  jika memang terminal terlihat berkarat.
  2. Selalu melepas terminal batrei ( terminal negatif) ketika hendak meninggalkan sepeda motor dalam jangka waktu yang lama.
  3. Mengganti bateri dengan bateri bertipe sama jika umur batrei sudah mencapai batas waktu penggunaan.
  4. Periksa kesehatan sekering.

Saya rasa ke-empat hal diatas bukan suatu yang berat demi kelancaran dalam menggunakan sepedamotor.

Hal yang perlu diperhatkan saat melakukan perawatan batrei adalah :

  1. Berhati-hati karena batrei mengeluarkan gas hidrogen yang dapat meledak saat penoperasian normal.
  2. Percikan api atau lidah api dapat menyebabkan batrei meledak dengan kekuatan yang cukup tinggi.
  3. Pakai alat pelindung diri .

 

 

Tags: #accu #aki #batrei #sepedamotor