Ampuh cara menghidupkan mobil matic yang mogok

159 views

Alangkah sialnya jika mobil yang kamu kendarai mogok di jalanan. Ditambah lagi jika kebetulan kamu nyetir sendirian, hmmm.  Selain karena bentuk mobil yang besar tapi juga karena berat mobil berlipat-lipat jika dibanding berat kamu, sehingga tidak memungkinkan untuk mendorong seorang diri. Berikut ada tips pertolongan pertama pada mobil matic yang mogok.  Sehingga mungkin akan mencegah kamu terpaksa mendorong mobil atau memanggil mobil derek yang mahal.

1. Atur tempat yang aman dan nyaman

Carilah tempat untuk memeriksa kendaraan yang aman dari alulintas lain dan nyaman (teduh) serta kalem dan jangan panik.

2. Lihat lampu indikator pada panel instrumen

Cara paling pertama yang mudah dan wajib adalah melihat lampu indikator pada panel instrumen. Perhatikan pesan apa yang disampaikan oleh panel tersebut dan jika terlihat masalahnya segera tanggunlangi.

3. Cek Radiator cairan

Kebanyakan mobil selalu bermasalah pada radiator. Yaitu mesin terlalu panas karena cairan radiator yang berkurang. Jika memang diketahui masalah yang timbul diakibatkan oleh radiator maka jangan terburu-buru untuk  membuka tutup radiator, tunggulah 20-30 menit sehingga tidak ada lagi semburan cairan panas yang dapat menyebabkan luka serius. Gantilah cairan radiator atau tambahkan, serta cek adakah kebocoran pada saluran radiator.

4. Turun mesin

Panas yang berlebihan akan memebuat cylinder head mlengkung dan artinya mobil turun mesin, hal itu ditandai dengan adanya gelembung-gelembung udara pada cairan radiator. Saran saya segera ambil ponsel dan telephone mobl derek.

5. Perikasa  sumber daya

Sumber daya mobil dalam hal ini ada dua yaitu aki dan converter tegangan tinggi yaitu coil. Untuk coil biasanya jarang bermasalah namun masalahnya ada pada kabel yang berkarat atau putus. Lakukan pemeriksaan terhadap kabel aki dan coil. Jika aki soak maka kemungkina cara menghidupkan mobil matic kamu adalah dengan jump start dari mobil lain dengan catatan bahwa dinamo starter masih normal..

6. Periksa komponen pengapian

Peralatan pengaapian adalah CDI dan busi, untuk memeriksanya ambil kabel dari busi lalu pasangkan pada busi cadangan coba hidupkan mesin dan tempekan busi pada bodi mesin. Jika terdapat percikan api maka busi masih baik dan pengapian normal. Dan jika tidak ada percikan api maka amplaslah busi yang bermasalah.

7. Periksa sekering

Bagian yang sering diupakan ini sangat penting, jadi pastikan kamu mengecek sekering saat perbaikan baik sekering dibawah cap mobil ataupun dibawah kemudi.. Gnati sekering yang putus dengan yang baru.

8. Periksa bahan bakar dan salurannya

Cek ketersediaan bahan bakar pada tanki bahan bakar. Cek juga selang bahan bakar jika memang bahan bakar masih tersedia. Untuk cara mengecek saluran bahan bakar adalah buka selang bahan bakar lalu masukan ke botol, dan hidupkan mobil. Jika bahan bakar mengalir maka selang normal. Untuk mobil dengan injeksi, maka cara mengeceknya gunakan kunci 17, kendorkan baut pada fuel rail didekat trhottle bodi , kemudian nyalakan mobil. Jika bensin menyembur dengan kencang maka keadaannya normal.

kedelapan hal tadi adalah pertolongan pertama untuk menghidupkan mobil matic yang mogok. Jika cara diatas belum bisa menghidupkan mobil kamu kembali maka cara terbaik adalah memanggil montir keliling atau mamanggil derek. Baca apakah mobil matic boleh didorong?

Tags: #bensin #mobil #mogok #turun mesin