perbedaan QCC dan gugus kendali mutu (GKM)

44 views

Lama tidak menulis dalam blog edukasi, biasa kesibukan duniawi menghalangi menulis, haha selain itu saya juga lebih aktif menulis pada blog teknologi atau otomotif atau menulis blog bahasa inggris. Kali ini bahasannya adalah masih sekitar QCC. Karena memang QCC memusingkan, eh.. seharusnya menyenangkan. Bolehlah yang suka mikir berat. Apa perbedaan QCC dan gugus kendali mutu (GKM)? itu pertanyaan bagi mereka yang melakukan pencarian dengan keyword QCC dan kawan-kawannya di google, maka akan ditemukan dua buah materi yaitu QCC dan gugus kendali mutu. Mari lihat beda keduanya. pebedaan QCC dan gugus kendali mutu (GKM)

QCC adalah singkatan dari Quality Control Circle, sedangkan gugus kendali mutu adalah gugus kendali mutu. kok sama ? kalau diartikan ke bahasa inggris jadinya Quality Control Circle dan disingkat QCC. Pusing? sebenarnya keduanya sama hanya berbeda versi bahasanya. QCC digunakan pada pembahasan bahasa inggris atau digunakan secara universal. Akan tetapi jika QCC ditemukan pada lembaga, organisasi atau perusahaan di Indonesia maka mereka menganut dualisme bahasa, keren kan sebutannya? intinya mereka jago bahasa ingris dan jago juga bahasa indonesia. Sedangkan gugus kendali mutu adalah dibahas pada lembaga pendidikan perguruan tinggi atau perusahaan yang memiliki jati diri yang kuat akan identitas indonesia serta mengetahui penempatan bahasa sesuai lingkupnya. Berarti yang menggunakan Kata QCC tidak mengetahui penempatan bahasa sesuai lingkupnya? tentu bukan. Itu lebih disebabkan karena lembaga pendidikan telah terikat dengan aturan tata bahasa yang terlebih dahulu ditetapkan.

Jika ada kesempatan pada blog edukasi ini saya akan menuliskan berbagai macam artikel tentang QCC / GKM, namun istilah yang akan saya gunakan adalah QCC. Baca juga apa itu QCC?

 

 

Tags: #gkm #QCC