materi wajib 7 tool QCC (GKM) dan fungsinya

130 views

Bergelut dengan QCC (quality control cyrcle) atau dalam bahasa indonesia disebut GKM ( gugus kendali mutu) butuh pemikiran yang keras agar didapatkan hasil yang maksimal. Termasuk juga dalam menyajikan berbagai data. Untuk itulah disana disediakan berbagai alat bantu dalam penyajian data-data QCC. yang kemudian disebut 7 tool QCC. 7 tool qcc

Setiap tool memiliki kegunaan masing, dan waktu penggunaannya juga berbeda-beda. Apa saja 7 tool QCC tersebut? mari disimak dibawah ini;

1. Check sheet

Check sheet adalah lembar pengumpulan data-data. Digunakan untuk mempermudah dalam penempatan setiap data sesuai jenis dan tipe dari data itu sendiri sehingga mudah dalam pembacaannya. Tool ini biasanya digunakan untuk mencatat suatu data yang berulang-ulang atau bisa juga digunakan untuk merekam suatu kejadian dalam bentuk tulisan.

2. Grafik

Berfungsi menampilkan trend suatu data dan juga melihat perbandingan antar data yang ada. grafik juga merupakan cara terbaik untuk menampilkan data yang terdapat pada tabel. Karena tabel akan menjadi tidak menarik untuk disajikan dan grafik adalah cara termudah menjelaskan suatu tabel.

3. Diagram pareto

Pareto yang dibahas disini adalah bukan mengenai prinsip pareto, melainkan hanya diagramnya saja. Jadi diagram pareto digunakan pada QCC untuk mengetahui perbandingan dan prioritas problem yang akan ditanggulangi. Dengan adanya pareto ini kita dimudahkan untuk melihat ranking dari problem yang ada. Sejujurnya fungsi dari diagram pareto ini masih sangat banyak karena jika dilihat disana ada presentase dan adakah kaitan dengan prinsip pareto yang selama ini saya belum mengetahui digunakan untuk apa dalam QCC. Karena jika yang dibutuhkan hanyalah mengetahui ranking kenapa harus menggunakan pareto. Mungkin nanti jika saya sudah mahir akan memahaminya. Atau kamu mau berkomentar memberi penjelasan? silahkan tuliskan pada kolom komentar!

4. Fish Bone

Digunakan untuk menggambarkan proses pencarian akar penyebab utama dari sebuah problem. Digambarkan nya dalam bentuk tulang ikan sehingga jelas arah dan kriteria setiap penyebab problem.

5. Control Chart

Tool yang populer dalam dunia akuntansi ini juga digunakan dalam QCC yaitu untuk mengetahui suati proses masih dalam kendali atau tidak.

6. Scatter diagram

Diagram ini digunakan untuk mengetahui korelasi antar dua data yang veriable. Misalnya apakah semakin jauh jarak yang ditempuh akan berpengaruh juga terhadap konsumsi bahan bakar atau tidak.

7. Histogram

Terakhir saya mempelajari tentang diagram ini adalah pada mata pelajaran statistika. Ternyata tool yang rumit ini juga digunakan dalam QCC khususnya untuk mengetahui penyebaran data.

Itu dia 7 tool yang wajib diketahui untuk mempermudah dalam ber-QCC di tempat kerja kamu. Tentunya agar bisa menggunakan tool tersebut sesuai fungsinya yang mendasar kamu harus mempelajari secara khusus tool-tool tersebut bisa dari google atau dari buku. Sehingga tool yang sejatinya memiliki fungsi yang banyak bisa benar-benar digunakan semaksimal mungkin dalam QCC. Baca juga Tool yang digunakan dalam Step 1 QCC.

Tags: #7 tool qcc #bisnis #gkm