Jangan Lakukan 4 Hal Ini Atau Kamu Tidak Akan Pernah Lulus SBMPTN

46 views

Saat ini pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Apapun yang ada di kehidupan kita harus disikapi dengan cerdas. Karena orang bodoh pasti akan semakin tersisih dan hidupnya akan menjadi sangat tidak enak. Berbagai macam cara pun ditempuh untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Untuk jalur regular nya maka pendidikan tingkat strata 1 atau S1 merupakan pendidikan yang tinggi dan cukup untuk dapat bersaing di dunia yang keras ini. untuk dapat memasuki jenjang S1 ini, semua harus disiapkan sedini mungkin. Bahkan ketika anak sedang dalam taman kanak-kanak.

cara lulus sbmptn

Persiapan itu harus dimatangkan seiring dengan bertambahnya usia dan jenjang pendidikan. Mulai SD, SMP dan masa krusialnya adalah pada saat SMA. Seorang anak harus dapat dipastikan masuk ke SMA yang berisikan teman-teman yang kompetitif dan memacu semangat anak untuk meraih cita-citanya setinggi mungkin.

Salah satu Langkah awal meraih cita-cita tersebut tentu saja melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu jenjang S1 ini. Banyak cara masuk ke dunia perkuliahan. Bisa melalui jalur prestasi atau rapot yang saat ini disebut SNMPTN.

Dapat juga melalui jalur yang ideal dan dapat terbuka bagi siapa saja yaitu jalur tes tulis atau disebut SBMPTN. Terakhir cara yang ditempuh adalah dengan cara mandiri atau tes lokal lainnya.

Salah satu jalur yang selalu ramai peminat adalah SBMPTN. Jalur ini merupakan jalur yang dianggap paling normal karena siswa akan melakukan sejumlah tes untuk menentukan kompetensinya dapat melanjutkan di bidang yang diminati pada universitas pilihannya.

SBMPTN harus disiapkan sebaik-baiknya apabila menghendaki hasil maksimal. Persiapannya tidak bisa dadakan, namun harus menempuh proses panjang dan harus banyak melakukan latihan agar terbiasa. Beberapa hal di bawah ini sebaiknya anda hindari agar dapat lulus SBMPTN dan masuk ke universitas favorit anda.

Belajar Hingga Larut Malam Sehari Sebelum Ujian

Belajar semalam sebelum ujian hendaknya dilakukan dengan cara mengulang atau membaca catatan ringkas saja. Karena idealnya seluruh pelajaran telah anda pelajari jauh sebelum SBMPTN dilaksanakan. Tidur terlalu larut juga akan menyebabkan anda susah bangun pagi. Bila berhasil bangun pagi pun anda akan merasakan tenaga yang tidak secukup tidur normal.

Anda beresiko mengalami pusing, lemas, hilang konsentrasi yang akan menyebabkan ujian anda terganggu dan gagal. Jangan sampai hal ini anda lakukan karena akan merusak diri anda sendiri. Usahakan lakukan kegiatan yang tidak begitu menegangkan dan rileks di hari sebelum anda ujian. Berusahalah tidur cepat agar besok anda bugar dan dapat menghadapi ujian dengan kondisi yang segar.

Belajar Dadakan Semalam Sebelum Ujian

Penyakit belajar dengan sistem kebut semalam rupanya masih menjadi sesuatu yang banyak dilakukan di kalangan pelajar. Kadang kita berpikir bahwa mempelajari sesuatu semalam suntuk akan membuat pelajaran masuk ke kepala anda. Namun sebenarnya itu salah. Dengan belajar terlalu intensif hingga larut malam sebelum ujian SBMPTN akan membuat anda merasa stress.

Pelajaran tidak akan masuk ke kepala anda dan anda hanya akan merasakan tekanan karena merasa malah banyak belum belajar. Kemudian anda juga akan beresiko lelah dan kondisi pun menurun. Keesokan saat ujian anda dapat saja berada pada kondisi yang tidak fit sehingga anda malah tidak bisa mengerjakannya dengan maksimal. Jadi sebaiknya anda belajar rutin selama beberapa bulan sebelum ujian agar lebih tenang dan ;ebih berpengalaman menghadapi soal-soal ujian SBMPTN.

Menggampangkan Ujian

Jangan pernah merasa sombong dan merasa di atas awan ketika menghadapi ujian SBMPTN. Banyak lembaga pendidikan yang menyediakan kursus khusus SBMPTN dan memberikan prediksi soal. Apabila anda merasa bisa mengerjakan, mendapatkan nilai baik di beberapa percobaan, jangan berbangga dulu. Anda hanya mengerjakan soal prediksi saja dan tidak mengerjakan soal yang sesungguhnya. Banyak kemungkinan yang akan terjadi di tes SBMPTN yang sesungguhnya.

Karena dengan kesombongan dan tinggi hati, tidak jarang anda merasa meremehkan dan ternyata gagal karena kesombongan. Nah sebaiknya anda tetap rendah hati apabila menghadapi ujian besar seperti ini, banyaklah berdoa, rendah hati dan selalu jujur terhadap diri sendiri.

Bermain Atau Jalan-Jalan Terlalu Asyik

Sebagai calon peserta tes SBMPTN, malam malam sebelum tes hendaknya anda memperbanyak doa dan mawas diri. Atau bisa disebut dengan inkubasi dahulu. Anda dapat melakukan hal-hal yang sederhana namun santai seperti jogging, berolahraga, mendengarkan musik, membaca dan lain sebagainya agar tidak stress.

Namun hindari bermain terlalu keras seperti pergi ke tempat-tempat hiburan dan pulang terlalu malam. Atau ke tempat rekreasi yang jauh sehingga menguras tenaga anda. Sebaiknya selalu jaga kesehatan, keadaan dan kondisi anda. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika anda tes SBMPTN.

Sebaiknya anda melakukan kegiatan yang berat nanti setelah anda selesai tes atau sudah ada pengumuman bahwa anda diterima di salah satu universitas pilihan anda.

Tags: #lulus kuliah #sbmptn

Leave a reply "Jangan Lakukan 4 Hal Ini Atau Kamu Tidak Akan Pernah Lulus SBMPTN"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    khedi
    Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.