Malam tahun baru tidak boleh di rayakan, bagaimana tanggapan kamu?

21 views

Sebagai seorang muslim maka kita wajib mengikuti tata aturan yang telah di terapkan oleh al-quran dan  hadis serta pemimpin agama di antara kita.

Jika dalam al-quran tidak di sebutkan secara detail mengenai tahun baru namun disebutkan mengenai penggantian 2 hari raya jaman jahiliyah dengan 2 hari raya islam, maka di hadis jelas disebutkan larangan untuk ikut-ikutan tradisi lain agama. Namun demikian tidak ada fatwa MUI yang menjelaskan detail larangan merayakan tahun baru.

malam tahun baru

Jika kita berbicara sebagai warga negara, merayakan tahun baru adalah sesuatu yang dibolehkan. Namun jika kita sebagai seorang muslim yang taat maka hendaknya mengikuti perintah rosul karena kita pengikutnya. Begitu kata sebagian besar ulama salaf.

Lalu bagaimana jika kita berada dalam kebingungan mengenai malam tahun baru tidak boleh dirayakan?

Antara merayakan dan tidak merayakan sebenarnya kebanyakan orang akan memilih merayakan. Dan mereka yang sama sekali tidak mengetahui perkara larangan dari rosul  pasti 100% akan mengikuti arus yang ada di sekitar mereka.

Nah bagi kamu yang merasa ragu antara ikut-ikutan atau tidak, secara pribadi secara pribadi menyarankan agar memperbanyak ilmu agama dan menggali lebih dalam apakah yang seharusnya dilakukan.

Adapun sembari mencari ilmu untuk tahun baru kali ini ada baiknya menahan diri dari ikut-ikutan dan menahan diri dari hal yang meragukan. Karena memang posisi kita sedang dalam hal yang meragukan antara boleh atau tidak.

Adapun jika kita diundang dan keluarga mengikutinya maka sewajarnya saja dan jangan melakukan pemborosan seperti membakar kembang api karena semua orang sepakat bahwa pemborosan adalah sebuah kesalahan.

Adapun kebanyakan orang akan berkata " kan setahun sekali", maka tidak perlu di debat karena mungkin di sedang berlebihan rezeki.

Itu tanggapan penulis, bagaimana tanggapan kamu?

Tags: #malam tahun baru

Leave a reply "Malam tahun baru tidak boleh di rayakan, bagaimana tanggapan kamu?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    khedi
    Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.