Gak suka paslon 01 dan 02 lalu gimana? -topik pemilu 2019

51 views

Iseng aja mulai nulis lagi setelah sekian lama vakum. Dan sekarang lagi pingin  nulis tentang isu yang sedang hot. Yakni pemilu 2019 17 april nanti. Sejak tulisan ini dibuat berarti tinggal menghitung hari lagi sampai hari itu tiba. Satu hari yang konon katanya menentukan masa depan indonesa.

golput, pemilu, kpu, election

Pemilu 2019

Pemilu 2019 yang nantinya akan memilih wakil rakyat mulai dari presiden dan wakilnya, kemudian DPR, DPD dan DPRD akan dilakukan serentak. Jadi bisa kebayang sibuknya KPU selaku penyelenggara. Dan bisa jadi setelah pemilu selesai KPU tidak ada kerjaan heeee.

Tentunya tidak demikian, pastinya KPU memiliki program kerja yang jelas sebagai lembaga yang tetap. Kembali lagi ke topik pemilu. Pemilu kali ini akan memperebutkan 575 kursi dan 136 DPD serta dewan perwakilan rakyat daerah. Jadi catat tanggalnya 17 April 2019. Biasanya sebelum jam 12 siang.

Untuk DPR, DPD dan DPRD mungkin sebagian besar rakyat indonesia merem dan sedikit yang memperdulikannya. Namun yang menjadi perbincangan hangat dan hot adalah presiden dan wakil presiden. Setidaknya ada dua pasangan calon yang maju memperebutkan kursi RI1 dan RI 2. Yaitu Jokowi Amin dan Prabowo sandi. Dengan kelebihan dan program yang dibawanya masing-masing.

Terlepas dari siapa yang memiliki program terbaik dan menjanjikan, menentukan pilihan antara keduanya terlihat mudah bagi sebagian orang, namun dengan sedikitnya pilihan bagi sebagian orang ini cukup sulit. Peraturan baru mengharuskan demikian. Sedikit pilihan mungkin jadi banyak peluang menang haaaa. Untuk lebih jelasya mengenai peraturan baru KPU kenapa sekarang hanya muncul dua calon silakan google saja.

Lalu bagaimana jika tidak suka keduanya?

Urusan hati memang sulit. terkadang kalau tidak sreg mau diapakan kaya apa juga susah. Kaya milih pasangan. Mungkin kebanyakan disebabkan dari tampilan, pembawaan, history, dan bahkan masalah s.a.r.a. menyebabkan orang enggan untuk menentukan pilihan. Lalu apakah kita harus golput?

Mungkin itu ide bagus, dengan acuh dan tak memperdulikan event pemilu kita pura-pura tidak tahu dan memutuskan untuk golput alias tidak memilih samasekali. Tapi ada hal yang harus diperhatikan bahwa surat suara kamu sudah di sediakan loh... alias jatah surat suara kamu sudah ada. Trusss kalau kamu ngak memilih dan membiarkan surat suara kamu menjadi surat suara sisa apakah yakin itu hal yang benar. Oke lah... kita berbaik sangka bahwa surat suara itu akan di musnahkan. Tapi patut juga kalau kita berburuk sangka kalau surat suara tersebut akan di manfaatkan oleh orang yang curang untuk memperbanyak pundi-pundi nya. Nah lo....

Jadi.....

Menurut penulis sebelum memutuskan untuk golput mending pakai cara yang satu ini. Yakni kamu datang ke TPS lalu ambil hak surat suara kamu kemudian coblos semua deh calonnya dengan demikian surat suara kamu akan dianggap tidak sah. Ini akan memperkecil potensi untuk terjadinya kecurangan. Itu jika kamu memang tidak suka sama sekali dengan semua calon yang tersedia.

Namun demikian sebagai warga negara yang berdemokrasi maka memilih salah satu calon akan lebih berfaedah dari pada golput atau merusak surat suara. Karena apa yang kita pilih bisa jadi menjadi kebaikan bagi warga negara indonesia dan dengan begitu maka kamu yang ikut serta memilihnya akan mendapatkan kebaikan pula.

Semangat pemilu 2019 untuk indonesia yang lebih baik.

Tags: #antigolput #golput #pemilu

Leave a reply "Gak suka paslon 01 dan 02 lalu gimana? -topik pemilu 2019"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    khedi
    Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.