Tgl 1 Mei sebagai hari buruh internasional – mengapa?

44 views

Pada tanggal 1 mei setiap tahunnya, diperingati sebagai hari buruh internasional dan kini sudah di tetapkan juga menjadi hari buruh nasional. hari tersebut juga disebut sebagai may day. Namun perlu diketahui lebih dalam bukan hanya demo saja apa yang ada dibalik hari tersebut. Tentu ada alasan dan sejarah yang mendasari terbentuknya hari buruh internasional di peringati oleh seluruh dunia. Atau jangan-jangan hanya iseng belaka? mari kita cari tahu lebih dalam.

Sejarah hari buruh

Saya bukan sejarawan sehingga apa yang saya sampaikan disini adalah kesimpulan dari rentetan kejadian yang melatar belakangi hari buruh ini. Beberapa referensi saya baca dan seluruhnya menyebutkan bahwa hari buruh itu bergulir atau di perjuangkan sejak tahun 1800-an dan baru di peringati tahun 1886 dan may day di istilahkan pada tahun 1890.

Adapun kisah heroik yang ada di belakangnya adalah seluruh pekerja di seluruh dunia yang menuntut kesejahteraan pekerja mulai dari upah dan juga jam kerja. Karena awalnya para pekerja pabrik biasa di pekerjakan 19 sampai 20 jam sehari. Sehingga mereka menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari dan juga di berlakukannya jam lembur.

Perjuangan ini terus berlangsung dari tahun ke tahun di berbagai negara. Bahkan hingga mengakibatkan korban karena perjuangan mereka mendapat tentangan dari kalangan elite para pengusaha dan juga pemerintah. Hingga korban dan juga kegaduhan yang menjadi maka muncul kesadaran organisasi dunia untuk menentukan dan mengakui perjuangan para buruh dengan menetapkan tgl 1 mei sebagai hari buruh internasional.

Kenapa harus tgl 1 mei?

Tgl 1 mei dipilih badan federasi dunia sebagai hari buruh internasional karena terinspirasi perjuangan para pekerja di amerika serikat dan juga kanada pada tanggal 1 mei 1886 memperjuangkan jam kerja 8 jam sehari. Meski banyak memakan korban namun sejak saat itu mereka berhasil mendapat pengakuan 8 jam sehari dan mereka berprestasi mewariskan hal yang lebih baik bagi para penerus mereka.

Hari buruh nasional - indonesia

Apa arti hari buruh bagi rakyat indonesia? yang jelas sejak tahun 2014 tanggal 1 mei menjadi hari libur nasional.

Kemudian jika kita menilik ke belakang dalam sejarah indonesia. Maka hari buruh tgl 1 mei di larang di rayakan pada masa orde baru. Hal ini karena masa orde baru sangat anti dengan paham komunis, sedangkan tradisi hari buruh dianggap lebih cenderung kepada paham tersebut. 

Namun setelah masa orde baru, tgl 1 mei mulai di rayakan kembali meskipun belum ditetapkan sebagai hari libur nasional. Dan sejak selesainya orde baru sampai tahun 2006 tidak pernah ada kegiatan yang bersifat demonstrasi berkaitan dengan hari buruh tersebut. 

Baru setelahnya mulai terlihat adanya pergerakan masa setiap kali tanggal 1 mei tiba hingga saat ini. 

Kesimpulan

Dari uraian diatas kita bisa dapati kesimpulan singkat yaitu hari buruh internasional di peringati setiap tanggal 1 mei dan hal ini dimulai sejak tahun 1880-an.

Kemudian hari buruh di indonesia awalnya di larang karena orang yang pertama memperkenalkannya adalah sangat dekat dengan uni soviet sehingga apa yang dibawanya dikaitkan dengan paham tertentu. Baru etelah orde baru kegiatan 1 mei mulai hidup kembali dan kini di peringati sebagai hari libur nasional.

Tags: #1 mei #buruh #hari buruh #hari pekerja #kuli pabrik #may day

Leave a reply "Tgl 1 Mei sebagai hari buruh internasional – mengapa?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    khedi
    Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.