Sejarah Dan Pesan Moral Hari Lahir Pancasila

60 views

Lahirnya pancasila bukan lah melalui perjalanan yang mudah, namun sarat akan lika-liku perjuangan. Tepatnya 1 Juni 1945 untuk yang pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara dicetuskan oleh Ir. Soekarno. Lahirnya Pancasila ini pun masih berkaitan erat dengan kondisi Jepang yang mengalami kekalahan di dalam Perang Pasifik. Dan ketika itu lah Jepang membentuk suatu badan yang diberi nama Dokuritsu Junbi Cosakai atau di dalam Bahasa Indonesia adalah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

pancasla

Sejarah Pancasila

Pembentukan dari BPUPKI adalah untuk bisa mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dan Jepang menjanjikan akan memberikan bantuannya untuk kemerdekaan Indonesia. BPUPKI sendiri diketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Widyodiningrat dan diwakili oleh seorang Jepang yang bernama Ichibangase Yosio serta Raden Pandji Soeroso.

Setelah melalui rapat di Gedung Chuo Sangi In atau yang saat ini dikenal dengan nama Gedung Pancasila, namun tetap tidak mendapatkan kesepakatan, maka pada akhirnya Ir. Soekarno pun menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara yang kemudian diberi nama Pancasila tersebut hingga saat ini. Pidato yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia kala itu pun diterima secara aklamasi oleh BPUPKI. Dan setelah pidato itu lah BPUPKI membentuk sebuah panitia kecil yang diberi nama Panitia Sembilan untuk merumuskan Undang-Undang Dasar.

Pancasila ini pun mengalami beberapa perumusan untuk bisa menjadi Pancasila dengan 5 silanya saat ini. Di mana perdebatan terjadi pada sila pertama yang semula berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” yang diakui hanya memihak kepada umat Islam saja. Sedangkan bangsa Indonesia ini terdiri dari banyak agama. Hingga kemudian disepakati secara bersama, bahwa bunyi sila pertama dari Pancasila adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” untuk bisa menghimpun semua agama yang ada di Indonesia.

Pesan Moral Yang Kuat Dalam Pancasila

Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang wajib untuk selalu menjadi pedoman di dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Setiap silanya mengandung filosofi yang sangat kuat bagi bangsa Indonesia. Di mana selain untuk bisa berefleksi akan sejarah, juga mengajarkan banyak hal. Baik akan gotong royong, hidup rukun dalam keberagaman, persatuan, penyelesaian permasalahan dengan jalan yang baik yakni melalui musyawarah untuk mencapai mufakat, dan sebagai pedoman untuk menghindar dari adanya tindak perpecahan.

Oleh karena itu, Pancasila ini bukanlah sebatas dasar negara yang berisi sila-sila saja. Wajib bagi bangsa Indonesia untuk merenungkan setiap sila di dalamnya dan berusaha untuk mengamalkan satu persatu dari sila tersebut sebagai bentuk cinta dan rasa peduli yang besar akan persatuan bangsa ini. Dengan begitu diharapkan bangsa Indonesia bisa mencapai cita-cita yang mulia, yakni hidup yang rukun, adil, dan makmur di tengah keberagaman yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, sudah sepatutnya bagi bangsa Indonesia untuk bisa mengenal, memahami, dan mengamalkan dengan baik akan Pancasila sebagai dasar negara ini. Dengan begitu, rakyat Indonesia akan memiliki pedoman yang seragam untuk mencapai cita-cita bangsa.

Tags: #bpupki #kesaktian pancasila #pancasila #republik

Leave a reply "Sejarah Dan Pesan Moral Hari Lahir Pancasila"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Author: 
    khedi
    Mahasiswa jurusan tekhnik informatika di jakarta. Mulai rajin nge-blog 2 tahun yang lalu. Sangat suka dengan teknologi terbaru. Terutama produk apple tapi tidak mau di sebut fanboy. Suka film fantasi, sci-fi, action, dan animasi.